Advertisement

11 Januari 2022, Samsung Perkenalkan Chipset Exynos 2200

Newswire
Rabu, 05 Januari 2022 - 05:47 WIB
Jumali
 11 Januari 2022, Samsung Perkenalkan Chipset Exynos 2200 Logo Samsung - Ist/Samsung

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Samsung mengungkapkan tanggal rilis System-on-chip (SoC) smartphone flagship mereka, yang diperkirakan bakal diberi nama Exynos 2200, yaitu pada 11 Januari 2022.

"Pasar gaming akan semakin serius," tulis Samsung Exynos di akun Twitter resmi mereka, @SamsungExynos, yang juga mengungkapkan tanggal pengumuman tersebut.

Advertisement

Chipset baru ini akan menampilkan GPU yang ditenagai oleh arsitektur grafis RDNA 2 AMD, yang memberikan tenaga grafis next-gen di kartu grafis Xbox Series X, PlayStation 5, dan AMD seri RX 6000.

Dilansir The Verge, dikutip Selasa (4/1/2022), mengingat Exynos 2200 bakal memberi daya pada smartphone, GPU baru ini tidak akan membuat grafik next-gen yang setara dengan konsol dan PC gaming.

Meski begitu, kemungkinkan ada beberapa peningkatan di dalam grafis, di samping peningkatan lain yang dibawa Samsung untuk chipset andalan terbaru mereka.

Exynos 2200 diperkirakan bakal memberikan daya beberapa ponsel flagship Samsung di 2022, termasuk kemungkinan Galaxy S22 dan S22 Ultra, yang kemungkinan akan diumumkan di bulan Februari.

Namun kemungkinan smartphone yang menggunakan desain internal Samsung bakal terbatas pada model internasional dari flagship yang akan datang, sama seperti sebelum-sebelumnya.

Sementara varian yang akan dipasarkan di Amerika Serikat, kemungkinan akan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon Gen 1.

Dikutip dari Phone Arena, sebuah leak atau informasi yang bocor baru-baru ini menyebut, Samsung akan menawarkan peningkatan 5 persen dalam kinerja CPU jika dibandingkan Exynos 2100.

Sementara, terdapat peningkatan 17 persen dalam grafik jika dibandingkan Exynos 2100 yang mendukung lini Galaxy S21. Namun informasi bocor yang sama mengklaim kinerja kecerdasan buatan akan meningkat 117 persen.

Beberapa waktu yang lalu, Samsung diketahui sudah mulai menggulirkan update One UI 4 untuk para pengguna. Selain smartphone, tablet pun diketahui sudah mulai mendapatkan One UI berbasis Android 12 tersebut.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Jumat (31/12/2021), pembaruan diawali untuk lini Galaxy S21 dan foldable. Meski sempat mengalami kendala, pembaruan untuk kedua lini tersebut sudah kembali berjalan normal.

Setelah Galaxy S21, lini lain yang juga mendapatkan pembaruan One UI 4 adalah lini Galaxy S20 termasuk Galaxy Note20. Disusul kemudian, ada lini Galaxy S10.

Terbaru, giliran Galaxy Tab S7 dan Galaxy S7 Plus yang dilaporkan juga mendapatkan pembaruan ini. Namun perlu diingat, pembaruan ini baru dilakukan di sejumlah negara, terutama di wilayah Eropa.

Oleh sebab itu, pengguna di negara lain perlu bersabar karena pembaruan biasanya dilakukan secara bertahap. Kemungkinan One UI terbaru ini akan hadir ke lebih banyak pengguna dalam beberapa minggu ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement