Advertisement

Stadion Utama Gelora Bung Karno Masuk 10 Besar Terbaik di Dunia

Sirojul Khafid
Minggu, 02 Juli 2023 - 08:37 WIB
Sunartono
Stadion Utama Gelora Bung Karno Masuk 10 Besar Terbaik di Dunia Pesta kembang api memenuhi Stadion Gelora Bung Karno dalam pembukaan Asian Games 2018, Sabtu (18/8/2018). - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) masuk dalam daftar 10 stadion terbaik sedunia versi The Sun yang mengambil data dari Ticketgum.

Dalam menentukan daftar stadion terbaik di dunia, ada lima kriteria yang digunakan. Kriteria itu mencakup Google Rating (penilaian Google), Google Search (pencarian di Google), hashtag Instagram, kapasitas dan keterisian kursi, serta rata-rata gol yang tercipta. Hasilnya, Stadion GBK menempati posisi ke-8 dalam daftar stadion terbaik di dunia dengan nilai 75,52.

Advertisement

BACA JUGA : Jadwal GBK 15 November Bentrok, Konser Coldplay 

Laporan dari Ticketgum menyebut Stadion GBK yang terbaik di Asia. Stadion dengan kapasitas 77.193 kursi itu mendapat rating Google 4,8. Hanya saja, Stadion GBK dinilai kurang baik dalam keterisian kursi karena hanya ada di angka 51,38 persen. Selain itu, hashtag Instagram tentang stadion ini juga hanya sekitar 9.500-an, jauh tertinggal dari Old Trafford yang tercantum dalam 1,3 juta hashtag.

Meski begitu, Indonesia patut berbangga karena Stadion GBK bisa bersaing dengan markas tim-tim elite Eropa. Bahkan, stadion markas timnas Indonesia bisa mengungguli Santiago Bernabeu yang menempati posisi kesembilan dengan 71,91 poin.

Sejarah Stadion GBK

Setelah gagal mendapatkan kredit dari Amerika Serikat, Soekarno melobi Uni Soviet (saat ini bernama Rusia) untuk meminjam uang. Salah satu tujuannya, Soekarno ingin membuat stadion besar. Kepala Pemerintahan Uni Soviet kala itu, Khrushchev, keget mendengar rencana Soekarno. Dia menganggap pembangunan stadion bukan prioritas saat Indonesia belum lama merdeka.

Namun penjelasan Soekarno, apabila dia membutuhkan tempat untuk demonstarasi dalam skala besar, kemudian membuat Khrushchev paham. Dia menganggap Soekarno sebagai orang yang senang mengumpulkan orang, butuh banyak penonton, sehingga perlu adanya panggung besar berupa stadion. Rusia memberikan pinjaman dengan bunga kecil dan bisa dibayar dalam jangka waktu yang panjang.

Pembangunan yang dimulai pada 1959 mendapat banyak kritik dari masyarakat. Soekarno dianggap menghambur-hamburkan uang. Sementara kesejahteraan masyarakat masih terbilang rendah. Dalam otobiografi Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat Indonesia karya Cindy Adams, Soekarno mengatakan, “Ini semua bukanlah untuk kejayaanku, semua ini dibangun untuk kejayaan bangsa. Supaya bangsaku dihargai oleh seluruh dunia.” 

Rebutan 

FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17. Gelaran Piala Dunia tersebut berlangsung dari 10 November hingga 2 Desember 2023. Stadion GBK sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia kemudian menjadi perbincangan, sebagai salah satu vanue pertandingan. Sayangnya, di tanggal yang sama, sudah terjadwal konser Coldplay.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Ketum PSSI) Erick Thohir untuk memikirkan solusi terkait dengan bentroknya ajang Piala Dunia U-17 dan penyelenggaraan konser Coldplay di Tanah Air.

“Ya nanti kan dicarikan solusi. Stadion kita kan juga bukan hanya GBK, yang lain kan ada, ada JIS kan ada. Ada di Manahan ada. Ada di Jalakharupat ada, banyak. Ada di Surabaya juga ada Stadion Bung Tomo ada juga, wong stadion kita nih banyak kok yang sudah siap,” kata Jokowi.

Menurutnya, kembali ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 merupakan bentuk kepercayaan internasional yang harus dijaga dengan baik sehingga perlu dikelola dengan tepat. "Saya sudah perintahkan kepada ketua PSSI agar disiapkan betul. Kalau venuenya kan memang sudah ada dari yang kemarin sudah kita perbaiki artinya tinggal digunakan tetapi manejemen semuanya harus disiapkan betul,” katanya.

Sebelumnya, Erick Thohir mengaku sedang memikirkan solusi terkait dengan bentroknya ajang Piala Dunia U-17 dan penyelenggaraan konser Coldplay di Tanah Air. Menteri BUMN itu menyebut akan menggunakan dua stadion lain sebagai venue Piala Dunia U-17 2023, yaitu Jakarta International Stadium (JIS) di Ancol, Jakarta Utara, dan Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya, Jawa Timur.

"Saya tidak bisa menyatakan apakah Coldplay itu mundur atau tetap, pasti itu yang harus kami carikan solusi. Kami duduk bersama mencari solusi. Karena dua-duanya event bagus untuk Indonesia. Jangan juga kami sentral ego, bahwa ini yang benar, yang lain harus ngalah. Tidak. Kami cari solusi," kata Erick.

Berikut daftar 10 stadion terbaik di dunia:

  1. Mineirao (Brasil) 83,40
  2. Celtic Park (Skotlandia) 80,74
  3. Wembley (Inggris) 79,45
  4. Metlife Stadium (Amerika Serikat) 79,03
  5. Estadio Olimpico Universitario (Meksiko) 78,85
  6. Estadio Azteca (Meksiko) 75,82
  7. Old Trafford (Inggris) 75,98
  8. Stadion Utama Gelora Bung Karno (Indonesia) 75,52
  9. Santiago Bernabeu (Spanyol) 71,91
  10. Gillete Stadium (Amerika Serikat) 70,82

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perhatikan! Per 1 Mei 2024 Pengajuan Berkas Kasasi dan PK di MA Wajib Daring

News
| Minggu, 28 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement