Advertisement

Timnas U-23 Indonesia Menandai Lahirnya Generasi Emas Sepak Bola

Newswire
Senin, 06 Mei 2024 - 15:07 WIB
Maya Herawati
Timnas U-23 Indonesia Menandai Lahirnya Generasi Emas Sepak Bola Erick Thohir / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Generasi emas sepak bola Indonesia telah lahir melalui prestasi timnas Indonesia U-23. Hal ini diungkapkan  Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir.

"Generasi emas sepak bola Indonesia telah lahir. Namun ini tak membuat kami berpuas diri," ujar Erick seperti dikutip dari akun Instagram pribadi @erickthohir di Jakarta, Senin (6/5/2024).

Advertisement

Ia mengatakan, untuk menemukan generasi emas sepak bola sebuah negara tidak mudah. Erick mencontohkan seperti ketika Belgia menemukan generasi emas mereka, demikian juga di Portugal.

Lahirnya generasi emas sepak bola, kata dia, saat ini sedang terjadi di Indonesia. "Dan ini bukan sebagai putaran generasi emas setiap lima tahun. Belum tentu 20 tahun dapat," ujarnya.

Oleh sebab itu, generasi emas saat ini dipersiapkan dengan berbagai program. Erick mencontohkan seperti upaya memperkuat mental para pemain dengan menghadirkan pertandingan lawan Argentina. Selain itu, PSSI juga memberikan target-target, termasuk kepada pelatih Shin Tae-yong dalam menghadapi setiap kompetisi.

"Jadi ketika pemain melihat coach Shin Tae-yong ditargetkan 16 besar atau 8 besar, ya mereka akan menjadi bagian dari itu," ujarnya.

BACA JUGA: Dugaan Pelecehan Mahasiswa oleh Dosen UPN Veteran Yogyakarta, Satgas PPPKS: Sudah Ada Penindakan

Erick menyebutkan kelahiran generasi emas sepak bola Indonesia terbukti dengan berbagai prestasi yang mampu diraih seperti menjadi juara SEA Games 2023 setelah 32 tahun.

Garuda Muda juga lolos ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024 dan saat ini sedang bersiap melakoni laga melawan wakil dari Afrika, Guinea, untuk memperebutkan tiket berkompetisi pada Olimpiade Paris 2024.

Timnas senior, kata dia, juga untuk pertama kalinya lolos melaju ke 16 besar Piala Asia 2023. Ia menambahkan, upaya meningkatkan prestasi sepak bola Indonesia akan terus dijalankan agar ke depan semakin banyak prestasi yang bisa dicapai untuk membanggakan Indonesia.

"Persaingan ke depan semakin ketat dan penuh tantangan. Tetap kerja keras dan pantang menyerah," katanya.

Erick pun meminta doa dan dukungan seluruh elemen masyarakat Indonesia agar timnas terus mencetak prestasi di kancah internasional.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kasus Covid-19 di Singapura Meningkat 2 Kali Lipat dalam Sepekan

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement