HomeTekno

Menpan RB Minta Telkom Kerja Keras untuk Reroute Jaringan

Oleh:Newswire
21 September 2021 - 22:57 WIB

Ilustrasi internet - Bisnis.com

Harianjogja.com, JAKARTA - Telkom mengalami gangguan sistem komunikasi kabel bawah laut. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meminta PT Telkom Indonesia bekerja keras melakukan reroute jaringan telekomunikasi.

Tujuannya, untuk kelancaran tahapan tes seleksi kemampuan dasar (SKD) dalam rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2021.

"Meminta Telkom bekerja keras untuk segera melakukan reroute terhadap jaringan telekomunikasi, sudah dilakukan dan masih berlangsung. Namun dari hasil reroute ternyata belum menghasilkan optimalisasi jaringan," kata Tjahjo dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (21/9/2021).

Untuk mengurangi beban telekomunikasi ke sistem dalam pelaksanaan seleksi CASN, Tjahjo mengatakan fitur face recognition akan dimatikan sementara serta meminimalkan beban streaming Youtube hasil seleksi ke Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Baca juga: Jadi Pengusaha, Kaesang Sebut Duitnya Lebih Banyak dari Jokowi dan Gibran

Pada Minggu (19/9/2021), Telkom mengalami gangguan sistem komunikasi kabel bawah laut yang melalui area Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan ruas Batam-Pontianak. Selain itu, gangguan juga terjadi wilayah Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Gangguan tersebut berdampak pada pelaksanaan tes SKD di sejumlah daerah. BKN mencatat lokasi tes SKD yang terdampak gangguan Telkom di lokasi mandiri BKN Balikpapan ialah di Kejaksaan Agung dan Kementerian Pertanian, serta sejumlah lokasi mandiri instansi daerah.

Sementara itu, Vice President Coorporate Communication Telkom Pujo Pramono mengatakan pihaknya melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam.

Baca juga: Keluarga yang Tidur di Kolong Meja Warung Dapat Bantuan Rp 32 Juta, Begini Kisahnya

Telkom juga menambah kapasitas sejumlah link di sejumlah wilayah, seperti Papua, Kalimantan dan Jawa, serta mengoptimalkan gerbang internasional di Manado.

"Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala," kata Pujo dalam keterangannya, Senin (20/9/2021).

Gangguan layanan fixed broadband dan mobile broadband terjadi di sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera dan Kalimantan (Jasuka) ruas Batam-Pontianak. Titik gangguan tersebut berasal dari sekitar 1,5 kilometer lepas pantai Batam di kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut.

Sumber: Antara Tag: internet Editor: Nina Atmasari

Artikel Terkait
Ibu Kota Baru Langsung Menikmati Layanan 5G 1 year ago
IndoXXI Tegaskan Tak Punya Situs Afiliasi dengan Situs Serupa 1 year ago
Telkom Jelaskan Mengapa Pelanggannya Tak Bisa Akses Netflix 1 year ago
Kemenkominfo Terima Ratusan Ribu Aduan Konten Negatif, Paling Banyak Pornografi 1 year ago
APJII Bidik 20.000 Desa untuk Salurkan Internet 1 year ago

Berita Pilihan

Hoaks Fitur Baru Instagram Bisa Ketahui Siapa yang Kunjungi Profil Kita dalam 24 Jam Terakhir 9 Alasan ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (K513) Cocok untuk WFH dan Pembelajaran Jarak Jauh Microsoft Salip Apple jadi Perusahaan Termahal di Dunia Pesawat Penumpang Nirawak Dikembangkan di Bantul Ini 2 Cara Keluar dari Grup Whatsapp Tanpa Diketahui
Berita Terbaru
Cek Histori di Aplikasi Peduli Lindungi, Bisa Bongkar Perselingkuhan? 3 hours ago
Badai Matahari Bisa Sebabkan Kiamat Internet Berhari-hari 9 hours ago
Ini 10 Pesawat Terlangka di Dunia dan Kecanggihannya 1 day ago
Jangan Sembarangan! Ini Kiat Aman Transaksi Digital 2 days ago
Badai Matahari Diprediksi Hantam Bumi Hari Ini, Apa Dampaknya? 2 days ago

Terpopuler

Microsoft : Mayoritas Komputer ber-Software Bajakan Terinfeksi Malware Ini 13 Selebriti Pemegang Tiket Ke Luar Angkasa Ketagihan Menonton Instagram Story Bisa Berdampak pada Kesehatan Mental Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi Galaxy Note 9 K Touch Lotus II Dibanderol Murah
Ini Peluang Pekerjaan Baru yang Muncul di Sektor e-Commerce 2 days ago
Begini Nasib Siaran TV Digital Setelah UU Cipta Kerja Dinyatakan Inkonstitusional 2 days ago
Hoaks Fitur Baru Instagram Bisa Ketahui Siapa yang Kunjungi Profil Kita dalam 24 Jam Terakhir 2 days ago
Objek Mirip Manusia Salju Tertangkap Radar Teleskop Hubble 2 days ago
Diprediksi 28 November, Waspadai Dampak Badai Matahari untuk Bumi 3 days ago