Advertisement

Aplikasi Farmaplus Dikembangkan untuk Cek Ketersediaan Obat Covid-19

Nindya Aldila
Minggu, 11 Juli 2021 - 15:27 WIB
Sunartono
Aplikasi Farmaplus Dikembangkan untuk Cek Ketersediaan Obat Covid-19 Ilustrasi Obat COvid-19. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Masyarakat kini dapat mengecek ketersediaan obat untuk terapi Covid-19 melalui aplikasi Farmaplus sebelum membeli di apotek.

Plt. Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Arianti Anaya mengatakan aplikasi Farmaplus ini akan dikembangkan dengan jejaring apotek sampai ke seluruh Indonesia.

Advertisement

Tak hanya itu, untuk memenuhi kebutuhan obat yang meningkat sejalan dengan lonjakan kasus konfirmasi Covid-19, pemerintah telah mendorong seluruh industri farmasi baik swasta maupun BUMN untuk meningkatkan kapasitas produksinya, termasuk mempercepat proses importasi obat.

“Kita mendorong dan memantau industri agar sesegera mungkin mendistribusikan obat-obat ke Faskes dan ke apotek-apotek sehingga tidak ada penimbunan obat-obatan di industri ataupun di PBF [Pedagang Besar Farmasi],” ungkap Arianti dalam keterangan pers pada Sabtu (10/7/2021).

Dia juga mengingatkan kepada seluruh anggota masyarakat sebelum membeli obat-obatan terapi Covid-19 harus berkonsultasi dahulu dengan dokter, kecuali vitamin.

Semua obat-obatan terapi Covid-19 harus dibeli dengan menggunakan resep dokter karena terdapat risiko pada pemakaian yang tidak sesuai justru dapat menjadi racun bagi tubuh.

Industri farmasi juga diminta agar bekerja sama dengan pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 dan memastikan tidak ada penimbunan obat yang dapat merugikan masyarakat.

“Nanti kita juga bekerjasama dengan aparat agar tidak ada penimbunan-penimbunan obat. Kami ingatkan bahwa masyarakat berhak untuk mendapatkan pelayanan terapi Covid-19 yang sebaik-baiknya,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement