Advertisement

Hasil Iraq U-23 vs Indonesia U-23 Piala Asia U-23/2024 Skor 2-1: Kalah Tipis, Skuad Garuda Masih Punya Peluang ke Olimpiade Paris

Sunartono
Jum'at, 03 Mei 2024 - 04:07 WIB
Sunartono
Hasil Iraq U-23 vs Indonesia U-23 Piala Asia U-23/2024 Skor 2-1: Kalah Tipis, Skuad Garuda Masih Punya Peluang ke Olimpiade Paris Komang Teguh berduel dengan Ali Jasim dalam pertandingan perebutan tempat ketiga Piala Asia U23 2024 di Stadion Abdullah Bin Khalifa di Doha, Qatar, pada 2 Mei 2024. (AFP - KARIM JAAFAR)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Hasil pertandingan Piala Asia U-23/2024 antara Iraq U-23 vs Indonesia U-23 berakhir dengan skor 2-1 di Stadion Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar Kamis (2/5/2024) malam. Skuad Garuda Muda kalah tipis atas Singa Mesopotamia dalam laga hidup mati tersebut.

Garuda Muda sudah berjuang dengan sangat keras untuk memenangkan pertandingan, namun gagal meraih peringkat ketiga Piala Asia U-23/2024. Hasil ini sekaligus menempatkan Garuda muda hanya berada di posisi keempat dan raihan tiket Olimpiade Paris pun terunda bagi Indonesia. Kekalahan ini memang tak diharapkan, namun langkah Timnas Indonesia yang mampu mencapai hingga semifinal patut diapresiasi.

Advertisement

Adapun slot untuk Olimpiade Paris 2024 hanya tersisa tiga untuk Asia untuk peraih juara pertama kedua dan ketiga Piala Asia U-23/2024. Meski demikian kesempatan Timnas Indonesia U-23 untuk mendapatkan tiket ke ajang multi sport tersebut belum berakhir.

BACA JUGA : Timnas Indonesia Kalah 2-1 dari Irak pada Laga Perebutan Juara 3 Piala Asia 2024

Skuad Garuda Muda masih bisa mendapatkan peluang ke Olimpiade Paris lewat satu langkah terakhir yang harus diperjuangkan melalui babak playoff. Babak playoff ini akan digelar pada Kamis 9 Mei 2024 mendatang di Paris, Prancis. Timnas Indonesia U-23 akan melawan wakil Afrika yaitu Guinea untuk merebutkan satu tiket terakhir Olimpiade Paris.

Jalannya Pertandingan

Pada babak pertama Indonesia U-23 lebih mendominasi permainan. Bahkan dalam catatan statistik pertandingan babak pertama, Indonesia U-23 mencapai 53% penguasaan bola, sedangkan Iraq-23 di angka 47%. Akan tetapi pada babak kedua hingga akhir pertandingan hasil statistik itu berubah.

Pada babak kedua, Iraq U-23 mendominasi penguasaan bola.Timnas Indonesia yang kemungkinan kelelahan hanya memiliki peluang yang tidak terlalu banyak. Berdasarkan statistik pertandingan hingga akhir babak kedua dan perpanjangan waktu tercatat persentase penguasaan bola dikuasai Iraq di angka 52%, sedangkan Indoneia 48%.

Iraq total melakukan tendangan sebanyak 22 kali, Indonesia hanya 16 kali. Kemudian tendangan yang tepat mengenai ke arah gawang yang dilakukan Iraq tercatat 7 kali sedangkan Indonesia hanya mampu menghasilkan 3 kali. Meski demikian Indonesua justru lebih banyak melakukan passing di angka 528 kali sedangkan Iraq hanya 480 kali.

Babak pertama berakhir imbang. Indonesia berhasil mencetak gol lebih dulu di menit ke-19 oleh Ivar Jenner. Berawal dari umpan crossing dari Witan kemudian disundul oleh pemain Iraq. Namun Ivar Jenner berhasil mendapatkan bola muntahan dan melakukan tendangan mendatar hingga menjebol gawang Iraq.

Iraq U-23 berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-27 lewat skema tendangan pojok yang gagal diantisipasi oleh Ernando Ari. Skor tetap imbang 1-1 hingga babak pertama berakhir.

Babak kedua Iraq berhasil mendominasi penguasaan bola dengan menciptakan sejumlah peluang. Beberapa kali lini pertahanan Indonesia terkoyak lewat serangan balik yang dibangun Iraq. Bahkan di menit ke-72, nyaris gawang Indonesia kebobolan, di mana Ernando Ari ragu untuk mengambil bola dengan keluar dari kotak penalti.

BACA JUGA : Pemkab Bantul Gelar Nobar Timnas Indonesia Vs Irak di Lapangan Paseban Nanti Malam

Namun pemain Iraq berhasil mendapatkan bola an melakukan tendangan mendatar ke arah gawang. Beruntungnya masih ada Nathan di depan gawang sehingga bol dibuang keluar. Serangan demi serangan dibangun kedua tim, akan tetapi skor tetap imbang 1-1 hingga babak kedua berakhir.

Pada sesi perpanjangan waktu. Iraq terus meningkatkan tempo permainan hingga pada menit ke 90+6 Ali Jasim berhasil menjebol gawang Indonesia lewat skema umpan panjang dari pemain belakang Iraq U-23. Skor berubah menjadi 2-1 untuk Iraq. Pada perpanjang waktu kedua, Indonesia gagal menyamakan kedudukan sehingga harus takluk atas Iraq U-23.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mau Mengikuti Rangkaian Acara Waisak di Candi Borobudur? Simak Aturannya!

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement