Advertisement

Gol Garuda Muda Dianulir Saat Lawan Uzbekistan, Pj Gubernur Jateng Tetap Bangga pada Timnas Indonesia U-23

Media Digital
Kamis, 02 Mei 2024 - 11:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Gol Garuda Muda Dianulir Saat Lawan Uzbekistan, Pj Gubernur Jateng Tetap Bangga pada Timnas Indonesia U-23 Pj Gubernur Jawa Tengah, Komjen Pol (P) Drs. Nana Sudjana A.S., M.M. saat Nonton Bareng Tim Nasional U-23 "Proud of Indonesia" di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang pada Senin (29/4 - 2024).

Advertisement

SEMARANG—Pj Gubernur Jawa Tengah, Komjen Pol (P) Drs. Nana Sudjana A.S., M.M., merasa bangga dengan capaian yang ditorehkan oleh Garuda Muda Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar.

"Suatu kebanggaan bahwa Garuda Muda kita, bisa masuk semifinal Piala Asia U-23. Apalagi ini memang baru yang pertama, walaupun tadi hasil pertandingan tidak berpihak kepada kita," ucapnya usai mengikuti acara Nonton Bareng Tim Nasional U-23 "Proud of Indonesia" di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang pada Senin (29/4/2024).

Advertisement

BACA JUGA: Hadapi Bonus Demografi, Pemprov Jateng Rumuskan Pendidikan Double Track

Dalam pertandingan semifinal Piala Asia U-23 itu, Indonesia harus mengakui keunggulan Uzbekistan U-23 dengan skor 0-2. Selama pertandingan, pasukan Garuda Muda memberikan perlawanan cukup alot kepada para pemain Uzbekistan.

"Kita lihat, semangat dari para pemain sudah optimal untuk bertanding. Kalah itu bukan masalah, artinya masih ada waktu untuk berbenah dan terus berlatih. Insyaallah, Garuda Muda kita akan berjaya di masa depan," ucap Pj Gubernur.

Sebuah gol sempat tercipta dari pemain Timnas Indonesia, Muhammad Ferrari. Sayangnya gol tersebut dianulir atau dinyatakan tidak sah oleh wasit, setelah hasil Video Assistant Referee (VAR) menilai bahwa Ramadan Sananta dalam posisi offside.

"Terus terang kita kecewa dengan keputusan wasit. Memang offside-nya tipis, sehingga menurunkan semangat para pemain. Termasuk kita yang menonton langsung ngedrop," ujar Pj Gubernur menanggapi gol Indonesia U-23 yang dianulir.

Terlepas dari hasil semifinal, pencapaian Garuda Muda Indonesia pada Piala Asia U-23 Qatar 2024 ini sudah sangat baik. Ada peningkatan yang signifikan dalam segi permainan, sejak berlaga di babak pertama penyisihan grup melawan tuan rumah Qatar.

Pasukan Garuda Muda bangkit, bahkan membekuk Australia 1-0 dan Yordania 4-1. Mereka juga mampu mengimbangi negara langganan Piala Asia U-23 dan olimpiade yakni Korea Selatan.

"Saya yakin kita akan bangkit kembali," tegas Pj Gubernur.

Pj Gubernur juga membanggakan empat pemain asal Jawa Tengah yang masuk skuad Timnas Indonesia U-23, yaitu Ernando Ari, Pratama Arhan, Ilham Rio Fahmi, dan Amiruddin Bagas Kaffa. Tiga pemain pertama, bahkan tampil dalam laga semifinal melawan Uzbekistan.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyinggung pencarian bakat sepak bola di Jateng. Pada tahun 2024 ini, Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Jateng bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jateng mengadakan turnamen sepak bola U-13 dan U-15, dalam rangka mencari bibit-bibit unggul atlet sepak bola berprestasi.

BACA JUGA: Kunker Jokowi Diduga karena Menghindari Demo Hari Buruh, Istana Bilang Begini

Selain itu, juga dilakukan Pemusatan Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLOP) untuk membina atlet pelajar Jateng.

Diketahui, acara Nobar Timnas "Proud of Indonesia" yang digelar oleh Pemprov Jateng diikuti oleh sekitar 930-an orang. Jumlah itu sesuai dengan total peserta yang terdaftar dalam aplikasi.

"Antusiasme masyarakat yang menonton sangat baik, ini adalah bentuk rasa bangga dan nasionalisme yang tinggi, untuk mendukung Garuda Muda kita," ungkap Pj Gubernur. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sesuai Penugasan Pemerintah, Pertamina Patra Niaga Tetap Salurkan Pertalite

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement