Advertisement

Tekuk PSMS, Skema Counter Attack ala Kas Hartadi Berjalan Mulus

Yosef Leon
Jum'at, 12 Januari 2024 - 18:27 WIB
Arief Junianto
Tekuk PSMS, Skema Counter Attack ala Kas Hartadi Berjalan Mulus Pemain PSIM Jogja, Achmad Faris merayakan gol ke gawang PSMS Medan, Jumat (12/1/2024). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PSIM Jogja berhasil mengantongi tiga poin pertama di babak 12 besar Liga 2 2023 saat mengalahkan PSMS Medan dengan skor 2-1 dalam pertandingan yang digelar Jumat (12/1/2024) di Stadion Mandala Krida. 

Dua gol Laskar Mataram dicetak oleh Achmad Faris di menit 21 dan Alfriyanto Nico di menit 28. Sementara gol Ayam Kinantan, julukan PSMS disarangkan oleh Nico Malau di menit 67. Dengan hasil ini, PSIM duduk di peringkat pertama klasemen sementara grup X. 

Advertisement

Pelatih Kepala PSIM Jogja, Kas Hartadi mengatakan kemenangan yang diraihnya ini sesuai target awal.

"Saya ucapkan terima kasih kepada pemain sudah menang dan memenuhi target sesuai harapan kita. Pertandingan tadi seru, enak ditonton, saling jual beli serangan dan taktik saya memang andalkan counter attack dan kami bisa sarangkan dua gol," katanya. 

Menurut Kas, gol tim lawan memang kesalahan anak asuhnya yang kurang fokus di babak kedua. "Yang pasti kami agak kecolongan di babak kedua makanya kita lebih hati-hati setelahnya dan hanya andalkan serangan balik. Ini jadi evaluasi kami juga ke depannya agar semakin optimal menghadapi laga selanjutnya," kata Kas.

Pelatih Kepala PSMS Medan, Miftahuddin Mukson memberikan selamat kepada tim lawan atas kemenangan ini.

"Selamat buat Mas Kas dan tim, hari ini harinya Mas Kas, tetapi kami juga buat perlawanan dan terima kasih kepada anggota saya yang sudah kerja keras, hasil memang tidak berjalan bagus buat kami tapi kami tetap berusaha sampai menit akhir. Inilah sepakbola sudah dua kali saya kalah, dan mudah-mudahan di laga ketiga nanti berpihak ke kami," ujarnya. 

Miftah mengakui permainan PSIM cukup beda di laga ini. Hariono dan kolega hanya bermain menunggu dengan sesekali menyerang.

"Ini memang taktik yang disiapkan Mas Kas, kami juga sudah latihan paska lawan Persiraja saya sudah dapat semua analisis permainan PSIM. Saya kaget main di home dia tetap dengan konsep yang sama saat away ke Padang, padahal penyisihan dia selalu terbuka dan direct ball," pungkas dia. 

Laga tersebut berjalan dengan menarik dan saling jual beli serangan. Awal-awal babak pertama PSMS sebenarnya mampu membendung serangan Laskar Mataram. Namun memasuki menit ke-20, Rachmad Hidayat dan kolega seperti kehilangan konsentrasi. 

Akibatnya dua gol mampu dilesakkan para pemain PSIM. Gol pertama berawal dari skema set piece di sisi kiri pertahanan PSMS. Samuel yang jadi algojo mengirimkan umpan apik ke kotak penalti, Faris yang tak terkawal mampu menjebol gawang PSMS lewat sundulannya. 

BACA JUGA: Hasil 12 Besar Liga 2 PSIM vs PSMS 2-1, Laskar Mataram Pimpin Klasemen

Tak lama berselang, Laskar Mataram mampu menggandakan keunggulan. Berawal dari build up yang optimal dari lini tengah. Ghulam yang merengsek ke kotak penalti lantas mengirim umpan ke muka gawang, Nico yang lepas dari kawalan bek PSMS langsung menyundul bola dan gol. 

Di babak kedua intensitas permainan PSIM sedikit mengendur di awal-awal permainan. Sebaliknya tim tamu yang sedikit mendominasi laga. Hal ini dimanfaatkan pemain PSMS dengan optimal. Hamdi Sula yang memulai inisiatif serangan dari sisi kiri pertahanan PSIM mengirim krosing ke muka gawang, Nico Malau yang berdiri bebas langsung menyundul bola dan berbuah gol. 

Sebenarnya Hariono dan kolega mampu menambah keunggulan di menit-menit terakhir. Banyak peluang yang tercipta baik itu oleh Sukarja, Ari Maring maupun Yudha Alkanza. Namun semuanya kandas diantisipasi dengan baik oleh lini belakang Ayam Kinantan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenag Minta Masyarakat Waspada Penipuan Modus Visa Non Haji

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement