Advertisement

Cara Mudah Kirim Video Panjang via WhatsApp

Rahmi Yati
Selasa, 22 Maret 2022 - 08:17 WIB
Jumali
Cara Mudah Kirim Video Panjang via WhatsApp Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAWhatsApp kerap dijadikan media berbagi file seperti foto dan video selain dari fitur utamanya untuk keperluan pengiriman pesan instan. Sayangnya, aplikasi ini tidak bisa digunakan untuk mengirimkan video yang berdurasi panjang atau dengan ukuran yang besar.

Dalam laman resminya, WhatsApp juga mengatakan dua hal ini menjadi faktor utama yang membuat gagalnya pengiriman video lewat aplikasi. Kendati demikian, anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengirim video berdurasi panjang di WhatsApp., yakni mengompres video, membagi video, serta menggunakan Google Drive.

Advertisement

1. Kompres video

Anda bisa melakukan kompres video agar video berdurasi panjang berhasil dikirim lewat WhatsApp. Tetapi, cara ini akan membuat ukuran video jadi lebih kecil. Cara ini bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi atau situs khusus kompres dokumen video lain. Kekurangannya, kualitas video yang dikompres akan menurun.

2. Bagi video menjadi dua bagian atau lebih

Cara mengirim video WhatsApp berdurasi panjang selanjutnya dengan membaginya menjadi dua bagian atau lebih. Anda bisa memotong video dengan bantuan aplikasi ataupun langsung pada galeri ponsel yang telah menyediakan fitur edit crop video.

Anda bisa memotongnya dan membaginya menjadi dua hingga tiga bagian sesuai keinginan. Hanya saja, cara ini membuat video yang dikirim menjadi terpotong dan tidak utuh.

3. Gunakan Google Drive

Cara terakhir yang bisa dilakukan dengan bantuan Google Drive atau aplikasi penyimpanan lainnya. Aplikasi ini memiliki kapasitas penyimpanan yang besar sehingga memudahkan proses pengiriman video-video berdurasi panjang tanpa harus melakukan kompres ukuran maupun memotong durasinya.

Untuk lebih jelasnya, berikut cara mengirim video WhatsApp berdurasi panjang dengan bantuan Google Drive:

- Pastikan aplikasi Google Drive telah terpasang di ponsel.
- Buka aplikasi, ketuk simbol tambah (+), dan pilih opsi 'Upload'.
- Pilih video yang akan dikirim. Unggah video dan tunggu hingga proses selesai.
- Setelah berhasil diunggah, ketuk simbol titik tiga vertikal dan pilih opsi 'Copy link' Buka aplikasi WhatsApp, dan tempelkan atau pasti tautan ke nomor tujuan.
- Penerima dapat mengetuk tautan tersebut untuk menontonnya pada laman Google Drive.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Lebaran Usai, Berikut Jadwal dan Tarif Terbaru Bus Damri dari Jogja ke Bandara YIA

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement