Advertisement

Akhirnya MNC Group Izinkan Nobar Semifinal Piala Asia Indonesia vs Uzbekistan Asal Tidak untuk Komersial

Abdul Hamied Razak
Minggu, 28 April 2024 - 20:00 WIB
Abdul Hamied Razak
Akhirnya MNC Group Izinkan Nobar Semifinal Piala Asia Indonesia vs Uzbekistan Asal Tidak untuk Komersial Tangkapan layar Sekretaris Perusahaan MNC Group Syafril Nasution saat menjelaskan soal Nobar Piala Asia di SindonewsTV, Minggu (28/4 - 2024).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Lolosnya Timnas Indonesia U-23 ke Semifinal Piala Asia melawan Timnas Uzbekistan disambut antusias oleh masyarakat. Sejumlah pejabat publik pun ramai-ramai menggelar nonton bareng (nobar) untuk mendukung Timnas Indonesia.

Di sisi lain, MNC Group selaku pemegang hak eksklusif siaran Piala Asia awalnya melarang kegiatan nobar. Atas kebijakan tersebut, Netizen pun menyuarakan hastag BoikotMNC di media sosial X atau Twitter.

Advertisement

BACA JUGA: Gara-gara Pengumuman Hak Eksklusif Siaran AFC U-23 Asian Cup, MNC Group Dirujak Netizen

Belakangan, pihak MNC Group mulai melunak dan membolehkan kegiatan Nobar Semifinal Piala Asia antara Timnas Indonesia vs Uzbekistan dibolehkan dengan syarat tidak untuk komersil. Hal itu diungkap oleh Sekretaris Perusahaan MNC Group Syafril Nasution dikutip dari SindonewsTV, Minggu (28/4/2024).

"Nobar dipersilahkan sepanjang tidak untuk komersial. Seperti memungut biaya tiket, menerima sponsor atau ada iklan selama Nobar. Itu yang tidak diinginkan oleh MNC Group," katanya.

Seruan Nobar

Seruan Nonbar mulai dikumandangkan sejumlah pihak seperti bupati dan wakil bupati pada Semifinal Piala Asia saat Timnas Indonesia melawan Timnas Uzbekistan pada Senin (29/4/2024).

Di Sleman, Bupati Kustini dan Wakil Bupati Danang Maharsa juga mengeluarkan ajakan untuk Nonbar saat Semifinal Piala Asia berlangsung. Kustini bakal menggelar Nonbar di Lapangan Denggung sedangkan Danang di Rumah Dinas Wakil Bupati Sleman.

"Hari ini semua masyarakat sangat bangga karena Timnas Indonesia U-23 berhasil mencapai babak semifinal dan ini pencapaian yang sangat luar biasa dari sejarah tim nasional kita. Sehingga, kami ingin mengajak warga masyarakat untuk nobar," kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, pada Minggu (28/4/2024).

Tidak hanya Sleman, di sejumlah daerah seruan Nonbar juga berkumandang. Bupati Pandeglang Irna Narulita juga menggelar Nonbar Semifinal Piala Asia. Begitu juga Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor dan sejumlah kepala daerah lainnya.

Sebelumnya, Netizen dibuat resah lantaran keluarnya surat Hak Eksklusif Siaran Piala Asia. Berikut pernyataan MNC Group, selaku pemegang hak eksklusif.

BACA JUGA: Bupati dan Wakil Bupati Sleman Siapkan Nobar Semifinal Piala Asia, Timnas Indonesia vs Uzbekistan, Catat Waktunya

Melalui Marketing Communication MNC Group Ria Amalia per 26 April 2024, MNC Group menyatakan: 

1. Bahwa MNC Group adalah satu-satunya pemegang eksklusif lisensi MEDIA RIGHTS dan official broadcaster dari AFC U-23 Asian Cup 2024 di wilayah Negara Republik Indonesia.

2. Bahwa hanya MNC Group dan/atau Asian Football Confideration ("AFC") yang mempunyai hak untuk menggunakan dan/atau mengasosiasikan lambang/logonya bersama dengan lambang resmi, maskot, trophy AFC U-23 Asian Cup 2024™ di wilayah Negara Republik Indonesia.

Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, maka Tanpa Persetujuan dari MNC GROUP, kepada pihak manapun juga

DILARANG

Menggunakan dan/atau mengasosiasikan lambang dan logo bersama dengan kata-kata/tulisan, lambang, emblem, logo, maskot, nama kompetisi, trophy resmi AFC U-23 Asian Cup 2024™

Menyiarkan dan/atau meredistribusikan siaran AFC U-23 Asian Cup 2024™

Memproduksi dan/atau mengadakan kegiatan, termasuk program acara, kompetisi dan/atau
promosi dalam bentuk apapun dan melalui media apapun, seperti program undian, SMS, kuis,
games, polling, yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan AFC U-23 Asian Cup 2024™M

Menggunakan clip manapun copy dari semua penayangan pertandingan AFC U-23 Asian Cup
2024 baik secara langsung (live) maupun siaran ulang (re-run).

Membuat berita atau artikel dengan kata-kata/tulisan, lambang, emblem, logo, maskot, trophy resmi AFC U-23 Asian Cup 2024 (Competition Marks dan Competition Names) yang dalam format/lay out yang memberi kesan didukung, dipersembahkan atau disponsori oleh sponsor-sponsor selain sponsor resmi AFC di wilayah negara Republik Indonesia.

Menyelenggarakan kegiatan on air, kegiatan off air termasuk nonton bareng.

Promo media cetak, digital media, billboard dengan asosiasi iklan.

Bahwa pelanggaran terhadap larangan-larangan tersebut di atas diancam dengan sanksi pidana dan denda sesuai Undang-Undang yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Atas surat tersebut, ribuan Netizen bahkan melambungkan hastag #boikotmnc. Bahkan boikotmnc menjadi tranding topik di media sosial X (Twitter).

"Kalo larang nobar hak siar liga luar masih okelah, ini timnas sendiri loh dan kenapa pas baru masuk semifinal barulah keluar pernyataan ini dr Mnc Group asu, ayolah netijen indo kita hancurkan rating tv MNC gausa ditonton acara2nya @CoachJustinL @panjiraden," kritik pemilik akun @JustGraz, Minggu (28/4/2024).

"Acara bola itu kalau bisa nobar lha kalau dilarang gak seru dong, tega bener #BoikotMNC," kata pemilik akun @Pushpasari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Banjir Bandang di Sumbar, Basarnas Laporkan Korban Meninggal Capai 43 Orang

News
| Senin, 13 Mei 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement