Advertisement

PSIM Jogja vs PSMS Medan, Misi Tiga Poin Perdana Laskar Mataram di Kandang Sendiri

Yosef Leon
Kamis, 11 Januari 2024 - 14:17 WIB
Ujang Hasanudin
PSIM Jogja vs PSMS Medan, Misi Tiga Poin Perdana Laskar Mataram di Kandang Sendiri Pelatih Kepala PSIM Jogja Kas Hartadi. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PSIM Jogja akan berlaga melawan PSMS Medan dalam lanjutan pertandingan babak 12 besar Liga 2 2023 Jumat (12/1/2024) di Stadion Mandala Krida. Pertandingan ini menjadi pertaruhan lanjutan bagi skuad Laskar Mataram untuk mampu mengunci tiga poin di kandang sendiri demi ambisi lolos semi final. 

Pertemuan pelatih PSIM Kas Hartadi dengan pelatih PSMS Miftahuddin Mukson sebenarnya sudah pernah terjadi di laga pramusim lalu. Saat itu Miftah masih menjadi arsitek Persekat Tegal. Laga itu dimenangkan oleh Laskar Mataram dengan skor 1-0 lewat gol Joko Supriyanto. 

Advertisement

Laga nanti diprediksi alot dan sama-sama ngotot lantaran kedua tim ingin mengunci poin penuh untuk mengamankan posisi di klasemen sementara. PSIM yang berlaga di kandang sendiri sedikit diunggulkan meski bakal tidak mudah memenangkan laga. Kas Hartadi mungkin bakal kembali bermain aman dengan instruksi cukup hanya menang tipis. 

Kas menyatakan, laga kedua di babak 12 besar ini merupakan pertandingan penting bagi timnya. Laga kandang perdana di babak 12 besar ini disebutnya sudah disiapkan secara matang baik itu mental, taktik maupun strategi. Dia berharap anak asuhnya bisa main optimal di laga nanti. 

"Saya sampaikan ke pemain, anggap main di away, karena kami sering malah dapat 1 poin, jadi main lepas saja," ujarnya, Kamis (11/1/2024). 

Di latihan persiapan sebelum bertemu Ayam Kinantan, julukan PSMS, Kas sudah membekali anak asuhnya dengan materi antisipasi bola set piece. Dia mengaku anak asuhnya masih banyak kekurangan di skema ini. Kemudian di latihan terakhir, juru taktik asal Solo itu melatih kemampuan lini serang PSIM.  

"Medan adalah tim yang solid juga. Karena ini Medan adalah tim yang bagus juga, kompak juga, jadi kami sudah siapkan materi attacking untuk melawan mereka," kata mantan pelatih Dewa United itu. 

BACA JUGA: Persiapan PSIM Yogyakarta vs PSMS: Laskar Mataram Evaluasi Taktik Bola Mati

PSMS pun membawa misi yang cukup berat di laga ini yakni mampu mengamankan tiga poin di kandang lawan. Miftah yang pernah berlaga melawan skuad PSIM di laga uji coba pramusim lalu mengakui bahwa Laskar Mataram sudah banyak melakukan perombakan skuad, tetapi gaya bermain mereka masih sama di bawah asuhan pelatih kawakan Kas Hartadi. 

"Pramusim dengan laga besok di 12 besar ini tentu berbeda. Perubahan itu sudah kita ketahui. Mudah-mudahan kita bisa melakukan yang terbaik. Coach Kas juga sudah melakukan banyak perubahan. Tapi cara main masih sama dan kami sudah paham betul," katanya.

PSIM sedikit diuntungkan karena kembalinya fullback kiri mereka yakni Samuel dari akumulasi kartu. Sementara PSMS hanya belum diperkuat dua pemain yakni Derry Rachman dan Fardan Harahap lantaran cedera sebelum babak 12 besar. 

Prediksi Susunan Pemain PSIM Jogja vs PSMS Medan

PSIM Jogja (4-2-3-1)

Pancar Nur; Samuel, Kim Bong-jin, Achmad Faris, Dias Angga; Hariono Ghulam; Nico, Ari Maring Sukarja; Augusto Neto. 

Pelatih: Kas Hartadi 

PSMS Medan (4-3-3)

Rohim; Kurniawan Karman, Joko Susilo, Kim Ki-su, Hamdi; Ichsan, Munadi, Guntur; Malau, Ikhsan, Rachmad Hidayat,

Pelatih: Miftahudin Mukson

Head to head PSIM vs PSMS 

20/12/2021: PSIM vs PSMS 0-0

5 Pertandingan Terakhir PSIM Jogja 

6/1/2024: SPFC vs PSIM 1-1

18/12/2023: Persikab vs PSIM 1-1

13/12/2023: PSIM vs NUFC 0-1

25/11/2023: PSIM vs Malut 1-1

19/11/2023: PSIM vs Perserang 1-0

5 Pertandingan Terakhir PSMS Medan 

27/11/2023: PSDS vs PSMS 0-1

1/12/2023: PSMS vs SPFC 1-2 

9/12/2023: PSMS vs PSPS 0-0

17/12/2023: Sriwijaya vs PSMS 2-2

6/1/2024: PSMS vs Persiraja 0-0

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Kedua Perundingan Gencatan Senjata, Perang Israel-Hamas Masih Buntu

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement