Advertisement

Hasil PSIM vs NUFC 0-1, Gol Tunggal Matheus da Silva Permalukan PSIM di Mandala Krida

Yosef Leon
Rabu, 13 Desember 2023 - 17:17 WIB
Arief Junianto
Hasil PSIM vs NUFC 0-1, Gol Tunggal Matheus da Silva Permalukan PSIM di Mandala Krida Aksi pemain PSIM melewati pemain NUFC dalam lanjutan Liga 2 2023 yang digelar di Stadion Mandala Krida pada Rabu (13/12/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Laga pekan ke-11 Grup 2 Pegadaian Liga 2 2023 antara PSIM vs Nusantara United FC (NUFC) yang digelar di Stadion Mandala Krida, Rabu (13/12/2023) berakhir dengan kemenangan tipis tim tamu 0-1.

Gol Tunggal Matheus da Silva di menit ke-11 sukses membawa NUFC mengungguli tuan rumah.

Advertisement

Bagi PSIM, kekalahan tersebut tidak berpengaruh apa-apa terhadap nasib PSIM di Liga 2. Pasalnya Laskar Mataram sudah lebih dulu memastikan diri lolos ke babak 12 besar.

Jalannya Pertandingan

Tanpa sejumlah pemain utama, permainan Laskar Mataram dalam laga tersebut terlihat lebih banyak menunggu di awal-awal babak pertama. Sebaliknya, tim tamu terus melancarkan serangan dari berbagai sektor. PSIM hanya sesekali saja membuat serangan yang tidak terlalu mengancam.

Di menit ke-10, bek PSIM, Samuel Christianson diusir wasit setelah menghalangi bola dengan tangannya. Berawal dari tendangan sudut yang disundul Braif Fatari ke kiri atas gawang Panca Nur.

Wasit pun menghadiahi Macan Dahan Borneo dengan tendangan penalti. Matheus da Silva yang menjadi eksekutor mengirim bola dengan keras ke sisi kanan bawah gawang dan gol. Skor 0-1 untuk keunggulan tim tamu.

Serangan NUFC tak kendur meski sudah unggul. Berkali-kali Arif I'tibar yang dipasang di sayap kanan menginisiasi serangan ke pertahanan Laskar Mataram.

Sampai 15 menit awal babak pertama, PSIM masih kesulitan menemukan bentuk permainannya. Ditambah pula dengan keluarnya Samuel membuat permainan menjadi pincang.

Di menit ke-19, PSIM mendapat peluang pertamanya. Berawal dari pergerakan Ari Maring di sektor kiri pertahanan lawan ia kemudian mengirim umpan ke Nico yang tak terkawal ke sisi sebaliknya.

Umpan satu-dua Nico dengan Ghulam mampu ditebak bek NUFC, sebelum dieksekusi pemain bernomor punggung 11 itu. Kemudian, tak lama berselang, giliran Yudha mendapat peluang emas. Berhadap-hadapan dengan kiper tendangannya masih mampu diblok oleh Rohan yang bermain cukup bagus di laga ini.

Sampai babak pertama usai tidak ada peluang signifikan bagi kedua tim. Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan tim tamu.

Di awal babak kedua, Kas Hartadi tidak terlalu banyak melakukan perubahan. Juru taktik asal Surakarta itu hanya mengganti Nico dengan Arya Gerryan.
Permainan Laskar Mataram pun tidak terlalu banyak berkembang. Sektor tengah yang dikomandoi Hariono dan Ghulam tak mampu mengalirkan bola ke lini depan dengan sempurna.

Di menit ke-65, PSIM kembali menambah kekuatan. Ghulam ditarik keluar digantikan Bryan Cesar sementara Vengko diganti Indra Setiawan.

BACA JUGA: PSIM Jogja Vs NUFC, Laskar Mataram Unggul dari Jumlah Kebobolan

Namun, tampaknya tidak ada perubahan yang signifikan. Pemain Laskar Mataram hanya mengandalkan bola-bola krosing dari sektor sayap dan dengan mudah diantisipasi bek NUFC.

Sebaliknya, pada menit ke-75 peluang emas diperoleh Macan Dahan Borneo lewat Matheus da Silva. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti. Muntahan bola yang mengarah ke pemain lain gagal dieksekusi dengan baik, bola hanya melayang di atas tiang gawang Pancar Nur.

Menjelang laga bubar, kedua tim sama-sama bermain dengan 10 pemain setelah Hersya Scifo mendapat kartu kuning keduanya lantaran melanggar Sugiyanto. Menjelang laga bubar Bhudiar sebenarnya bisa saja membuat skor imbang. Sayang umpan ciamik dari Bryan Cesar tak mampu dibuatnya menjadi gol. Sampai laga bubar skor 0-1 bertahan untuk kemenangan NUFC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aniaya Sopir Taksi, WNA asal Australia Dideportasi

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement