Advertisement

Kekuatan Timnas Indonesia Vs Australia Jelang Pertandingan Babak 16 Besar Piala Asia

Newswire
Minggu, 28 Januari 2024 - 15:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Kekuatan Timnas Indonesia Vs Australia Jelang Pertandingan Babak 16 Besar Piala Asia Timnas Indonesia melawan Jepang saat Grup D Piala Asia Qatar 2023, Rabu (24/1 - 2024). Tangkapan layar pertandingan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pada sesi konferensi pers sebelum pertandingan, Sabtu (27/1/2024), mengatakan perjuangan anak asuhnya melawan Australia pada babak 16 besar Piala Asia 2023 dipastikan tak akan berjalan dengan mudah.

Shin mengatakan Australia merupakan salah satu tim kuat pada turnamen tersebut dengan faktor fisik menjadi kekuatan mereka. Pelatih asal Korea Selatan itu melanjutkan, dirinya telah telah menyusun persiapan matang untuk kembali membawa para pemainnya dalam kondisi siap tempur.

Advertisement

BACA JUGA: Timnas Indonesia Masih Bisa Lolos ke 16 Besar Piala Asia, Begini Skenarionya

Shin optimistis skuad asuhannya akan tampil baik dan enerjik untuk menghadapi tim yang ditukangi Graham Arnold tersebut. "Pertandingan nanti tidak akan mudah, apalagi Australia adalah salah satu tim terkuat di Piala Asia. Mereka punya power yang kuat dan itu akan jadi keunggulan mereka," kata Shin.

"Kami punya persiapan yang bagus dan akan menunjukkan penampilan enerjik dari para pemain besok," sambungnya.

Sementara itu, pelatih Australia Graham Arnold enggan menilai timnya diunggulkan ketika berjumpa Indonesia pada babak 16 besar. Ia secara tegas menyatakan bahwa pertandingan antara Indonesia dan Australia bukanlah kisah pertandingan David melawan Goliath.

Dirinya menilai, pertandingan ini bukanlah pertarungan antara yang lemah dan yang kuat, melainkan dua tim yang siap bertanding dan memberikan yang terbaik. "Melawan Indonesia bukanlah laga David vs Goliath, tetapi dua tim yang akan bermain dan memberikan yang terbaik," ungkap Arnold.

"Mereka menunjukkan di kompetisi ini betapa kuatnya mereka melawan Jepang dan Irak, dan jelas kemenangan mereka atas Vietnam," pungkasnya.

Kekuatan Timnas Indonesia dan Australia

Pada pertandingan nanti, Indonesia diprediksi akan kembali menggunakan formasi dengan skema tiga bek tengah, hal yang biasa Shin Tae-yong lakukan ketika menghadapi tim yang levelnya lebih tinggi.

Posisi penjaga gawang diperkirakan kembali dipercayakan kepada Ernando Ari, sementara trio bek tengah dihuni Rizky Ridho, Jordi Amat dan Elkan Baggott. Sektor bek sayap diperkirakan akan terjadi sedikit perombakan dan akan diisi oleh Sandy Walsh serta Shayne Pattynama.

Di lini tengah, masih akan diisi oleh duo Justin Hubner serta Ivar Jenner. Sementara tiga posisi terdepan akan diisi oleh Pratama Arhan, Rafael Struick dan Marselio Ferdinan.

Di sisi lain, Australia diprediksi masih akan menggunakan formasi 4-2-3-1, serupa dengan yang mereka terapkan ketika menghadapi Uzbekistan.

Posisi penjaga gawang akan diisi oleh Matt Ryan, sedangkan posisi empat bek dihuni Gethin Jones, Harry Soutttar, Kye Rowles dan Aziz Behich. Pada sektor gelandang tengah, Jepang akan mengandalkan Keano Baccus, Jackson Irvine dan Connor Metcalfe.

Lini sayap akan ditempati oleh Martin Boyle dan Craig Goodwin, sedangkan lini depan diisi oleh Mitchell Duke.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

3 Jenazah Pesawat Jatuh BSD Tiba di RS Polri, Posko Ante mortem dan Post Mortem Dibuka

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement