Advertisement

FIBA: Indonesia Arena Berstandar Kelas Dunia

Newswire
Rabu, 12 Juli 2023 - 05:37 WIB
Jumali
FIBA: Indonesia Arena Berstandar Kelas Dunia Indonesia Arena - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Direktur Eksektutif FIBA World Cup 2023 David Crocker mengatakan tidak menemukan cela di Indonesia Arena atau Indoor Multifunction Stadium (IMS) Gelora Bung Karno Jakarta yang akan menjadi arena perhelatan kejuaraan bola basket antarnegara dunia.

BACA JUGA: Indonesia Arena Jadi Markas Baru Timnas Indonesia

Advertisement

"Meskipun saya berusaha mencari-cari, saya pikir saya tidak akan menemukan cela di sini. Ini stadion yang benar-benar baru, berstandar kelas dunia," kata David Crocker di Indonesia Arena GBK Jakarta, Selasa (11/7/2023).

David Crocker memuji komitmen pemerintah Indonesia dalam membantu penyelenggaraan Piala Dunia FIBA 2023 dengan membangun Indonesia Arena dalam kurun waktu yang sangat cepat.

Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih mengisahkan bahwa pihak Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) sebelumnya tidak memiliki kepercayaan bahwa Piala Dunia FIBA 2023 bisa diselenggarakan di Indonesia saat berkunjung memantau pembangunan Indonesia Arena pada tahun 2022.

Bahkan, Danny Kosasih menyebut bahwa pihak FIBA sempat menanyakan arena basket lainnya untuk bisa menyelenggarakan FIBA World Cup 2023.

"Ketika setahun lalu saya datang tanahnya masih dikeruk-keruk. FIBA nggak percaya, ngajak lihat gedung yang lain. Saya kasih tau, ketika bangsa Indonesia mau, pasti bisa," kata Danny.

Namun ketika hari ini David Crocker kembali ke Indonesia Arena sudah dalam wujud yang siap menyelenggarakan turnamen kelas dunia.

"Melihat arena baru ini saya tersenyum karena ini menakjubkan. Terima kasih kepada pemerintah Indonesia yang memberikan fasilitas luar biasa ini yang akan membuat orang Indonesia bangga," kata Crocker.

Dia mengatakan bahwa pihak pemerintah Indonesia senantiasa berkonsultasi dengan FIBA dalam proses pembangunan stadion tersebut agar dapat memenuhi persyaratan dan kualifikasi arena basket bertaraf internasional.

Menurut Crocker, stadion dalam ruangan berkapasitas 16.500 tempat duduk itu hanya tinggal dilakukan uji coba penyelenggaraan pertandingan internasional sebelum benar-benar digunakan untuk Piala Dunia FIBA 2023.

Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih menyatakan pihaknya sudah mengirimkan beberapa undangan kepada tim-tim basket negara di Asia Tenggara untuk bertanding di Indonesia Arena untuk kebutuhan uji coba penyelenggaraan.

Piala Dunia FIBA 2023 akan diselenggarakan di tiga negara Asia yakni Filipina, Jepang, dan Indonesia. Pertandingan Piala Dunia basket yang akan digelar di Indonesia Arena terjadwal pada 25 Agustus hingga 3 September 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement