Advertisement

Jeff Bezos Terbang ke Luar Angkasa Bulan Depan

Sartika Nuralifah
Selasa, 08 Juni 2021 - 14:37 WIB
Budi Cahyana
Jeff Bezos Terbang ke Luar Angkasa Bulan Depan Pendiri Amazon.com Inc. Jeff Bezos - Bloomberg

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Jeff Bezos, orang terkaya di dunia, akan menjadi salah satu penumpang dalam penerbangan uji awak pertama New Shepard, roket suborbital perusahaan luar angkasa swasta yang dapat digunakan kembali yang dirancang untuk pariwisata luar angkasa.

New Shepard telah berhasil menyelesaikan 15 uji penerbangan sejauh ini, tetapi tidak ada yang membawa manusia sebagai penumpang, kecuali boneka bernama Mannequin Skywalker. Jika semua berjalan sesuai rencana, penerbangan awak pertama akan berlangsung pada 20 Juli 2021, bersamaan dengan peringatan 52 tahun pendaratan Apollo 11 di bulan.

Advertisement

Mark, yang mana saudara dari Bezos dan pemenang lelang yang sedang berlangsung yang akan mencapai puncaknya pada 12 Juni (sampai publikasi, tawaran tertinggi saat ini adalah $3,2 juta) bergabung dalam penerbangan tersebut. Tapi, karena New Shepard memiliki ruang untuk enam orang, ada kemungkinan orang lain akan menemani ketiganya di kapal.

Ketika sudah beroperasi penuh, New Shepard akan meluncurkan penerbangan cepat dari pelabuhan antariksanya di Texas Barat. Kapsul tersebut akan melintasi garis Kármán yang merupakan batas ruang yang diakui secara internasional dan terletak sekitar 62 mil di atas Bumi, di mana penumpang akan menikmati beberapa menit tanpa bobot sebelum turun kembali ke tanah di bawah parasut.

Penerbangan uji awak New Shepard akan menjadikan Blue Origin sebagai perusahaan penerbangan luar angkasa swasta ketiga yang menerbangkan manusia ke luar angkasa. SpaceX milik Elon Musk telah membawa 10 astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, dan Virgin Galactic milik Sir Richard Branson telah membawa enam pilot dan satu penumpang dalam penerbangan luar angkasa suborbital. Penerbangan yang mereka lakukan adalah penerbangan uji.

Sementara Musk belum mengumumkan rencana untuk terbang ke luar angkasa, Branson berniat untuk terbang akhir tahun ini. Stefanie Waldek adalah jurnalis lepas ruang, perjalanan, dan desain yang ingin menjadi penumpang keempat dalam penerbangan New Shepard mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement