Advertisement

Asteroid 3 Kali Lebih Besar dari Paus Biru Dekati Bumi Besok

Mia Chitra Dinisari
Senin, 06 Juni 2022 - 11:27 WIB
Budi Cahyana
Asteroid 3 Kali Lebih Besar dari Paus Biru Dekati Bumi Besok Ilustrasi asteroid - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -  Asteroid yang berukuran hingga tiga kali lebih besar dari paus biru akan meluncur melewati Bumi pada Senin (6 Juni) atau 7 Juni 2022 waktu Indonesia.

Asteroid itu akan bergerak dengan kecepatan lebih dari 16.000 mph (26.000 km/jam), menurut NASA.

Advertisement

Asteroid tersebut, bernama 2021 GT2, diprediksi melintas di zona aman dari planet kita lebih dari 2,2 juta mil (3,5 juta kilometer) atau kira-kira 10 kali jarak rata-rata antara Bumi dan bulan.

Para astronom pertama kali mendeteksi batu ruang angkasa tahun lalu dan memperkirakan ukurannya antara 121 dan 272 kaki (37 hingga 83 meter). Meskipun kedengarannya cukup besar karena seukuran tiga kali panjang paus biru, itu tidak cukup besar untuk dianggap sebagai potensi bahaya bagi Bumi.

2021 GT2 adalah asteroid kelas Aten, yang berarti ia mengorbit matahari lebih dekat daripada Bumi (dalam hal ini setiap 342 hari sekali), dan jalur orbitnya melintasi orbit Bumi. Para astronom mengetahui lebih dari 1.800 asteroid semacam itu banyak di antaranya dianggap berpotensi berbahaya.

Setelah 6 Juni, pendekatan jarak dekat berikutnya ke Bumi akan terjadi pada 26 Januari 2034, ketika asteroid melintas dalam jarak 9 juta mil (14,5 juta km) dari planet kita, atau jauh lebih jauh daripada pendekatan yang akan datang.

Asteroid dianggap sebagai objek dekat Bumi istilah yang diberikan untuk asteroid dan komet yang mengorbit dalam 1,3 unit astronomi matahari. (Satuan astronomi adalah jarak antara Bumi dan matahari, sekitar 93 juta mil, atau 149,6 juta km.)

NASA memantau puluhan ribu objek ini, memprediksi lintasan masing-masing objek dari hari ini hingga ratusan tahun ke depan. Saat ini, para astronom tidak berpikir bahwa ada objek dekat Bumi yang menjadi ancaman bagi Bumi.

Namun, para ilmuwan ingin bersiap-siap jika lintasan asteroid dekat Bumi tiba-tiba berubah setelah insiden tak terduga - katakanlah, satu asteroid dekat Bumi bertabrakan dengan yang lain dan menghujani potongan besar puing di seluruh tata surya.

NASA saat ini sedang menguji apakah asteroid besar dapat terlempar keluar jalur dengan menabrakkan roket ke dalamnya.

Pada November 2021, NASA meluncurkan pesawat ruang angkasa yang membelokkan asteroid yang disebut Double Asteroid Redirection Test (DART), yang akan menghantam asteroid Dimorphos selebar 530 kaki (160 m) pada musim gugur 2022. Tabrakan itu tidak akan menghancurkan asteroid. asteroid, tetapi itu dapat mengubah jalur orbit batu sedikit, Live Science melaporkan sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement