Advertisement

Hasil Semifinal Piala Uber 2024: Indonesia Melaju ke Final Usai Kalahkan Korea Selatan

Andhika Anggoro Wening
Sabtu, 04 Mei 2024 - 14:17 WIB
Sunartono
Hasil Semifinal Piala Uber 2024: Indonesia Melaju ke Final Usai Kalahkan Korea Selatan Perbesar Pebulu tangkis, Komang Ayu Cahya Dewi, menjadi penentu tim bulu tangkis Indonesia lolos ke final Piala Uber 2024. Hasil Semifinal Piala Uber 2024, Indonesia vs Korea: Tim Merah Putih ke Final. - PBSI.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Hasil pertandingan Semifinal Piala Uber 2024 antara Indonesia vs Korea Selatan memastikan tim bulu tangkis putri Merah-Putih lolos ke final.

Komang Ayu Cahya Dewi sebagai penentu, berhasil mengalahkan Kim Min Sun 17-21, 21-16, 21-19 di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, Sabtu (4/5/2024). Indonesia membuka kemenanganl 1-0 setelah Gregoria Mariska Tunjung membuka kemenangan pertama Indonesia atas Korea Selatan pada babak semifinal Piala Uber 2024.

Advertisement

Gregoria menang atas Sim Yu Jin melalui dua permainan sekaligus dengan skor 21-15, 21-13 dalam tempo 32 menit. “Puji Tuhan, saya bisa membuka poin pertama untuk Indonesia,” kata Gregoria.

BACA JUGA : Bulutangkis Putri Indonesia Akhirnya Lolos Semifinal Piala Uber Usai Penantian 14 Tahun

Gim pertama dibuka dengan cukup mulus bagi Gregoria. Tunggal putri peringkat sembilan dunia itu segera memegang kontrol dan mendominasi jalannya pertandingan. Meski sang tunggal putri muda Korea Selatan bisa sedikit demi sedikit meraih angka, Gregoria tidak lengah dan tetap menjaga optimismenya hingga membungkus kemenangan gim pertama dengan skor 21-15.

“Di pertandingan ini, aku hanya mempersiapkan keberanian aku karena line-up tidak sesuai ekspektasi sebelumnya. Aku mencoba untuk lebih rileks, apalagi terakhir kali ketemu lawan aku kalah. Jadi, aku mencoba untuk lebih tenang dan tidak menggebu-gebu dan aku lebih nyaman di lapangan daripada lawanku,” katanya/

Berlanjut ke gim kedua, Gregoria tetap percaya diri meskipun Sim berusaha untuk mengejar ketertinggalannya. Kualitas pukulan dan pertahanan solid Gregoria pun semakin menyulitkan bagi lawan untuk meraih angka. Juara Kumamoto Masters 2023 itu pun akhirnya meraih matchpoint pertamanya di gim kedua, lalu segera membungkus kemenangan 21-13. Ini merupakan semifinal Piala Uber pertama Indonesia setelah penantian 14 tahun lamanya.

Terakhir kali Indonesia lolos ke babak empat besar adalah pada edisi 2010 yang diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia. Para srikandi Merah Putih memiliki peluang untuk lolos ke babak final dan jika hal itu terjadi, maka itu adalah pertama kalinya sejak Piala Uber 2008. Di mana Maria Kristin, Lilyana Natsir dan kawan-kawan menantang tim China di kandang sendiri dan kalah 0-3.

“Walaupun kesempatannya terbuka, tapi kesempatan itu tak akan tercapai kalau kita tidak berusaha. Aku berharap tim aku melakukan yang terbaik,” ujarnya.

BACA JUGA : Profil Guinea, Lawan Indonesia Menuju Olimpiade Paris 2024: Punya Pogba Versi Barcelona yang Setara dengan

Korea sempat menyamakan kedudukan setelah Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti ditekuk Lee So Hee/Baek Ha Na  6-21, 18-21. Tunggal putri Ester Nurumi Tri Wardoyo berhasil membawa tim bulu tangkis Indonesia unggul 2-1 atas Korea di babak semifinal Piala Uber 2024. Namun tim bulu tangkis Indonesia kembali unggul setelah tunggal putri kedua Indonesia, Ester menang dalam pertarungan rubber game atas Kim Ga Ram dengan skor 20-22, 21-16, dan 21-12.

Tim bulu tangkis Korea kembali menyamakan kedudukan menjadi 2-2 setelah Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto dikalahkan Jeong Na Eun/Kong Hee Yong 15-21, 14-21 dalam tempo 36 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menpora Pastikan PON XXI Aceh-Sumut Digelar Tahun Ini, Persiapan Sudah Matang

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement