Advertisement

Berada di Jabodetabek dan Batam, Kemenkominfo Bangun Pusat Data Nasional

Rahmi Yati
Jum'at, 23 September 2022 - 01:37 WIB
Sirojul Khafid
Berada di Jabodetabek dan Batam, Kemenkominfo Bangun Pusat Data Nasional Ilustrasi pusat data. - DAIMLER

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan segera membangun Pusat Data Nasional (PDN) di wilayah Jabodetabek dan Batam, Kepulauan Riau. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengatakan pembangunan pusat data ini merupakan yang pertama di Indonesia.

"Dalam waktu yang tidak lama lagi, pemerintah akan memulai pembangunan Pusat Data Nasional atau government cloud," kata Johnny dikutip dari akun YouTube Kemenkominfo, Kamis (22/9/2022).

Advertisement

Dia menyebut pemerintah telah memiliki lahan di dua daerah tersebut untuk menjadi lokasi pembangunan PDN. Nantinya, Kemenkominfo akan membangun pusat data yang memiliki standar tertinggi pada standar global yakni tier IV dan tidak akan terputus saluran listriknya.

BACA JUGA: Lubang di Lapisan Ozon Bumi Segera Tertutup

"Tier IV adalah standar tertinggi pusat data agar secara aman dan optimal dapat mendukung kebutuhan infrastruktur digital bagi pelaksanaan electronic government dan Satu Data Indonesia," ujar dia.

Menkominfo menambahkan, selain di Jabodetabek dan Batam, PDN juga akan dibangun di dua tempat lainnya yakni di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Labuan Bajo. Dengan begitu, total akan ada empat PDN di Tanah Air.

"Kami harapkan juga dapat segera menyusul untuk proses pembangunannya," imbuh Johnny.

Adapun dikutip dari laman Direktorat Jenderal Aplikasi Informatikan Kemenkominfo, fasilitas PDN ini dibangun untuk mendukung pelayanan publik yang efisien, efektif serta transparan.

PDN pertama dibangun di Jabodetabek, tepatnya di Kawasan Deltamas Industrial Estate. Pemilihan wilayah ini disebut karena jadi kawasan pusat pemerintahan saat ini.

BACA JUGA: Update Terbaru Windows 11, Ini Deretan Fitur Canggihnya

PDN kedua dibangun di Batam, yaitu di kawasan Nongsa Digital Park. Kawasan ini dipilih karena dinilai sudah memiliki infrastuktur yang mampu menghubungkan wilayah tersebut dan sekitarnya ke kawasan Barat Indonesia.

Selanjutnya, PDN ketiga akan dibangun di Balikpapan, Kalimantan Timur guna mendukung pusat pemerintahan baru. Terakhir, PDN keempat akan dibangun di Labuban Bajo untuk menghubungkan Indonesia bagian barat dengan timur.

Pemilihan lokasi pusat data yang berbeda-beda ini dilatarbelakangi kebutuhan untuk menghubungkan antarwilayah layanan pemerintah. Nantinya, perihal koneksi antar PDN akan ditopang oleh jaringan Palapa Ring.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Digelontor Danais Rp2,57 Miliar, 4 Kalurahan di Menoreh Ini Bakal Bangun Instalasi Air Bersih

Kulonprogo
| Jum'at, 19 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement