HomeTekno

Menangi Gugatan, Nintendo Rebut Kembali Merek Super Mario Bros dari Perusahaan Indonesia

Oleh:Edi Suwiknyo
22 Februari 2021 - 13:17 WIB

Tampilan game Super Mario Run untuk iPhone - Antara

Harianjogja.com, JAKARTA -- Perusahaan gim asal Jepang, Nintendo Co Ltd, memenangi gugatan sengketa merek dagang Super Mario Bros di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

Nintendo menggugat tiga pihak sekaligus yakni PT Cardolestari Indonesia, Eddy Tumewu, serta Direktorat Merek Ditjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), terkait dengan penggunaan merek video gim legendaris tersebut.

Gugatan itu dilayangkan menyusul penggunaan dan pendaftaran merek dagang Super Mario Bros oleh PT Cardolestari Indonesia ke Ditjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham.

Dalam amar putusannya, Hakim Tuty Haryati memaparkan berdasarkan pertimbangan dan fakta hukum di persidangan, majelis memutuskan mengabulkan gugatan Nintendo.

Adapun dalam putusan yang dikeluarkan pada 3 Februari 2021 lalu itu, ada tujuh substansi pokok outusan terkait kepemilikan merek tersebut. Pertama, menyatakan bahwa merek Super Mario Bros, karakter Mario dan Luigi dan variannya milik penggugat (Nintendo) adalah merek terkenal.

Kedua, menyatakan bahwa merek Super Mario Bros No. IDM000007313 pada kelas 25 atas nama PT Citradolestari Indonesia memiliki persamaan pada pokoknya atau secara keseluruhan dengan merek terkenal Super Mario Bros, karakter Mario dan Luigi dan variannya milik Nintendo.

Ketiga, Menyatakan bahwa merek Super Mario Bros No. IDM000007313 pada kelas 25 atas nama PT Citradolestari telah diajukan dengan dilandasi iktikad tidak baik.

Keempat, menyatakan batal pendaftaran merek Super Mario Bros No.IDM000007313 pada kelas 25 atas nama PT Citradolestari Indonesia dengan segala akibat hukumnya.

Kelima, memerintahkan Kemenkumham untuk tunduk dan melaksanakan putusan ini. Keenam, memerintahkan Direktorat Merek Kemenkumham untuk mencoret pendaftaran merek Super Mario Bros No. IDM000007313 pada kelas 25 atas nama PT Citradolestari dari Daftar Umum Merek dengan segala akibat hukumnya.

Ketujuh, memerintahkan Panitera Pengadilan Niaga Jakarta Pusat untuk segera menyampaikan salinan putusan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap kepada Direktorat Merek pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kemenkumham.

Kedelapan, menghukum Para tergugat untuk membayar biaya perkara ini yang hingga diputuskan sejumlah Rp2,42 juta.

Dikutip laman resmi Kemenkumham, merek dagang Super Mario Bros telah didaftarkan oleh pihak PT Citradolestari pada 3 Januari 2004 dan mendapatkan perlindungan sampai dengan 3 Januari 2024. 

Adapun Nintendo adalah perusahaan yang berdiri sejak tahun 1889 bergerak pada bidang barang-barang konsumsi elektronik dan perusahaan video gim yang berasal dari Jepang.

Salah satu video gim terlaris milik Nintendo adalah Super Mario Bros yang pertama kali dirilis di Jepang pada tahun 1985 dengan karakter Mario dan Luigi.

Sementara itu, Citradolestari Indonesia diketahui telah menggunakan merek dagang Mario Bros yang didaftarkan ke Ditjen HKI Kemenkumham sejak tahun 2004.

Sumber: JIBI/Bisnis Indonesia Tag: game Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
Sandiaga Uno Jadi Pembina 60 Juta Gamers di Indonesia 1 year ago
PUBG Mobile Upgrade Besar-Besaran, Ini Fitur Baru di Versi 0.16.0 Winter Festival 1 year ago
Game MOBA Masih Diminati di 2020 1 year ago
China Batasi Video Gim demi Lindungi Penglihatan Anak-Anak 1 year ago
PlayStation 5 Dijual Mulai Akhir 2020 1 year ago

Berita Pilihan

Gara-Gara Tagar Instagram Down, Warganet Ramai-Ramai Kabur ke Twitter Koneksi Internetnya Dikeluhkan, Begini Jawaban Indihome Warganet Keluhkan Jaringan Indihome Down, Ganggu Kuliah Online dan WFH Selain LG, Ponsel Ini Lebih Dahulu Hengkang dari Indonesia Akunnya Diblokir, Trump Dikabarkan Akan Bikin Media Sosial Sendiri
Berita Terbaru
Di Google Ada Fitur yang Ingatkan Pengguna Tak Main HP Saat Berjalan  17 hours ago
Kelangkaan Material, Apple Tunda Produksi iPad dan MacBook 1 day ago
Muncul Anomali, NASA Tunda Penerbangan Helikopter Pertama di Mars 1 day ago
Google Setop Aplikasi Belanja 1 day ago
Sistem iOS Diadopsi Lebih dari 90 Persen Pengguna 2 days ago

Terpopuler

Microsoft : Mayoritas Komputer ber-Software Bajakan Terinfeksi Malware Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi Galaxy Note 9 K Touch Lotus II Dibanderol Murah FOTO SELFIE : Ada 'Museum Selfie' di Tumblr Galaxy S5 Kemungkinan Chasisnya Dari Alumunium
Begini Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi 2 days ago
Harga dan Kestabilan Jaringan Bikin 5G Belum Bisa Saingi Internet Rumah 4 days ago
Gara-Gara Tagar Instagram Down, Warganet Ramai-Ramai Kabur ke Twitter 5 days ago
Oppo dan Vivo Bakal Keluarkan Ponsel Lipat Tahun Ini 5 days ago
Koneksi Internetnya Dikeluhkan, Begini Jawaban Indihome 6 days ago