Advertisement

Liga 1 Gunakan VAR, Ini Harapan Persib Bandung

Jumali
Kamis, 25 Mei 2023 - 07:57 WIB
Jumali
Liga 1 Gunakan VAR, Ini Harapan Persib Bandung Persib Bandung vs Persija pada putaran pertama Liga 1 2022/2023 - IG: Persib

Advertisement

Harianjogja.com, BANDUNG—Teknologi Video Assistant Referee (VAR) akan digunakan di Kompetisi Liga 1 2023/24. Ini menjadi kabar menggembirakan untuk sepak bola Indonesia. Meski rencananya mulai disimulasikan dan diterapkan pada putaran kedua liga awal tahun 2024 mendatang.

BACA JUGA: VAR Mulai Digunakan pada Pertengahan Musim Liga 1

Advertisement

Sebagai langkah konkret guna meningkatkan kualitas kompetisi, operator PT Liga Indonesia Baru (LIB) membentuk departemen VAR. Mereka mulai bekerja dalam langkah awal proses implementasi penerapan VAR sesuai panduan dari FIFA.

Persib Bandung sebagai salah satu kontestan Liga 1, tentu mendukung dan menyambut baik rencana LIB menerapkan VAR. Ini adalah terobosan yang patut diapresiasi guna membuat kualitas liga semakin baik.

“Suatu terobosan baru di mana memang liga di dunia juga menggunakan VAR, dan kita sebagai Persib dan mayoritas Liga 1 juga mendukung adanya VAR. Karena pasti secara keputusan dari wasit lebih akurat dengan adanya VAR,” kata Direktur Persib Teddy Tjahjono, dikutip dari laman Liga Indonesia Baru, Kamis (25/5/2023).

Harapan Persib dengan adanya teknologi VAR adalah bisa meminimalisir keputusan kurang tepat dari wasit. Berharap pertandingan bisa berlangsung fair, otomatis kualitas liga juga akan meningkat.

“Mudah-mudahan adanya VAR, adanya kesalahan yang pernah terjadi di Liga 1 mudah-mudahan lebih bisa diminimalkan. Sehingga pertandingan sepak bola lebih fair dari sisi pengambilan keputusan,” harap Teddy.

Namun ada pekerjaan rumah besar bagi para kontestan. Dimana para klub harus menyiapkan stadion kandang mereka agar bisa dipasang VAR salah satunya dengan menaikkan kekuatan lampu stadion minimal 1.200 lux, dan masih ada beberapa syarat lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement