Advertisement

Hasil Iraq U-23 vs Vietnam-23: Skor 1-0, The Golden Star Gagal Melaju ke Semifinal Piala Asia 2024

Sunartono
Sabtu, 27 April 2024 - 04:17 WIB
Sunartono
Hasil Iraq U-23 vs Vietnam-23: Skor 1-0, The Golden Star Gagal Melaju ke Semifinal Piala Asia 2024 Hasil pertandingan perempat final Piala Asia U-23/2024 antara Iraq U-23 vs Vietnam U-23 berakhir dengan skor 1-0 di Al Janoub Stadium, Sabtu (27/4/2024) dini hari. The Golden Star, julukan Vietnam U-23, dipastikan gagal melaju ke semifinal Piala Asia U-23/2024. - AFC.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Hasil pertandingan perempat final Piala Asia U-23/2024 antara Iraq U-23 vs Vietnam U-23 berakhir dengan skor 1-0 di Al Janoub Stadium, Sabtu (27/4/2024) dini hari. The Golden Star, julukan Vietnam U-23, dipastikan gagal melaju ke semifinal Piala Asia U-23/2024.

Adapun Iraq sebagai pemenang dalam laga tersebut akan menghadapi Jepang di semifinal Piala Asia U-23/2024. Gol semata wayang sebagai penentu kemenangan Iraq dicetak oleh Ali Jasim lewat tendangan penalti di menit ke-64. Hasil ini menempatkan Iraq melaju ke semifinal sejak terakhir 2016 silam.

Advertisement

BACA JUGA : Viral Hansip hingga Driver Gojek Nonton Timnas Indonesia U-23 saat Melawan South Korea U-23 Piala Asia 2024

Statistik penguasaan bola, Vietnam jauh tertinggal dengan Iraq dalam pertandingan tersebut. Posisi bola lebih didominasi Iraq di angka 62% sedangkan Vietnam hanya 38%. Tendangan sesuai target ke gawang dilakukan Iraq sebanyak 8 kali, Vietnam hanya 1 kali dan tendangan secara umum ke pertahanan lawan dilakukan Iraq 18 kali, Vietnam hanya 8 kali.

Begitu juga dari sisi akurasi passing, Iraq tercatat 77% dan Vietnam 61% serta pasing secara umum Iraq mencatatkan 426 kali dan Vietnam hanya 260 kali.

Pertandingan berlangsung cukup seru, di awal babak pertama kedua tim saling mengambil inisiatif untuk menyerang. Meski demikian nyaris sepertiga waktu babak pertama belum ada peluang yang signifikan baik dari Iraq maupun Vietnam.

Barulah di menit ke-16 pemain Iraq, Ali Al Mosawe nyaris menjebol gawang Vietnam setelah memanfaatkan kesalahan Khuat Van Khang. Akan tetapi bola dapat ditepis oleh kiper Vietnam Quan Van Chuan.

Vietnam tetap kompak dengan tiga bek tengah mereka yaitu Nguyen Manh Hung, Le Nguyen Hoang dan Luong Duy Cuong bekerja sama untuk menekan striker tunggal Irak Amin Al Hamawi. Sehingga beberapa kali serangan Iraq dapat dimentahkan. Skor tetap bertahan 0-0 hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, Iraq berusaha meningkatkan tempo permainan untuk menggempur lini belakang Vietnam. Pemain Iraq Nihad berhasil menyelinap ke jantung pertahanan Vietnam dengan menguasai bola di depan gawang hingga terjadi pelanggaran di area terlarang.

Hasil pemeriksaan VAR menunjukkan penjaga gawang Vietnam mendorong Nihad agar tidak menguasai bola. Wasit pun menunjuk titik putih dan memberikan hadiah penalti kepada Iraq. Ali Jasim sebagai eksekutor penalti mampu menjalankan tugasnya dengan baik sehingga mengubah kedudukan menjadi 1-0 di menit ke-64.

Unggul 1-0, Iraq terus mendominasi permainan di babak kedua dan membuat pemain Vietanam nyaris frustasi karena berkali-kali gagal menggempur pertahanan Iraq. Meski demikian salah satu peluang Vietnam terjadi di 10 menit jelang akhir pertandingan di mana Van Truong mampu menyelinap ke kotak penalti Iraq dan lepas dari pengawalan.

Sayangnya gelandang Hanoi FC tersebut tidak mampu menciptakan gol karena tembakannya tidak tepat sasaran. Vietnam selamat dari ancaman pada menit ketiga waktu tambahan setelah Jasim memberikan umpan kepada Al Mosawe di luar kotak penalti, namun gelandang yang bermarkas di Portugal itu melepaskan tendangannya melebar dari tiang gawang.

BACA JUGA : Hasil Uzbekistan U-23 vs Saudi Arabia U-23: Skor 2-0, Serigala Putih Jadi Lawan Garuda Muda di Semifinal Piala Asia

Pemain Iraq Al Mosawe sempat melakukan serangan mandiri lewat sektor kanan dan memaksa kiper Vietnam, Quan melakukan penyelamatan di tiang dekat. Harapan Vietnam untuk bangkit justru pupus di masa tambahan waktu setelah wasit Ko Hyung-jin memberikan kartu merah untuk Nguyen Manh Hung karena menginjak Jasim dari hasil pemeriksaan VAR. Skor tetap 1-0 hingga babak kedua berakhir. Irak melaju ke semifinal Piala Asia U-23/2024 melawan Jepang pada Senin mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Video Siswa SD di Salatiga Studi Tur Naik Pesawat Garuda, Ternyata Nabung Sejak Kelas 1

News
| Selasa, 07 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement