Tekno

Status dari Whatsapp Jadi Trending Topic, Warganet: Berarti Whatsapp Nyimpen Nomorku

Penulis: Nina Atmasari
Tanggal: 29 Januari 2021 - 12:47 WIB
Ilustrasi. - Freepik

Harianjogja.com, JOGJA- Sebuah gebrakan baru dikeluarkan aplikasi perpesanan WhatsApp. Aplikasi milik Facebook ini membagikan informasi terkait pembaruan dan fitur baru, melalui Status yang muncul dalam menu Status di aplikasi Whatsapp.

Jadi, setiap pengguna whatsapp bisa melihat pesan ini dari aplikasi mereka masing-masing.

Status pertama dari Whatsapp muncul pada Jumat (29/1/2021) dan langsung membuat heboh. Status ini pun menjadi pembicaraan warganet pengguna media sosial, termasuk Twitter.

Bahkan tagar #WhatsApp menduduki trending topic Twitter Indonesia dengan jumlah cuitan sebanyak lebih dari 24.500 tweet.

Baca juga: Heboh Whatsapp Bikin Status, Tegaskan Tidak Bisa Melihat Isi Chat Penggunanya

Lewat cuitan tersebut, beberapa warganet mengaku kaget karena menemukan Status yang dibuat oleh layanan milik Facebook tersebut.

Warganet menilai bahwa WhatsApp seolah mencoba menjelaskan kembali kedudukannya sebagai aplikasi perpesanan yang aman dan upaya untuk mempertahankan jumlah pengguna.

"#WhatsApp begitu karena ia takut ditinggal pas lagi disayang, cuma karena salah paham. Jadi ini tuh kayak bentuk 'dengerin dulu, ini penjelasan aku' gitu gaes. Jelasnya, dia masih ingin bertahan bersamamu, menemani kamu, jadi yang paling kamu sayang (lagi). Curhat dah hahaha," tulis akun @tentusajaita.

Baca juga: Google Izinkan Aplikasi Judi di 15 Negara

Warganet pun merasa bahagia bisa melihat status dari Whatsapp tersebut. Sebab selama ini, status di Whatsapp hanya bisa dilihat oleh nomor lain yang saling menyimpan nomor masing-masing. Warganet pun merasa senang karena merasa Whatsapp menyimpan nomor ponsel mereka.

"#WhatsApp auto kaget dong whatsapp bikin story, berarti dia nyimpen nomor ku dong. Aaaaaaa." tulis @WindiIma.

Namun, ada pula yang menjadi kurang nyaman dengan pengiriman status tersebut.

Seperti ditulis akun @dwi_prasetyoo. "#WhatsApp #WhatsappStatus ganggu banget. Gak bisa di sembunyikan atau diblokir. Berasa ky dimata matain kalo kek gini,".

Sebelumnya, ada empat unggahan dalam status tersebut. Status pertama, WhatsApp memberitahukan akan membagikan informasi kepada publik jika terdapat fitur baru pada aplikasinya.

"WhatsApp sekarang membagikan informasi di Status. Di sini Anda dapat mengetahui informasi dan fitur baru," tulis WhatsApp pada status pertamanya.

Di status selanjutnya WhatsApp mengumumkan bahwa aplikasi tersebut berkomitmen untuk menjaga privasi. "Satu hal yang tidak baru adalah komitmen kami terhadap privasi Anda. WhatsApp.com/privacy" ujarnya pada status selanjutnya.

Status ketiga WhatsApp menjelaskan bahwa ia tak dapat membaca atau mendengarkan percakapan pengguna.

"WhatsApp tidak dapat membaca atau mendengarkan percakapan pribadi Anda karena percakapan tersebut terenkripsi secara end-to-end. WhatsApp.com/privacy" tulisnya pada status ketiga.

Terakhir, Whatsapp menutup statusnya dengan kalimat "Nantikan informasi terbaru lainnya dari kami,".

Sebellumnya, diberitakan WhatsApp akhirnya menunda kebijakan privasi terbarunya yang memicu kontroversi. Kebijakan privasi yang seharusnya berlaku mulai 8 Februari 2020 itu ditunda setelah sukses meresahkan dan membuat pengguna layanan pesan instan itu kabur ke Telegram dan Signal.

Pernyataan resmi pada Sabtu (16/1/2021) menyebutkan bahwa pembaruan kebijakan privasi akan ditunda sampai 15 Mei 2021.

"WhatsApp mendapati banyak penggunanya yang merasa kebingungan karena pembaruan kebijakan privasi. WhatsApp juga mendapati banyak disinformasi yang beredar sehingga menimbulkan keresahan bagi para pengguna. Oleh karena itu, WhatsApp memutuskan untuk memberikan perpanjangan waktu untuk pengguna meninjau dan menerima pembaruan ini hingga tanggal 15 Mei 2021." tulis WhatsApp dalam pernyataan tersebut.

WhatsApp juga menyatakan tidak akan ada akun pengguna yang dihapus pada tanggal 8 Februari 2021. Dalam periode ini, WhatsApp juga akan terus berupaya meluruskan disinformasi yang beredar, agar penggunanya memahami dengan jelas terkait pembaruan kebijakan privasi ini.

Selain itu, disebutkan juga bahwa kebijakan privasi WhatsApp yang baru tidak memengaruhi chat atau percakapan antar akun maupun grup pribadi para pengguna kami. Pembaruan kebijakan privasi ini hanya berlaku untuk percakapan dengan akun Bisnis yang menggunakan WhatsApp Business API dan memilih provider hosting di luar WhatsApp.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Kini WhatsApp Bisa Bikin Pesanmu Terlihat Lebih Rapi dengan 4 Opsi Format Teks Ini
Whatsapp Bakal Sinkronisasi Kunci Percakapan untuk Semua Perangkat
Hati-Hati! Beredar Akun Whatsapp Palsu Menyaru Caleg PKB Bantul
WhatsApp Uji Coba Format Teks Baru untuk Android dan iOS, Begini Cara Kerjanya

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. 5 Kepala OPD Dilantik, Gibran: Sudah Izin Pemerintah Pusat
  2. Wah, Apple Incar Solo jadi AI Center
  3. Bandara Adi Soemarmo Layani 68.804 Penumpang selama Lebaran 2024
  4. Okupansi Hotel di Boyolali Naik saat Libur Lebaran, Terisi 100% selama 3 Hari

Berita Terbaru Lainnya

Meta Tutup Akses Threads di Turki, Ini Permasalahannya
Masuk Indonesia, Ini Hasil Uji Kecepatan Starlink Vs Internet Lokal
TikTok Berencana Pakai Influencer AI untuk Promosikan Produk
Cerita Apple Hadapi Gugatan Biaya App Store Senilai Rp16 Triliun
Banyak Foto saat Lebaran? Simpan di Cloud Saja Biar Ponsel Tidak Penuh
BYD Siap Kenalkan Baterai 1.000 Km Generasi Kedua
Jual Kembali Layanan Internet Rumah Ilegal Makin Marak, Mayoritas di Perumahan dan Rusun
GPT-4 Buatan OpenAI Dilatih Menggunakan Video dari Youtube
Tips Terhindar dari Penipuan Online versi Blibli
Selama Ramadan, Trafik Layanan Data Indosat Diprediksi Meningkat 14 Persen