Advertisement

Lolos Olimpiade 2024, Timnas U-23 Sudah Ditunggu "Musuh Besar" Begini Skenario Menghadapinya

Taufan Bara Mukti
Jum'at, 26 April 2024 - 16:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Lolos Olimpiade 2024, Timnas U-23 Sudah Ditunggu Pesepak bola Timnas U-23 Indonesia Komang Teguh Trisnanda (tengah) berebut bola dengan pesepak bola Timnas U-23 Korea Selatan Kim Dong-Jin (kanan) pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (26/4/2024) dini hari. - Antara - HO/PSSI / mrh

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Selangkah lagi, Timnas U-23 mengamankan tiket ke Olimpiade 2024 Paris melalui jalur Piala Asia U-23 2024. Hanya saja masih ada kondisi yang cukup dilematis bagi Garuda Muda.

Sekedar informasi, Timnas U-23 memastikan satu tempat di babak semifinal Piala Asia U-23 2024 setelah mengalahkan Korea Selatan melalui drama adu penalti, Jumat (26/5/2024).

Advertisement

Timnas Indonesia keluar sebagai pemenang usai bermain imbang 2-2 diwaktu normal kemudian dilanjutjan adu penalti dengan skor akhir 11-10. Kelolosan itu makin mendekatkan Timnas U-23 Indonesia dengan target lolos Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

BACA JUGA: Dramatis, Garuda Muda Maju ke Semifinal Piala Asia usai Kalahkan Korsel Lewat Adu Penalti, Sejarah Baru Timnas Indonesia

Indonesia sendiri membutuhkan satu kemenangan lagi untuk lolos otomatis ke Olimpiade 2024 sebagai finalis Piala Asia U-23 2024. Garuda Muda juga masih mendapat peluang jika kalah di semifinal Piala Asia U-23.

Masih ada jalur peringkat 3 terbaik yang bisa ditempuh jika skenario ini terjadi. Jika kalah lagi di perebutan tempat ketiga, Indonesia akan melakoni playoff dengan wakil Afrika, Guinea, untuk memperebutkan 1 slot terakhir.

Namun begitu, ada situasi yang cukup sulit dalam 2 skenario tersebut. Posisi Indonesia terbilang dilematis jika pun nantinya dapat lolos ke Olimpiade 2024 Paris. Berikut situasi dilema Timnas U-23 Indonesia jika Lolos Olimpiade 2024:

Skenario jika Timnas U-23 Indonesia Lolos Olimpiade 2024 Paris

1. Lolos Lewat Playoff

Bertemu Tuan Rumah Jika Timnas U-23 Indonesia akhirnya menjadi tim peringkat keempat Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda akan melakoni playoff melawan Guinea.

Kemenangan atas Guinea akan membuat Indonesia masuk di Grup A Olimpiade 2024 Paris. Drawing fase grup Olimpiade 2024 sendiri sudah digelar pada 1 April 2022. Sebagai perwakilan playoff Asia vs Afrika, Indonesia akan masuk ke grup yang terbilang berat.

Betapa tidak, di Grup A ada tuan rumah Prancis dengan segudang pemain muda, Amerika Serikat yang juga tak kalah menterng, serta Selandia Baru si kuda hitam. Dari keempat tim tersebut nantinya akan diambil 2 terbaik untuk melaju ke babak perempat final Olimpiade 2024.

Untuk menjaga kans lolos ke perempat final, Indonesia setidaknya harus menghindari 2 kekalahan agar tak langsung angkat koper. Kalau skenario ini dirasa sudah cukup berat, coba simak situasi lainnya yang tak kalah menegangkan.

2. Lolos Sebagai Peringkat 3

Bertemu Argentina Jika Indonesia kalah di semifinal Piala Asia U-23 lalu menang di perebutan peringkat ketiga, Garuda Muda akan masuk ke Grup C Olimpiade 2024. Jangan dikira grup ini tak seketat grup lainnya.

Sebab, di Grup B ada juara Piala Dunia 2022 Argentina yang tak pernah berhenti menghasilkan pemain muda berbakat. Selain itu ada Maroko dan Ukraina yang berpotensi memberi kejutan dengan kekuatan tak terdeteksi mereka.

Kendati dihuni Argentina, jika melihat permainan Timnas U-23 Indonesia agaknya masih bisa mengimbangi Maroko dan Ukraina. Dibanding masuk ke Grup A bersama Prancis dan Amerika Serikat, lolos ke Grup B terbilang relatif "aman".

3. Lolos Sebagai Runner-up

Bertemu Spanyol Skenario lain yang relatif cukup menguntungkan buat Indonesia adalah lolos ke Olimpiade 2024 sebagai runner-up Piala Asia U-23 2024. Pasalnya, Indonesia akan masuk ke Grup C jika menjadi peringkat kedua di turnamen AFC ini. Di Grup C Olimpiade 2024 ada Spanyol selaku tim unggulan.

Materi pemain Timnas U-23 Spanyol juga banyak beredar di liga-liga top Eropa. Yang menguntungkan bagi Indonesia adalah selain Spanyol, Grup B juga dihuni oleh Mesir dan Republik Dominika. Di atas kertas kekuatan Indonesia dan Mesir terbilang berimbang.

Skuad asuhan Shin Tae-yong juga diprediksi mampu mengandaskan Republik Dominika. Dari semua skenario kelolosan Timnas U-23 Indonesia ke Olimpiade 2024 Paris, agaknya skenario ini yang paling menguntungkan.

4. Lolos Sebagai Juara

Bertemu "Musuh Besar" Buah simalakama justru akan didapat Indonesia jika nantinya bisa meraih gelar juara Piala Asia U-23 2024. Pasalnya, kegembiraan meraih trofi tersebut akan lekas berganti ketika menengok tim-tim lawan di Olimpiade 2024 Paris.

Juara Piala Asia U-23 2024 akan masuk ke dalam Grup D Olimpiade 2024 yang dihuni Paraguay, Mali, .... dan Israel! Ya, Israel menjadi salah satu perwakilan UEFA (Eropa) di Olimpiade 2024. Negara ini tentu akan menghadirkan masalah buat Indonesia.

Masih segar dalam ingatan bagaimana FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 akibat gelombang protes di Tanah Air karena keikutsertaan Timnas Israel. Indonesia yang tak punya hubungan diplomatik dengan Israel juga memiliki sejarah panjang di sepak bola.

Pada 1957, Presiden Soekarno tegas meminta Timnas Indonesia mengundurkan diri daripada harus bertanding melawan Israel di ajang Kualifikasi Piala Dunia. Soekarno menilai bahwa sama saja Indonesia mengakui Israel jika melawan mereka di atas lapangan.

Indonesia saat itu juga sedang benar-benar melawan neokolonialisme dan menganggap Israel penjajah Palestina. Pada akhirnya, tim Indonesia tidak jadi berangkat ke Israel sehingga dinyatakan kalah Walk-Out (WO) dan gagal melaju ke babak selanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bappenas Sebut Telah Masukkan Program Makan Siang Gratis ke Dalam RKP 2025

News
| Senin, 06 Mei 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement