Advertisement

Atlet Bulu Tangkis Tunggal Putra Jaga Kondisi Jelang Olimpiade 2024 Paris

Newswire
Kamis, 28 Maret 2024 - 13:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Atlet Bulu Tangkis Tunggal Putra Jaga Kondisi Jelang Olimpiade 2024 Paris Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting (kiri) berfoto dengan kompatriotnya Jonatan Christie (kanan) seusai bertanding dalam final All England Open 2024 di Utilita Arena Birmingham, Inggris, MInggu (17/3/2024). Anthony Sinisuka Ginting meraih juara kedua usai kalah dari Jonatan Christie dengan skor 15-21, 14-21 Antara/HO-PBSI - foc.\\r\\n\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Jelang Olimpiade 2024 di Paris, atlet bulu tangkis tunggal putra Indonesia selain menjalani rangkaian latihan dan sesi khusus yang lebih intensif, juga menjaga kondisi fisik dan mental.

“Olimpiade memang merupakan target paling penting tahun ini. Tapi, menuju ke sana, dan setelahnya juga penting karena masih ada turnamen-turnamen lainnya, seperti Thomas Cup,” kata Pelatih tunggal putra Indonesia Irwansyah, saat ditemui di Pelatnas PP PBSI, Rabu (27/3).

Advertisement

Lebih lanjut, Irwansyah mengatakan para atletnya seperti juara dan finalis All England Open 2024 Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting, yang memang ditargetkan untuk masuk dalam kualifikasi Olimpiade mendatang, tengah melakukan latihan fisik yang turut dibarengi dengan penggunaan sport science, agar data yang didapatkan akurat, serta porsi latihannya juga berimbang.

“(Latihan) Lebih intens menuju Olimpiade, semua udah diukur dari speed, kekuatan otot, melatih strategi dan teknik, semuanya dibantu juga dari (penggunaan) sport science,” kata Irwansyah.

“Karena, kalau di lapangan main bagus tapi daya tahan otot fisik tidak bagus, maka tidak bisa menunjang penampilan. Apalagi jika dilihat dari pertandingan-pertandingan sebelumnya, semuanya beradu fisik, jadi Jonatan dan Ginting harus kuat di sana,” ujarnya menambahkan.

Baca Juga

Tim Bulu Tangkis Indonesia Hancur-hancuran di Asian Games 2023, Ini Reaksi PBSI

Marcus Gideons Dikabarkan Pensiun dari Bulu Tangkis, PBSI Bilang Begini

Tim Bulu Tangkis Indonesia Gagal di Asian Games, Saatnya Bebenah

Dalam waktu dekat, tim elite Indonesia akan bertolak menuju Ningbo, China, untuk bertanding di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2024, pada 9-14 April. Kejuaraan ini merupakan turnamen perebutan poin kualifikasi terakhir menuju Olimpiade Paris.

Selain itu, pada bulan yang sama, skuad putra dan putri juga bakal berkompetisi di kejuaraan beregu Piala Thomas dan Piala Uber, yang juga digelar di Negeri Tirai Bambu.

“Tahun ini ada Olimpiade dan dua kejuaraan penting. Tapi yang penting lagi, mereka tidak kendur (penampilannya), yang penting, ketika Olimpiade, mencapai peak-nya,” kata Irwansyah.

Hal krusial lainnya, lanjut Irwansyah, adalah untuk terus menyalakan kobar motivasi kepada para atletnya agar bisa melangkah jauh di setiap turnamen yang mereka ikuti.

“Motivasinya juga lebih ke latihan, karena latihannya pagi, siang, sore, pasti ada rasa jenuh. Motivasi diberikan supaya tetap bagus terus latihan, terus semangat. Ini juga dibantu oleh semua pihak seperti psikolog, sport science, teknis,” ujar Irwansyah.

“Situasi dan latihan didukung sama tim dan pemain ini, saya yakin dengan disiplin kerja keras itu. Saya yakin (mereka) bisa menjaga diri, dan saya percaya mereka sudah profesional banget,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement