HomeTekno

Ponsel Premium 1,7 Kali Lebih Cepat dari Ponsel Kelas Bawah dalam Hal Pengunduhan?

Oleh:Leo Dwi Jatmiko
08 Agustus 2019 - 13:57 WIB

Model memperlihatkan smartphone premium terbaru Galaxy S10 saat diluncurkan di Jakarta, Rabu (6/3/2019). - Bisnis/Dedi Gunawan

Harianjogja.com, JAKARTA - Kecepatan unduh rata-rata ponsel kelas premium di jaringan seluler Indonesia 1,7 kali lebih cepat dibanding gawai kelas menengah dan kelas bawah. Hal tersebut disampaikan Opensignal, sebuah perusahaan swasta yang mengkhususkan diri dalam pemetaan cakupan nirkabel. 

Riset Opensignal pada Agustus 2019, melibatkan lebih dari 23,25 juta perangkat dan digelar di 40 negara selama April—Juni 2019.

Hasilnya, pengguna ponsel berteknologi jaringan tercanggih di Indonesia memiliki kecepatan unduh dua kali lebih cepat dibandingkan dengan ponsel dengan teknologi jaringan terendah.

Di sisi lain, kecepatan unduh yang dirasakan oleh pengguna ponsel dengan teknologi terendah dan pengguna ponsel kelas menengah hanya berbeda tipis yaitu 1,1 kali lipat lebih cepat.

Opensignal menyatakan perbedaan yang tipis ini menunjukkan bahwa teknologi radio terbaru yang dipasang operator seluler di infrastruktur seluler hanya dinikmati langsung oleh pemilik ponsel paling premium.

PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto mengatakan, teknologi membuat gawai di kelas premium lebih cepat dibandingkan dengan kelas lainnya.

Kelas premium, kata Aryo, telah dilengkapi platform mesin yang lebih canggih. Misal, gawai dengan harga Rp10 jutaan, menggunakan cipset Snapdragon 855, sedangkan gawai kelas menengah hanya menggunakan teknologi yang lebih rendah sehingga lebih murah.

Di samping itu, lanjutnya, gawai premium juga memberikan fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh kelas menengah dan bawah, sehingga jaringan seluler menjadi lebih baik.

“Misalnya di gawai premium itu sudah ada 4G Plus, LAA, Volte. jadi ketika operator mengaktifkan teknologi tersebut, langsung terhubung,” kata Aryo kepada Bisnis.com, Rabu (7/8/2029).

Aryo menambahkan, selain teknologi faktor lain yang mempengaruhi kecepatan rata-rata unduh dan unggah gawai adalah jaringan milik operator seluler.

Aryo menduga, salah satu alasan gawai kelas menengah kalah cepat dibandingkan dengan gawai kelas premium pada laporan Opensignal, karena persebaran gawai kelas menengah dan bawah cederung pada daerah rural atau perdesaan, sedangkan gawai kelas premium kemungkinan berada di daerah perkotaan.

Dia mengatakan, dibandingkan dengan daerah perkotaan seperti Jakarta, kualitas jaringan di rural atau pelosok kurang bagus.

“Saya bisa memprediksi gawai premium ada di first layer city yang di sana jaringannya jarang ngelag, sedangkan kelas menengah persebarannya di second layer atau last layer city,” kata Aryo.

Untuk di dua kelas ponsel yang lain, Aryo mengatakan bahwa teknologi yang digunakan oleh kelas menengah dan kelas bawah tidak jauh berbeda. Perbedaan keduanya hanya terdapat pada aksesori seperti kamera dan baterai.

“Tidak begitu signifikan perbedaan antara kelas menengah dan kelas paling bawah, jadi itu menyebabkan latensinya tidak terlalu tinggi,” kata Aryo.

Sumber: bisnis.com Tag: gadget Editor: Bernadheta Dian Saraswati

Artikel Terkait
Preorder di Indonesia, Ponsel Lipat Samsung Galaxy Fold Terjual Habis Dalam 31 Menit 1 year ago
Selain Indonesia, Negara-Negara Ini Juga Terapkan IMEI untuk Batasi Gawai Ilegal 1 year ago
Masyarakat Indonesia Tak Menggunakan Gadget Sebagai Sumber Utama Menonton Video 1 year ago
Smartphone Layar Lipat Huawei Mate X Resmi Beredar, Ini Spesifikasi dan Harganya 1 year ago
Samsung Galaxy Tab A 2019 Diklaim Ramah Anak, Ini Alasannya 1 year ago

Berita Pilihan

Gara-Gara Tagar Instagram Down, Warganet Ramai-Ramai Kabur ke Twitter Koneksi Internetnya Dikeluhkan, Begini Jawaban Indihome Warganet Keluhkan Jaringan Indihome Down, Ganggu Kuliah Online dan WFH Selain LG, Ponsel Ini Lebih Dahulu Hengkang dari Indonesia Akunnya Diblokir, Trump Dikabarkan Akan Bikin Media Sosial Sendiri
Berita Terbaru
Di Google Ada Fitur yang Ingatkan Pengguna Tak Main HP Saat Berjalan  19 hours ago
Kelangkaan Material, Apple Tunda Produksi iPad dan MacBook 1 day ago
Muncul Anomali, NASA Tunda Penerbangan Helikopter Pertama di Mars 1 day ago
Google Setop Aplikasi Belanja 1 day ago
Sistem iOS Diadopsi Lebih dari 90 Persen Pengguna 2 days ago

Terpopuler

Microsoft : Mayoritas Komputer ber-Software Bajakan Terinfeksi Malware Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi Galaxy Note 9 K Touch Lotus II Dibanderol Murah FOTO SELFIE : Ada 'Museum Selfie' di Tumblr Galaxy S5 Kemungkinan Chasisnya Dari Alumunium
Begini Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi 2 days ago
Harga dan Kestabilan Jaringan Bikin 5G Belum Bisa Saingi Internet Rumah 4 days ago
Gara-Gara Tagar Instagram Down, Warganet Ramai-Ramai Kabur ke Twitter 5 days ago
Oppo dan Vivo Bakal Keluarkan Ponsel Lipat Tahun Ini 5 days ago
Koneksi Internetnya Dikeluhkan, Begini Jawaban Indihome 6 days ago