HomeTekno

GoTo Jadi Ekosistem Digital Pertama Integrasikan PeduliLindungi

Oleh:Farid Firdaus
07 Oktober 2021 - 23:47 WIB

Check-in PeduliLindungi melalui aplikasi Gojek - Istimewa

Harianjogja.com, JAKARTA - GoTo berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia memasang PeduliLindungi di aplikasi Gojek dan Tokopedia.

Melalui kerja sama ini, masyarakat bisa lebih mudah menerapkan protokol kesehatan ketika berkunjung ke lebih dari 10.000 fasilitas umum di berbagai kota di Indonesia dengan mengakses PeduliLindungi melalui kedua aplikasi Gojek dan Tokopedia yang merupakan bagian dari ekosistem GoTo.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyampaikan pentingnya penggunaan PeduliLindungi untuk memperkuat upaya pengendalian Covid-19 sehingga masyarakat diimbau untuk melakukan check-in secara mandiri dengan memindai QR Code PeduliLindungi di fasilitas umum.

“Pelaksanaan contact tracing dengan memanfaatkan teknologi sangat penting untuk dapat mempercepat penanggulangan Covid-19. Saya mengapresiasi dukungan GoTo yang responsif dalam menjadi yang pertama di industri untuk menyediakan akses ke aplikasi PeduliLindungi di Gojek dan Tokopedia," jelas dia dalam keterangan resmi, Kamis (7/9/2021).

Dia menambahkan, kolaborasi dengan GoTo dapat memudahkan partisipasi jutaan pengguna di Indonesia saat harus beraktivitas di tempat umum dengan menerapkan protokol kesehatan. Pihaknya berharap platform digital lain dapat mengikuti langkah GoTo untuk memperkuat pilar deteksi dengan contact tracing.

“Dengan kerja sama ini, seluruh proses verifikasi dan pemrosesan data tetap dilakukan oleh PeduliLindungi. Sehingga, masyarakat tetap merasa aman dan nyaman menggunakan aplikasi apapun untuk mengakses PeduliLindungi," jelasnya.

Saat ini GoTo memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan, lebih dari 11 juta mitra usaha dan UMKM, serta lebih dari 2 juta mitra driver di Asia Tenggara.

Chief Public Policy and Government Relations GoTo Shinto Nugroho menyampaikan, tersedianya PeduliLindungi di aplikasi Gojek dan Tokopedia, yang dalam waktu dekat juga akan hadir di aplikasi mitra driver GoPartner, merupakan bentuk dukungan GoTo untuk turut memberikan keamanan bagi masyarakat saat berkunjung ke fasilitas umum.

Sejalan dengan ini, para pelaku usaha, termasuk UMKM, dapat bangkit bersama untuk kembali secara leluasa beraktivitas dan berusaha. "Secara tidak langsung, inisiatif ini dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional dengan melibatkan berbagai elemen bangsa secara gotong royong," kata dia.

Sejak awal pandemi, GoTo selalu berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam upaya mengendalikan dan menanggulangi Covid-19 dan upaya pemulihan ekonomi nasional. GoTo meluncurkan berbagai inisiatif untuk membantu masyarakat yang terpapar Covid-19, termasuk inisiasi Rumah Oksigen Gotong Royong dan donasi lebih dari 1.100 konsentrator oksigen melalui Kemenkes RI dan pemerintah daerah.

GoTo juga memberikan dukungan dan perlindungan bagi mitra-mitra melalui program vaksinasi, layanan kesehatan, dan jaminan asuransi kesehatan, serta keringanan beban biaya harian untuk membantu operasional mitra driver.

Adapun fitur PeduliLindungi dapat diakses di aplikasi Gojek dan Tokopedia baik di Android maupun iOS (dalam waktu dekat fitur PeduliLindungi akan tersedia bagi pengguna Gojek di iOS). Untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut mengenai fitur PeduliLindungi, masyarakat dapat mengunjungi Blog Tokopedia https://bit.ly/blogPLTokopedia dan Blog Gojek https://bit.ly/blog_GojekPL

 

Sumber: JIBI/Bisnis.com Tag: Virus Corona, Vaksinasi Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
InaHEA: Vaksin Tak Berlabel Halal Dibilang Haram, Giliran Rokok Disikat 2 years ago
Bukan Indonesia, Vaksin Malaria Pertama di Dunia Akan Mulai Digunakan di Kenya 2 years ago
Jogja Siapkan 4.500 Vaksin Rabies Secara Gratis, Pemilik Hewan Piaraan Diimbau Mendaftar 2 years ago
Pemkot Kembali Buka Vaksinasi Satwa Gratis, Segera Daftarkan Hewan Peliharaan Anda 2 years ago
BPOM Klaim Indonesia Negara Islam yang Unggul Mengembangkan Teknologi Vaksin 3 years ago

Berita Pilihan

Hoaks Fitur Baru Instagram Bisa Ketahui Siapa yang Kunjungi Profil Kita dalam 24 Jam Terakhir 9 Alasan ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (K513) Cocok untuk WFH dan Pembelajaran Jarak Jauh Microsoft Salip Apple jadi Perusahaan Termahal di Dunia Pesawat Penumpang Nirawak Dikembangkan di Bantul Ini 2 Cara Keluar dari Grup Whatsapp Tanpa Diketahui
Berita Terbaru
5 Aplikasi Edit Video Ini Mudah dan Praktis untuk Pemula 2 days ago
Gara-gara Omicron, Google Tunda Jadwal WFO Karyawan 3 days ago
Sediakan Rp28,7 Miliar, Google Beri Pelatihan Gratis untuk 10.000 Orang Indonesia 4 days ago
Xiaomi Redmi 10 5G Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi dan Harganya!  6 days ago
Cek Histori di Aplikasi Peduli Lindungi, Bisa Bongkar Perselingkuhan? 6 days ago

Terpopuler

Microsoft : Mayoritas Komputer ber-Software Bajakan Terinfeksi Malware Ini 13 Selebriti Pemegang Tiket Ke Luar Angkasa Ketagihan Menonton Instagram Story Bisa Berdampak pada Kesehatan Mental Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi Galaxy Note 9 K Touch Lotus II Dibanderol Murah
Badai Matahari Bisa Sebabkan Kiamat Internet Berhari-hari 1 week ago
Ini 10 Pesawat Terlangka di Dunia dan Kecanggihannya 1 week ago
Jangan Sembarangan! Ini Kiat Aman Transaksi Digital 1 week ago
Badai Matahari Diprediksi Hantam Bumi Hari Ini, Apa Dampaknya? 1 week ago
Ini Peluang Pekerjaan Baru yang Muncul di Sektor e-Commerce 1 week ago