Tekno

Canggih, Bisa Pakai Whatsapp Web tanpa Nyambung ke Ponsel

Penulis: Ni Luh Anggela
Tanggal: 16 Juli 2021 - 12:07 WIB
Ilustrasi penggunaan WhatsApp Web di laptop - Bisnis / Feni Freycinetia

Harianjogja.com, JAKARTA – Selama ini jika menggunakan web WhatsApp di desktop Anda atau perangkat lain,  memerlukan ponsel yang dihidupkan dan terhubung.

Tetapi uji beta baru mencoba dukungan untuk beberapa perangkat tanpa memerlukan ponsel.
 
Melalui laman Twitternya @wcathcart, kepala Whatsapp Will Cathcart mengumumkan bahwa ia sangat bersemangat untuk meluncurkan versi beta dari kemampuan multi-perangkat baru mereka.
 
“Sekarang Anda dapat menggunakan pengalaman desktop atau web kami bahkan ketika ponsel Anda tidak aktif dan terhubung ke internet. Semua diamankan dengan enkripsi ujung ke ujung,” tulisnya.
 
Dilaporkan The Verge, Jumat (16/7/2021), dalam sebuah wawancara bulan Juni, kepala WhatsApp Will Cathcart dan bosnya, CEO Facebook Mark Zuckerberg, mengomentari tantangan teknis dalam mempertahankan enkripsi ujung ke ujung. Dengan posting blog pada 14 Juli lalu, Cathcart menjelaskan lebih lanjut tentang apa yang telah dilakukan di balik layar untuk menjaga keamanan.
 
Mengutip Indian Express, Jumat (16/7/2021), untuk menjaga keamanan dan mengatasi tantangan dari server yang disusupi yang digunakan untuk menguping percakapan pengguna dengan menambahkan perangkat ke akun mereka. Pertama, mereka telah memperluas kode keamanan untuk "sekarang mewakili kombinasi dari semua identitas perangkat seseorang." Jadi kode-kode ini dapat digunakan oleh kontak mereka untuk memverifikasi perangkat tujuan pengiriman pesan.
 
Langkah kedua adalah teknologi yang disebut Verifikasi Perangkat Otomatis, yang akan diluncurkan nanti. Sistem ini memungkinkan perangkat untuk secara otomatis membangun kepercayaan antara satu sama lain dengan cara seseorang perlu membandingkan kode keamanan pengguna lain hanya jika pengguna itu mendaftarkan ulang seluruh akun mereka, daripada setiap kali mereka menautkan perangkat baru ke akun mereka.
 
Pengguna juga akan mendapatkan kontrol dan perlindungan tambahan atas perangkat mana yang ditautkan ke akun mereka. Pertama, setiap orang akan terus diminta untuk menautkan perangkat pendamping baru dengan memindai kode QR dari ponsel mereka. Proses ini sekarang memerlukan autentikasi biometrik sebelum menautkan di mana orang telah mengaktifkan fitur ini pada perangkat yang kompatibel.
 
Terakhir, orang akan dapat melihat semua perangkat pendamping yang ditautkan ke akun mereka serta kapan terakhir digunakan, dan akan dapat keluar dari perangkat tersebut dari jarak jauh jika diperlukan.
 
Sebelumnya, ponsel pengguna mengelola kunci yang menentukan identitas dan kemampuan mereka untuk mengenkripsi atau mendekripsi pesan. Sinkronisasi terenkripsi juga berlaku untuk riwayat pesan, nama kontak, dan data lainnya, dengan kunci dipertahankan pada perangkat individual.
 
Fitur ini belum diluncurkan untuk mereka yang menggunakan versi stabil Whatsapp sehingga Anda mungkin belum dapat menggunakan ini. Perusahaan berencana, untuk memulai,  beta akan diberikan kepada sekelompok penguji terbatas yang sudah berada dalam program beta WhatsApp, sementara tim mengatakan sedang berupaya meningkatkan kinerja dan menambahkan lebih banyak fitur tambahan sebelum secara perlahan meluncurkannya lebih luas. Belum dipastikan apakah semua pengguna Android dan iOS beta akan mendapatkan fitur tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Berita Terkait

Xiaomi Perkenalkan Jam Tangan Pinta Terbaru, Intip Spesifikasinya
Pembeli Mengular & Harga Jual di e-Commerce Naik hingga Rp40 Juta, Ini Kehebatan Fujifilm X100VI
Reaktor Nuklir Korsel Terhubung ke Jaringan Listrik Uni Emirat Arab
Vietnam Berpotensi Jadi Naga di Bidang Kecerdasan Buatan

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Soal Polemik Surat Pengunduran Diri 4 Caleg, Ini Jawaban Ketua DPC PDIP Klaten
  2. Diikuti 1.000 Peserta, Keraton Solo akan menggelar Tradisi Malem Selikuran
  3. Nekat Buat Konten Aniaya Kucing Biar Viral, Dua Warga Jepara Ditangkap Polisi
  4. Jamin Kesehatan Siswa, Yayasan Warga Surakarta Akan Bangun Kantin Sehat

Berita Terbaru Lainnya

Selama Ramadan, Trafik Layanan Data Indosat Diprediksi Meningkat 14 Persen
Xiaomi 14 Pakai Lensa Leica Resmi Masuk Indonesia, Cek Harganya
Xiaomi Perkenalkan Jam Tangan Pinta Terbaru, Intip Spesifikasinya
5 Ponsel dengan Harga di Bawah Rp5 jutaan untuk Lebaran
Vietnam Berpotensi Jadi Naga di Bidang Kecerdasan Buatan
Waspada! Aksi Penipuan Melalui Pembajakan SIM Ponsel Mulai Marak Lagi
Perjalanan Jauh Menggunakan Motor, Ini Rekomendasinya
Xiaomi Buds 5 Siap Dirilis, Sudah Kantongi Sertifikasi
Huawei Luncurkan MateBook Baru, Dibanderol Hampir Rp9 Juta
J-na, Penyiar Berita Bertenaga AI yang Debut di YouTube Jeju Weekly Korea Selatan