HomeTekno

Siap-siap! Google Akan Ubah Cara Login di Gmail, Tak Cukup Pakai Password

Oleh:Mia Chitra Dinisari
10 Oktober 2021 - 18:47 WIB

Ilustrasi Gmail

Harianjogja.com, JAKARTA - Google telah mengumumkan perubahan besar bagi pengguna Gmail, dimana akan mengubah cara Anda masuk ke kotak masuk Anda.

Perusahaan asal California itu telah mengkonfirmasi rencana untuk meluncurkan verifikasi dua langkah (2SV) ke semua 150 juta akun Google. Tetapi tidak semua orang akan senang dengan perubahan itu.

Dengan verifikasi dua langkah, kata sandi saja tidak cukup untuk login. Itu membuat akun Anda jauh lebih aman untuk melindungi pengguna dari sejumlah serangan dunia maya dimana harus menambahkan langkah ekstra saat Anda masuk. Ini juga berarti Anda harus memiliki ponsel cerdas di sisi Anda untuk masuk.

Namun demikian, pada akhir tahun ini, sekitar 150 juta akun Google akan didaftarkan secara otomatis ke 2SV dengan fitur yang juga akan diaktifkan untuk dua juta pembuat konten YouTube. Akun Google digunakan untuk masuk ke berbagai layanan seperti Gmail, YouTube, dan Google Drive.

Mengumumkan berita dalam posting blog online, Google mengatakan 2SV telah menjadi inti dari praktik keamanan Google sendiri dan hari ini kami membuatnya mulus bagi pengguna kami dengan perintah Google, yang memerlukan ketukan sederhana pada perangkat seluler Anda untuk membuktikan bahwa itu benar-benar Anda. mencoba masuk.

"Dan karena kami tahu cara terbaik untuk menjaga keamanan pengguna kami adalah dengan mengaktifkan perlindungan keamanan kami secara default, kami telah mulai mengonfigurasi akun pengguna kami secara otomatis ke status yang lebih aman. Pada akhir tahun 2021, kami berencana untuk mendaftarkan 150 juta pengguna Google tambahan di 2SV secara otomatis dan membutuhkan 2 juta pembuat konten YouTube untuk mengaktifkannya.” tulis Google dilansir dari Tech Live.

Setelah 2SV diaktifkan pada akun, itu menambahkan lapisan keamanan ekstra yang mempersulit peretas untuk masuk. Selain kata sandi khas Anda, ketika 2SV diaktifkan, kode unik tambahan akan dikirim ke perangkat Anda yang perlu masuk.

Ini berarti bahkan jika hacker mencuri nama pengguna dan kata sandi Google Anda, mereka tidak akan dapat masuk dan mengakses akun Anda dengan kode 2SV yang penting.

Google menggambarkan 2SV sebagai salah satu "cara paling andal" untuk menghentikan akses tidak sah ke akun dan jaringan di jalurnya. Namun, ia telah mengakui bahwa pendekatan satu ukuran untuk semua untuk peluncuran mungkin mengacak-acak beberapa bulu.

“Kami juga menyadari bahwa opsi 2SV hari ini tidak cocok untuk semua orang, jadi kami sedang mengerjakan teknologi yang memberikan pengalaman otentikasi yang nyaman dan aman serta mengurangi ketergantungan pada kata sandi dalam jangka panjang. Saat ini kami mendaftarkan akun Google secara otomatis yang memiliki mekanisme pencadangan yang tepat untuk membuat transisi mulus ke 2SV.” tambah mereka.

Jika Anda ingin memeriksa kembali seberapa aman akun Google Anda, Anda dapat menuju ke situs web Pemeriksaan Keamanan Google.

Ini menunjukkan tindakan keamanan apa yang sudah diaktifkan di akun Google Anda, seperti 2SV, apakah Anda memiliki email pemulihan dan jika ada sandi tersimpan yang ditautkan ke akun Google Anda.

Sumber: Bisnis.com Tag: teknologi informasi Editor: Bhekti Suryani

Artikel Terkait
Huawei Perbaharui Tiga Perangkat, Ini Harganya 2 years ago
110 Spot di Bantul Bakal Dipasangi Wifi Gratis 2 years ago
Tahun Ini, Semua SMP di Sleman Ditargetkan Terapkan E-Rapor 2 years ago
Google Segera Luncurkan Fitur Live Caption di Pixel 4 2 years ago
Youtube dan Netflix Bersaing, Siapakah Pemenangnya? 2 years ago

Berita Pilihan

Hoaks Fitur Baru Instagram Bisa Ketahui Siapa yang Kunjungi Profil Kita dalam 24 Jam Terakhir 9 Alasan ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (K513) Cocok untuk WFH dan Pembelajaran Jarak Jauh Microsoft Salip Apple jadi Perusahaan Termahal di Dunia Pesawat Penumpang Nirawak Dikembangkan di Bantul Ini 2 Cara Keluar dari Grup Whatsapp Tanpa Diketahui
Berita Terbaru
Cek Histori di Aplikasi Peduli Lindungi, Bisa Bongkar Perselingkuhan? 4 hours ago
Badai Matahari Bisa Sebabkan Kiamat Internet Berhari-hari 9 hours ago
Ini 10 Pesawat Terlangka di Dunia dan Kecanggihannya 1 day ago
Jangan Sembarangan! Ini Kiat Aman Transaksi Digital 2 days ago
Badai Matahari Diprediksi Hantam Bumi Hari Ini, Apa Dampaknya? 2 days ago

Terpopuler

Microsoft : Mayoritas Komputer ber-Software Bajakan Terinfeksi Malware Ini 13 Selebriti Pemegang Tiket Ke Luar Angkasa Ketagihan Menonton Instagram Story Bisa Berdampak pada Kesehatan Mental Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi Galaxy Note 9 K Touch Lotus II Dibanderol Murah
Ini Peluang Pekerjaan Baru yang Muncul di Sektor e-Commerce 2 days ago
Begini Nasib Siaran TV Digital Setelah UU Cipta Kerja Dinyatakan Inkonstitusional 2 days ago
Hoaks Fitur Baru Instagram Bisa Ketahui Siapa yang Kunjungi Profil Kita dalam 24 Jam Terakhir 2 days ago
Objek Mirip Manusia Salju Tertangkap Radar Teleskop Hubble 2 days ago
Diprediksi 28 November, Waspadai Dampak Badai Matahari untuk Bumi 3 days ago