HomeTekno

Samsung Galaxy Tab A 2019 Diklaim Ramah Anak, Ini Alasannya

Oleh:Mia Chitra Dinisari
31 Oktober 2019 - 11:07 WIB

Galaxy Tab A 2019 - istimewa

Harianjogja.com, JAKARTA - Samsung meluncurkan tablet teranyarnya yang diklaim ramah anak, yakni Samsung Galaxy Tab A 2019 8 inci dengan harga Rp. 1.999.000. Tablet teranyar besutan Samsung ini memiliki fitur esensial yang membuat proses belajar di sekolah dan di rumah menjadi lebih menyenangkan dan ramah anak.

Galaxy Tab A 2019 8 inci dengan spesifikasi chipset Snapdragon 429, layar jernih 16:10, dan dual speaker sangat cukup untuk memutar aplikasi belajar yang menarik secara visual dan audio, mengajak anak didik berimajinasi, dan mudah mengerti. 

“Belajar dengan Galaxy Tab A 2019 8 inci menjadi solusi bagi anak didik, guru, dan kemajuan pendidikan di Indonesia. Mobilitas para pendidik tentunya cukup tinggi saat mengajar dan keseharian. Anak didik sangat lekat dengan gawai dan lebih mudah belajar melalui visual maupun audio. Bagi keduanya, menyimpan buku elektronik dalam perangkat tablet akan lebih ringan, mudah, dan terjangkau, dibanding membeli buku tulis dan wajib yang jumlahnya banyak. Galaxy Tab A 2019 8 inci dihadirkan dengan fitur Samsung One UI membantu guru dan anak didik menjalankan proses belajar lebih menyenangkan dan efektif,” jelas Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia dalam siaran persnya.

“Samsung Smart Learning Class merupakan konsep kelas digital untuk sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Kami terbuka bagi sekolah hingga perguruan tinggi di Indonesia untuk mengadopsi konsep kelas digital ini. Untuk menunjang konten kurikulum sekolah yang menyenangkan, kami bekerja sama dengan PesonaEdu untuk menghadirkan materi pelajaran yang menarik dan mudah dimengerti untuk anak didik yang belajar di Samsung Smart Learning Class,” tambah Ennita.   

Samsung Smart Learning Class, sebuah ruang kelas berbasis ICT (Information and Communication Technology) hadir untuk meningkatkan efektivitas kegiatan belajar karena dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan mendorong keingintahuan bagi siswa, serta membantu guru, mulai dari mencari materi ajar, maupun untuk dijadikan alat peraga yang lebih interaktif dan berkualitas.

Samsung Smart Learning Class terdiri dari bebeberapa konten, yaitu:

Perangkat

Samsung memberikan berbagai produk yang dapat digunakan secara fungsional seperti Galaxy Tab, Samsung Galaxy Smartphone, Samsung Smart TV, Samsung AC, Samsung Flip, dan WLAN (Access Point).

Materi Pembelajaran

Samsung bermitra dengan beberapa partner untuk membuat kurikulum sehingga memudahkan para murid untuk mempelajari pelajaran dengan metode yang berbeda, yaitu: PesonaEdu untuk buku digital interaktif, IJakarta dan Perpustakaan Nasional untuk e-Library.

Learning Management System

Bermitra dengan myscool, Samsung memanfaatkan fitur Samsung KNOX untuk membangun Samsung Interactive Classroom. Sebuah aplikasi pembelajaran digital di mana guru dapat mengontrol apa saja yang akan disampaikan kepada murid, mulai dari penggunaan, tombol, hingga pembatasan materi yang akan disampaikan.

The Asian Parent Insight bersama Samsung Kidstime melakukan sebuah riset mengenai penggunaan ponsel pada anak, dan dari riset tersebut menyebutkan 96% orang tua berharap gawai yang digunakan anak-anak mereka memiliki sistem kontrol yang membantu mereka untuk memantau anak-anaknya. Sebanyak 74% ingin membatasi waktu penggunaan gawai dan kemampuan memonitor penggunaannya.

Walau penggunaan gawai sebagai salah satu perangkat teknologi sudah menjadi keseharian anak didik yang merupakan generasi Z di Indonesia, namun kekhawatiran orang tua akan kemudahan akses yang mengarah pada konten-konten yang tidak sesuai usia anak-anak juga masih tinggi. Samsung memperkenalkan Galaxy Tab A 2019 8 inci generasi terbarunya yang ramah anak dillengkapi fitur Kids Home yang sudah diperbaharui di perangkat ini.

Fitur Kids Home menyediakan ruang khusus bagi anak-anak untuk bereksplorasi menggunakan gawai, namun tetap bisa disupervisi oleh orang tuanya dan memiliki pengaturan batas waktu penggunaan. Galaxy Tab A yang berukuran 8 inci ini diperhitungkan sangat cukup untuk mengakomodasi kebutuhan gawai anak-anak, baik dari sisi dimensi, kapasitas, dan fitur keamanannya.

“Sejak awal 2018, dalam program SSLC, PesonaEdu Integration mengembangkan model pembelajaran di era digital agar pemanfaatan perangkat dan teknologi bisa meningkatkan kreativitas guru dan peserta didik mencapai tujuan pembelajaran. PesonaEdu membenamkan materi belajar interaktif di Galaxy Tab yang digunakan untuk Samsung Smart Learning Class di sembilan sekolah di Indonesia. Galaxy Tab A 2019 dengan layar 8 inci yang jernih, seukuran buku, dan fitur-fitur yang mendukung materi baca, animasi, audio narasi, dan berbagai fitur interaktif di dalam PesonaEdu, ditambah fitur ramah anak akan membuat belajar semakin menyenangkan dan aman. Anak didik sudah sejak lahir kenal dengan gadget. Ini merupakan peluang bagi pendidik dan orang tua untuk membimbing mereka sejak dini memilih informasi baik yang sesuai dengan kebutuhan tumbuh kembang anak, karena teknologi akan menjadi dunia masa depan mereka,” ujar Maria Widyati, Direktur PesonaEdu Integration.

Samsung Galaxy Tab A 2019 8 inci yang siap menjadi teman anak didik dan guru dalam belajar tersedia di setiap Samsung Store, Samsung.com, dan toko online kesayangan konsumen seharga Rp. 1.999.000. Samsung membuka kesempatan bagi sekolah hingga perguruan tinggi yang ingin mengadopsi Samsung Smart Learning Class dengan menghubungi Samsung Corporate Citizenship, melalui thesa.anggi@samsung.com.  

Spesifikasi Galaxy Tab A 2019

Sumber: Bisnis.com Tag: gadget Editor: Nina Atmasari

Artikel Terkait
Preorder di Indonesia, Ponsel Lipat Samsung Galaxy Fold Terjual Habis Dalam 31 Menit 1 year ago
Selain Indonesia, Negara-Negara Ini Juga Terapkan IMEI untuk Batasi Gawai Ilegal 1 year ago
Masyarakat Indonesia Tak Menggunakan Gadget Sebagai Sumber Utama Menonton Video 1 year ago
Smartphone Layar Lipat Huawei Mate X Resmi Beredar, Ini Spesifikasi dan Harganya 1 year ago
Ponsel Premium 1,7 Kali Lebih Cepat dari Ponsel Kelas Bawah dalam Hal Pengunduhan? 1 year ago

Berita Pilihan

Dapat Pesanan 5 Unit, PT DI Siap Produksi Pesawat N219 Mulai 2021 Dalam Sebulan, Kominfo Blokir 3.000 Situs Porno Gojek Bagikan Resep Sukses Bisnis, UMKM Makin Mantap Kembangkan Usaha di 2021 Bukan Cuma Smartphone, Ini Produk Canggih Xiaomi yang Perlu Kamu Tahu Status dari Whatsapp Jadi Trending Topic, Warganet: Berarti Whatsapp Nyimpen Nomorku
Berita Terbaru
DPR Minta Pemerintah Tegas Facebook dan Google, Ini Alasannya 3 hours ago
Diduga Langgar Privasi Pengguna, TikTok Bayar Rp1,30 Triliun 3 hours ago
Microsoft Bikin Pusat Data di Indonesia, Ini Komentar Pakar 7 hours ago
Sony Siapkan Perangkat VR untuk PlayStation 5 15 hours ago
Microsoft Ingin Bangun Pusat Data di Indonesia 15 hours ago

Terpopuler

Microsoft : Mayoritas Komputer ber-Software Bajakan Terinfeksi Malware Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi Galaxy Note 9 K Touch Lotus II Dibanderol Murah FOTO SELFIE : Ada 'Museum Selfie' di Tumblr Galaxy S5 Kemungkinan Chasisnya Dari Alumunium
Whatsapp Harus Diupdate, Ini Dampaknya Jika Tidak 2 days ago
Informasi Gangguan Makan Bisa Diakses di Instagram 2 days ago
Kelebihan Redmi 9T Dibanding Pesaingnya 3 days ago
Menangi Gugatan, Nintendo Rebut Kembali Merek Super Mario Bros dari Perusahaan Indonesia 4 days ago
Tesla Bangun Pabrik di India, Indonesia Tak Kendurkan Lobi 4 days ago