Advertisement

Menurut Pendiri Telegram, WhatsApp Tidak Akan Pernah Aman

Chelin Indra Sushmita
Sabtu, 18 Mei 2019 - 10:47 WIB
Budi Cahyana
Menurut Pendiri Telegram, WhatsApp Tidak Akan Pernah Aman Pendiri Telegram, Pavel Durov. - Fortune

Advertisement

Solopos.com, SOLO – Celah keamanan WhatsApp dimanfaatkan peretas (hacker) untuk meluncurkan software mata-mata yang berpotensi mencuri data tanpa disadari pengguna. Problem ini menunjukkan bahwa aplikasi WhatsApp belum cukup aman untuk melindungi data pengguna yang menuai komentar dari pendiri Telegram, Pavel Durov.

Pendiri perusahaan teknologi aplikasi saingan WhatsApp itu agaknya gatal untuk berkomentar. Pavel Durov mengaku tidak terkejut mendengar kabar heboh tentang WhatsApp. Dia bahkan mengatakan dengan tegas jika WhatsApp tidak akan pernah aman.

Advertisement

Berita ini tidak mengejutkankau. WhatsApp pernah tersandung kasus seperti ini sebelumnya akibat fitur video call. Fitur itu merupakan alat yang dibutuhkan hacker untuk mendapatkan akses data dari smartphone seseorang,” terangnya seperti dilansir The Independent, Jumat (17/5/2019).

Pavel Durov menambahkan, WhatsApp akan terus dibayangi masalah keamanan. Sebab, aplikasi ini tidak punya penyandian khusus saat kali pertama diciptakan.

WhatsApp punya sejarah yang konsisten. Dari tidak adanya penyandian saat diciptakan sampai masalah keamanan yang anehnya cocok untuk tujuan mata-mata. Jika melihat ke belakang, maka tidak ada satu hari pun WhatsApp aman dalam perhalanannya selama 10 tahun,” sambung Pavel Durov.

WhatsApp bukan aplikasi terbuka, sehingga peneliti tidak akan mudah melihat celah keamanannya. Tapi, hal ini memungkinkan pemerintah atau hacker membuat back door di aplikasi yang bisa menerobos segala perlindungan yang dibenamkan.

WhatsApp harus memperbaiki celah keamanan di aplikasinya setiap kali ada masalah. Seluruh masalah keamanan mereka cocok untuk aksi mata-mata. Terlihat dan bekerja seperti back door,” terang Pavel Durov.

Berdasarkan alasan itulahPavel Durov yakin WhatsApp tidak akan aman kecuali mengubah cara kerjanya. “WhatsApp berisiki kehilangan seluruh pasar dan mungkin bentrok dengan otoritas negaranya jika ingin menjadi layanan yang berorientasi privasi. Tapi, sepertinya mereka tidak siap untuk itu,” ujar Pavel Durov.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement