Tekno

Ponsel Premium 1,7 Kali Lebih Cepat dari Ponsel Kelas Bawah dalam Hal Pengunduhan?

Penulis: Leo Dwi Jatmiko
Tanggal: 08 Agustus 2019 - 13:57 WIB
Model memperlihatkan smartphone premium terbaru Galaxy S10 saat diluncurkan di Jakarta, Rabu (6/3/2019). - Bisnis/Dedi Gunawan

Harianjogja.com, JAKARTA - Kecepatan unduh rata-rata ponsel kelas premium di jaringan seluler Indonesia 1,7 kali lebih cepat dibanding gawai kelas menengah dan kelas bawah. Hal tersebut disampaikan Opensignal, sebuah perusahaan swasta yang mengkhususkan diri dalam pemetaan cakupan nirkabel. 

Riset Opensignal pada Agustus 2019, melibatkan lebih dari 23,25 juta perangkat dan digelar di 40 negara selama April—Juni 2019.

Hasilnya, pengguna ponsel berteknologi jaringan tercanggih di Indonesia memiliki kecepatan unduh dua kali lebih cepat dibandingkan dengan ponsel dengan teknologi jaringan terendah.

Di sisi lain, kecepatan unduh yang dirasakan oleh pengguna ponsel dengan teknologi terendah dan pengguna ponsel kelas menengah hanya berbeda tipis yaitu 1,1 kali lipat lebih cepat.

Opensignal menyatakan perbedaan yang tipis ini menunjukkan bahwa teknologi radio terbaru yang dipasang operator seluler di infrastruktur seluler hanya dinikmati langsung oleh pemilik ponsel paling premium.

PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto mengatakan, teknologi membuat gawai di kelas premium lebih cepat dibandingkan dengan kelas lainnya.

Kelas premium, kata Aryo, telah dilengkapi platform mesin yang lebih canggih. Misal, gawai dengan harga Rp10 jutaan, menggunakan cipset Snapdragon 855, sedangkan gawai kelas menengah hanya menggunakan teknologi yang lebih rendah sehingga lebih murah.

Di samping itu, lanjutnya, gawai premium juga memberikan fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh kelas menengah dan bawah, sehingga jaringan seluler menjadi lebih baik.

“Misalnya di gawai premium itu sudah ada 4G Plus, LAA, Volte. jadi ketika operator mengaktifkan teknologi tersebut, langsung terhubung,” kata Aryo kepada Bisnis.com, Rabu (7/8/2029).

Aryo menambahkan, selain teknologi faktor lain yang mempengaruhi kecepatan rata-rata unduh dan unggah gawai adalah jaringan milik operator seluler.

Aryo menduga, salah satu alasan gawai kelas menengah kalah cepat dibandingkan dengan gawai kelas premium pada laporan Opensignal, karena persebaran gawai kelas menengah dan bawah cederung pada daerah rural atau perdesaan, sedangkan gawai kelas premium kemungkinan berada di daerah perkotaan.

Dia mengatakan, dibandingkan dengan daerah perkotaan seperti Jakarta, kualitas jaringan di rural atau pelosok kurang bagus.

“Saya bisa memprediksi gawai premium ada di first layer city yang di sana jaringannya jarang ngelag, sedangkan kelas menengah persebarannya di second layer atau last layer city,” kata Aryo.

Untuk di dua kelas ponsel yang lain, Aryo mengatakan bahwa teknologi yang digunakan oleh kelas menengah dan kelas bawah tidak jauh berbeda. Perbedaan keduanya hanya terdapat pada aksesori seperti kamera dan baterai.

“Tidak begitu signifikan perbedaan antara kelas menengah dan kelas paling bawah, jadi itu menyebabkan latensinya tidak terlalu tinggi,” kata Aryo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Berita Terkait

Viral Gawai Berharga Murah, Jangan Mudah Tergiur, Simak Tips Ini Sebelum Beli
Sedang Asyik Main Sepak Bola, Ponsel Milik Tiga Anak Digondol Maling
Hadir di Indonesia, Galaxy Tab A9 Edisi Anak-Anak Hadir dengan Pilihan Dua Ukuran Layar
Daftar HP yang Tak Bisa Pakai WhatsApp per Oktober 2023, iPhone hingga Android

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Simak Agenda IMI 2024, Ada Kejurnas Mandalika Racing Series
  2. Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek Janji Terus Masifkan Lagu Anak
  3. Jumlah Peminat Meningkat, Kuota SNBP ISI Solo Sudah Terisi 96% 
  4. Cara Memperpanjang SIM Online dengan Aplikasi Signal, Praktis

Berita Terbaru Lainnya

Selama Ramadan, Trafik Layanan Data Indosat Diprediksi Meningkat 14 Persen
Xiaomi 14 Pakai Lensa Leica Resmi Masuk Indonesia, Cek Harganya
Xiaomi Perkenalkan Jam Tangan Pinta Terbaru, Intip Spesifikasinya
5 Ponsel dengan Harga di Bawah Rp5 jutaan untuk Lebaran
Vietnam Berpotensi Jadi Naga di Bidang Kecerdasan Buatan
Waspada! Aksi Penipuan Melalui Pembajakan SIM Ponsel Mulai Marak Lagi
Perjalanan Jauh Menggunakan Motor, Ini Rekomendasinya
Xiaomi Buds 5 Siap Dirilis, Sudah Kantongi Sertifikasi
Huawei Luncurkan MateBook Baru, Dibanderol Hampir Rp9 Juta
J-na, Penyiar Berita Bertenaga AI yang Debut di YouTube Jeju Weekly Korea Selatan