Advertisement

Indonesia Lolos 16 Besar, Akun Ini Diserbu Warganet karena Akan Telanjang di Malioboro

Budi Cahyana
Jum'at, 26 Januari 2024 - 20:02 WIB
Budi Cahyana
Indonesia Lolos 16 Besar, Akun Ini Diserbu Warganet karena Akan Telanjang di Malioboro Pemain Indonesia melambaikan tangan kepada para pendukung seusai pertandingan melawan Jepang di babak penyisihan grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024). - Antara/Yusran Uccang

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Salah satu akun di X (dulu Twitter) diserbu warganet setelah Indonesia lolos ke perdelapan final Piala Asia 2024. Penyebabnya, sebelum Piala Asia 2024 dimulai akun tersebut mengatakan akan menutup akun dan telanjang di Malioboro apabila Indonesia lolos ke 16 besar.

Indonesia bakal melawan Australia di babak 16 besar Piala Asia di Stadion Jassim Bin Hamad, Qatar, pada Minggu (28/1) pukul 18.30 WIB. Garuda memastikan diri lolos dari fase grup Piala Asia kali pertama sepanjang sejarah keikutsertaan sejak 1996. Sebelumnya, Indonesia tercatat empat kali berpartisipasi di Piala Asia, yaitu pada 1996 di Uni Emirat Arab, 2000 di Lebanon, 2004 di China, dan terakhir 2007 di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Selama empat kali mengikuti Piala Asia tersebut, Indonesia belum dapat memberikan prestasi yang membanggakan karena selalu kalah di fase grup.

Advertisement

Tim besutan Shin Tae-yong itu menyegel satu tiket ke babak gugur sebagai satu dari empat tim yang menduduki peringkat ketiga terbaik selain Suriah, Palestina, dan Yordania. Adapun, Australia lolos setelah menjadi juara Grup B.

BACA JUGA: Profil Kojo Joel, Pemain Kyrgyzstan Pahlawan Bagi Indonesia di Piala Asia 2023

Indonesia melaju ke perdelapan final dengan jalan berliku dan diuntungkan hasil laga tim lain. Sebelum laga ketiga penyisihan grup, Indonesia mengumpulkan tiga poin hasil kemenangan 1-0 atas Vietnam setelah kalah 1-3 di laga pembuka Grup D. Peluang Indonesia tiba-tiba terbuka setelah China kalah dari Qatar 0-1 dan Qatar kalah 1-2 dari Tajikistan di laga terakhir Grup A. Dengan nilai dua, China tak akan mungkin berada di atas Indonesia di daftar empat besar negara peringkat ketiga.

Indonesia akhirnya hanya mengantongi nilai tiga setelah dibekap Jepang 1-3 di laga terakhir. Kans Indonesia untuk melaju ke fase gugur pun tergantung laga Bahrain melawan Yordania dan Kyrgyzstan melawan Oman. Bahrain menduduki peringkat ketiga Grup E dengan nilai tiga, sama dengan Indonesia. Sementara, Oman menduduki peringkat ketiga Grup F dengan nilai satu, sedangkan Kyrgyzstan ada di posisi buncit dengan nilai kosong.

Bahrain akhirnya melaju ke perdelapan final sebagai juara Grup E setelah menang 1-0 atas Yordania dan di saat bersamaan Korea hanya bermain imbang 3-3 melawan Malaysia. Nasib Indonesia pun tergantung sepenuhnya di laga Oman melawan Kyrgyzstan.

Indonesia ketiban untung. Oman hanya bermain 1-1 melawan Kyrgyzstan sehingga hanya mengemas dua poin. Indonesia pun melaju untuk bertemu salah satu favorit juara, Australia.

BACA JUGA: Hasil Kyrgyzstan vs Oman: Skor 1-1, Timnas Indonesia Cetak Sejarah Lolos 16 Besar Piala Asia

Keberhasilan Indonesia disambut gegap gempita di jagat maya. 16 Besar, Sin Tae Yong, hingga Joel Kojo (pencetak gol Kyrgyzstan ke gawang Oman) menjadi trending topic di X. Di antara topik-topik tersebut, terselip dua topik yang juga dibisarakan seusai Indonesia menyegel tempat di fase gugur, yakni topik Malioboro dan Telanjang. Dua topik itu berkaitan dengan akun @Titipan_Mafia.

Sebelum Piala Asia 2024 dimulai, akun tersebut mencuit tentang rencananya telanjang di Malioboro apabila Indonesia lolos ke 16 besar bersama Jepang, dengan menyingkirkan Vietnam dan Irak. Akun tersebut juga akan menutup akun apabila Indonesia melaju ke perdelapan final.

Setelah laga Oman melawan Kyrgyzstan, akun tersebut mencuit, “Timnas Indonesia Lolos, Artinya sesuai dengan janji saya kemarin. Terimakasih Garuda "Shin Tae Yong, We Trust" Good Bye!Log-Out!

Akun tersebut kemudian diserbu akun lain yang menagih janjinya untuk telanjang di Malioboro. Namun, @Titipan_Mafia kemudian membuat cuitan lagi yang menyebut “IQRO! (Bacalah) "Dengan menyingkirkan Iraq dan Vietnam". Toh, warganet tetap mengomentarinya dengan mengaitkannya akan rencananya untuk telanjang di Malioboro.

Sementara, laga berat akan dijalani Marcelino Ferdinan dkk saat melawan Australia. Skuad Garuda sudah pernah berhadapan dengan Australia sebanyak 13 kali.

Indonesia hanya berhasil mengalahkan lawannya itu sebanyak dua kali, sedangkan Australia delapan kali menang, serta sisanya berakhir imbang. Australia juga begitu superior dengan melesatkan 23 gol dan hanya kebobolan delapan gol ketika melawan Indonesia.

Pelatih Shin Tae-yong tak gentar melawan Australia. Ia yakin Indonesia bisa memberikan perlawanan terbaik.

“Sangat senang meskipun satu kali menang dua kali kalah, tetapi pemain kerja keras tiap pertandingan jadi itu yang membuat hasil saat ini [kami lolos]. Pemain sudah bekerja keras dan Tuhan merestui, pemain tentu sangat senang, jadi terima kasih banyak,” ujar Shin Tae-yong seusai menyaksikan laga Kyrgistan melawan Oman melalui tayangan televisi di hotel tempat Timnas menginap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lindungi Rumah Ibadah dari Mafia Tanah, AHY: Program Sertifikat Wakaf Penting

News
| Sabtu, 27 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement