Advertisement

Resmi Ditutup, SSB Baturetno Bantul Borong Juara Kategori Gold di Grassroot Football Festival

Yosef Leon
Senin, 16 Oktober 2023 - 09:47 WIB
Sunartono
Resmi Ditutup, SSB Baturetno Bantul Borong Juara Kategori Gold di Grassroot Football Festival Penyerahan piala kepada pemenang kompetisi Grassroot Football Festival yang diselenggarakan Asprov PSSI DIY pada Minggu (15/10/2023) di Lapangan Kenari. - Harian Jogja/Yosef Leon.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kompetisi sepak bola usia dini bertajuk Grassroot Football Festival resmi ditutup pada Minggu (15/10/2023). Pertandingan yang memperebutkan piala bergilir GKR Mangkubumi itu diikuti kelompok umur (KU) 9 sampai 12 tahun dengan kategori perlombaan yakni bronze, silver dan gold. 

Total ada sebanyak 132 tim yang berpartisipasi dengan jumlah atlet anak sebanyak 2.200 orang yang delapan di antaranya merupakan atlet puteri. SSB Baturetno, Bantul memborong sebagian besar juara di kategori gold yakni di KU 10 sampai 12 tahun. Sementara di KU 9 dijuarai oleh SSB AMS Seyegan, Sleman.

Advertisement

BACA JUGA : Targetkan Pemain DIY Masuk Timnas di Piala Dunia 2038, Ini yang Dilakukan Asprov PSSI DIY

GKR Mangkubumi dalam sambutannya mengatakan, perhelatan Grassroot Football Festival merupakan agenda rintisan dalam menciptakan regenerasi atlet sepak bola di wilayah Jogja. Ia berharap agar semangat yang dibangun bisa konsisten dan dijaga sampai anak tersebut tumbuh dewasa. 

"Sangat luar biasa, semoga semangat ini tidak pudar sampai dewasa nanti, di mana kita targetnya 2038 ada yang menyumbang tampil di pentas dunia. Mohon bapak ibu mendampingi anaknya, semangat jangan luntur dan bersama-sama membawa anak kita ke jenjang yang lebih tinggi lagi," katanya. 

GKR Mangkubumi berharap ke depan penyelenggaraan kompetisi yang direncakan diadakan reguler setiap tahunnya ini semakin meningkat. "Ini lah generasi sepak bola kita di masa depan dan semoga bisa membawa nama baik Jogja ke pentas nasional dan juga internasional," ucapnya. 

Ketua Umum Asprov PSSI DIY Dessy Arfianto menyebut, Grassroot Football Festival merupakan agenda pembinaan sepak bola usia dini pertama yang diselenggarakan pihaknya. Dimulai sejak 2 September lalu, pelaksanaan ini sejalan dengan visi PSSI pusat yang mencanangkan Indonesia tampil di gelaran Piala Dunia 2038 mendatang. 

"Itu sebabnya kita terjemahkan bahwa yang akan tampil di 2038 adalah anak-anak yang sekarang di usia 9 sampai 12 tahun. Mereka akan kita jaga, kita asah agar tak mudah patah dan kita asuh untuk berjuang penuh dan komitmen menjaga mereka ke depannya," kata Dessy. 

BACA JUGA : Para Atlet Grassroot Football Festival Piala Mangkubumi Asprov PSSI DIY Dilindungi BPJamsostek

Menurutnya, tahun depan ajang ini akan dilaksanakan dua kali dalam setahun yakni di semester awal dan semester akhir. GKR Mangkubumi juga sudah setuju penamaan kompetisi ini ke depannya akan memperebutkan Piala GKR Mangkubumi, sehingga upaya pembinaan dilakukan secara berkelanjutan dan terarah. 

"Semoga ada bibit atlet sepak bola yang bersinar ke depannya. Mulai tahun depan setiap tahunnya kompetisi ini akan disebut Piala GKR Mangkubumi dan bergilir. Kita berharap apa yang kita upayakan dalam pembinaan sepak bola bisa membuahkan hasil ke depan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sesuai Penugasan Pemerintah, Pertamina Patra Niaga Tetap Salurkan Pertalite

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement