HomeTekno

Kemenkominfo Incar Pajak dari Netflix dan Sportify

Oleh:Leo Dwi Jatmiko
26 Desember 2019 - 04:27 WIB

Netflix - Istimewa

Harianjogja.com, JAKARTA - Penyedia layanan video streaming Netflix dan penyedia layanan musik streaming Spotify kembali disorot Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Pemerintah ingin kedua aplikasi tersebut membayar pajak.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan bahwa perpajakan untuk perusahaan dari luar negeri, termasuk aplikasi Netflix dan Spotify sedang disusun dalam undang-undang Omnibus Law.

Dia menuturkan bahwa setiap pendapatan yang dibukukan dari sebuah negara, ada pajak yang harus dibayarkan. Kedua aplikasi tersebut memperoleh pendapatan dari layanan yang diberikan kepada masyarakat.

“Pembayar pajak itu melanggar UU jika tidak bayar, orang dalam negeri atau luar negeri pasti ada sanksinya,” kata Johnny di Jakarta, Rabu (25/12/2019).

Meski demikian, lanjutnya, perpajakan yang disusun dalam UU omnibus Law tidak akan membebani perusahaan luar. Kebijakan perpajakan dalam UU adalah kebijakan yang ramah terhadap investasi dan membuka lapangan kerja yang makin besar.

Dia mengatakan bahwa UU Omnibus Law akan mengatur kewajiban dan hak-hak membayar pajak lintas negara baik warga Indonesia di luar negeri, maupun warga asing di Indonesia.

“Hingga saat ini masih dibahas Omnibus Law, kita harapkan segera masuk ke DPR dan bisa disahkan segera sehingga payung hukum segera itu,” kata Johnny.

Tag: pajak Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
Cek Pajak Kendaraan via SMS 4 days ago
Begini Perhitungan Pajak UMKM Sesuai Aturan Terbaru 4 days ago
Jogja Targetkan Rp97 Miliar dari Pajak PBB 2022 5 days ago
Dilanjutkan, Ini Skema Insentif Terbaru Pajak Kendaraan Bermotor 6 days ago
Baru 15 Hari Tax Amnesty Jilid II, Rp443 Miliar Harta Luar Negeri Masuk Indonesia 1 week ago

Berita Pilihan

Begini Cara Meningkatkan Sinyal WiFi Mau Bikin Kartu Ucapan Tahun Baru? Ini Caranya Ini Cara Maksimalkan WhatsApp Bisnis Anda untuk Jualan Aplikasi Kompres Video Ini Cocok Anda Gunakan Fitur Video dan Pesan Jadi Fokus Instagram di 2022
Berita Terbaru
Ubah Nomor Ponsel di WhatsApp, Ini Caranya 11 hours ago
Bluetooth Laptop Tidak Terdeteksi, Lakukan Hal Ini 13 hours ago
Ini Cara Kontrol Anak dengan Aktifkan Family Pairing di TikTok 13 hours ago
Kamera iPhone 15 Tengah Diuji 1 day ago
Baterai Ponsel Cepat Habis! Cek Hal Ini 1 day ago

Terpopuler

Microsoft : Mayoritas Komputer ber-Software Bajakan Terinfeksi Malware Ini 13 Selebriti Pemegang Tiket Ke Luar Angkasa Ketagihan Menonton Instagram Story Bisa Berdampak pada Kesehatan Mental Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi Galaxy Note 9 K Touch Lotus II Dibanderol Murah
Anti Ribet, Kirim Uang ke Luar Negeri Pakai Aplikasi Ini 1 day ago
Tips Beli Laptop Seken 1 day ago
Tak Perlu Hapus, Ini Cara Sembunyikan Foto di Instagram 1 day ago
Opera Sediakan Browser Khusus Crypto 2 days ago
Simak Daftar Harga HP Vivo Terbaru dan Terlengkap Tahun 2022 2 days ago