Advertisement

All England 2024, Indonesia Mencetak Sejarah Setelah 30 Tahun

Newswire
Minggu, 17 Maret 2024 - 21:27 WIB
Maya Herawati
All England 2024, Indonesia Mencetak Sejarah Setelah 30 Tahun Pemain tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting (kiri) dan Jonatan Christie (kanan). Ist - pbsi / antara

Advertisement

Harianjogja.com, LONDON—Jonatan Christie berhasil menjuarai All England 2024 setelah mengalahkan rekan senegaranya Anthony Sinisuka Ginting dua gim 21-15 dan 21 14, Minggu (17/3/2024).

Kesuksesan All Indonesian Final itu mengulang sejarah 30 tahun lalu saat Hariyanto Arbi dan Ardy Wiranata bertemu di final All England tahun 1994.

Advertisement

Dengan ini, maka laga Jonatan dan Ginting merupakan kesembilan kalinya dua tunggal putra Indonesia bertemu dalam babak final turnamen bulu tangkis tertua di dunia ini.

Dengan pencapaian ini pula, maka Indonesia untuk pertama kalinya memiliki juara All England Open dari sektor tunggal putra, dimana terakhir kali gelar itu diraih oleh Hariyanto Arbi secara beruntun di tahun 1993 dan 1994.

Tak hanya itu, ini juga merupakan ketiga kalinya secara beruntun di mana laga All Indonesian Final terjadi di All England Open. Pada 2022, ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri menang atas Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Lalu, pada tahun berikutnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga menang atas The Daddies di babak final All England Open.

Dengan status Ginting dan Jonatan yang menjadi finalis pada turnamen prestisius ini, turut mendorong peringkat dunia mereka pekan depan, dimana Ginting akan berada di peringkat tiga, dan Jonatan kembali ke daftar delapan besar di posisi keenam.

Ginting dan Jonatan lolos ke final turnamen BWF Super 1000 setelah mengalahkan lawan-lawannya di semifinal. Ginting ke Final setelah berhasil mengalahkan wakil Perancis Christo Popov 19-21, 21-5 dan 21-11 dalam waktu 75 menit. Sementara, Jonatan membungkam wakil India Lakshya Sen juga dengan tiga gim 21-12, 10-21 dan 21-15 dalam laga berdurasi 68 menit.

BACA JUGA: Mudik Lebaran, Pelanggar Aturan Ganjil Genap Tol Trans Jawa Bakal Disanksi

Upaya Maksimal

Jonatan Christie mengatakan laga All Indonesian Final di turnamen All England Open 2024 merupakan buah dari upaya maksimal dan solid yang dilakukan terus menerus dari pemain, pelatih, dan tim. “Puji Tuhan, semua ini berkat kemurahan dan kebaikan Tuhan kepada saya, Ginting, tim tunggal putra dan tim Indonesia juga,” kata Jonatan, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI, Minggu (17/3/2024).

“Mungkin tidak ada yang mengira dengan beberapa hasil turnamen belakangan yang naik turun tapi kita selalu berusaha semaksimal mungkin, kekurangan apa kita perbaiki, kita bangun chemistry dan kita coba lebih solid,” ujarnya.

Bicara mengenai jalannya pertandingan, tunggal putra peringkat sembilan dunia itu mengakui bahwa lawan mampu bermain baik di gim kedua dengan mengubah strategi untuk bermain lebih cepat, sehingga ia kurang mengantisipasinya dengan baik. “Alhasil tertinggal jauh dan saya tidak mau memaksa habis-habisan dan langsung mempersiapkan diri untuk gim ketiga.” “Di gim penentuan saya sudah tahan-tahan saja dengan rally, tidak mau terpancing bermain cepat. Juga bagaimana merapatkan pertahanan. Saya berjuang saja karena hasil Tuhan sudah menentukan jadi yang saya pikirkan hanya melakukan yang terbaik,” ujarnya.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) 2015-2019 yang juga merupakan member Komite Olimpiade Internasional (IOC) Erick Thohir menyambut keberhasilan pebulutangkis Indonesia itu.

"Setelah 30 tahun menanti akhirnya bisa lihat Indonesia juara di cabang Tunggal Putra All England. Lebih keren lagi dua wakil Indonesia Ginting dan Jojo yang akan main di final nanti," ujar Erick Thohir dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (17/3/2024).

"Siapapun yang nanti menang, kalian juara di hati kita semua. Semoga prestasi ini menambah semangat demi mencetak prestasi selanjutnya terutama di Olimpiade 2024 Paris."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKS Berharap Prabowo-Gibran Ajak Gabung Koalisi Pemerintah Seperti PKB dan NasDem

News
| Sabtu, 27 April 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement