HomeTekno

19 Planet Terdeteksi Gara-gara Cahaya Aurora

Oleh:Ayyubi Kholid Saifullah
16 Oktober 2021 - 23:57 WIB

Tata Surya - Reuters

Harianjogja.com, JAKARTA - Para astronom mendeteksi 19 exoplanet tersembunyi atau planet yang mengorbit bintang jauh pada 11 Oktober 2021 lalu.

Mereka menemukan kandidat exoplanet ini melalui interaksi planet dengan bintang induknya, yang merupakan katai merah kecil dan redup. Joseph Callingham dari Universitas Leiden memimpin penelitian baru ini. 

"Kami telah lama mengetahui bahwa planet-planet di tata surya kita memancarkan gelombang radio yang kuat saat medan magnetnya berinteraksi dengan angin matahari. Proses yang sama ini mendorong aurora indah yang kita lihat di kutub Bumi," ujarnya. 

Para astronom pertama kali mengira mereka telah mendeteksi sebuah planet melalui gelombang radionya pada 2020. Planet itu diperkirakan mengorbit sebuah bintang bernama GJ1151 .

Mereka percaya bahwa sinyal radio yang mereka deteksi terjadi dengan cara yang sama seperti Bumi dan Jupiter memancarkan gelombang radio karena interaksi medan magnet mereka dengan angin dari matahari.

Rekan penulis Harish Vedantham dari Institut Belanda untuk Radio Astronomi menjelaskan bahwa mereka menyimpulkan keberadaan planet-planet tersembunyi dari pemahaman bagaimana planet-planet di tata surya kita menciptakan gelombang radio. Vedantham berkata:

"Bumi kita sendiri memiliki aurora, yang umumnya dikenal di sini sebagai cahaya utara dan selatan. Aurora yang indah ini juga memancarkan gelombang radio yang kuat. Ini dari interaksi medan magnet planet dengan angin matahari. Tetapi dalam kasus aurora dari Jupiter, mereka jauh lebih kuat, karena bulan vulkaniknya Io meledakkan material ke luar angkasa, mengisi lingkungan Jupiter dengan partikel yang mendorong aurora yang sangat kuat. Model kami untuk cahaya radio dari bintang-bintang kami ini adalah versi Jupiter dan Io yang diperbesar, dengan sebuah planet ekstrasurya yang diselimuti medan magnet bintang, memasukkan material ke dalam arus besar yang juga memberi daya pada aurora terang pada bintang itu sendiri. Ini adalah tontonan yang telah menarik perhatian kita dari jarak beberapa tahun cahaya."

Langkah selanjutnya, para ilmuwan mengkonfirmasi keberadaan planet yang dicurigai.

Untuk melakukan ini, mereka akan melakukan pengamatan optik bersama dengan mencari periodisitas dalam sinyal radio. Callingham menjelaskan:

"Lampu radio akan menyala dan mati seperti mercusuar, dan kami berharap dapat melihat periodisitas itu dalam data LOFAR baru."

LOFAR dapat mendeteksi sinyal hingga 165 tahun cahaya. Sebuah teleskop baru yang dijadwalkan untuk tahun 2029, Square Kilometer Array , akan memperluas jangkauan itu. Para astronom memperkirakan bahwa dengan Array Kilometer Persegi yang baru, mereka akan dapat melihat ratusan bintang target ke jarak yang jauh lebih jauh.

Sumber: JIBI/Bisnis.com Tag: Tata Surya Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait

Berita Pilihan

Hoaks Fitur Baru Instagram Bisa Ketahui Siapa yang Kunjungi Profil Kita dalam 24 Jam Terakhir 9 Alasan ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (K513) Cocok untuk WFH dan Pembelajaran Jarak Jauh Microsoft Salip Apple jadi Perusahaan Termahal di Dunia Pesawat Penumpang Nirawak Dikembangkan di Bantul Ini 2 Cara Keluar dari Grup Whatsapp Tanpa Diketahui
Berita Terbaru
5 Aplikasi Edit Video Ini Mudah dan Praktis untuk Pemula 2 days ago
Gara-gara Omicron, Google Tunda Jadwal WFO Karyawan 3 days ago
Sediakan Rp28,7 Miliar, Google Beri Pelatihan Gratis untuk 10.000 Orang Indonesia 4 days ago
Xiaomi Redmi 10 5G Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi dan Harganya!  6 days ago
Cek Histori di Aplikasi Peduli Lindungi, Bisa Bongkar Perselingkuhan? 6 days ago

Terpopuler

Microsoft : Mayoritas Komputer ber-Software Bajakan Terinfeksi Malware Ini 13 Selebriti Pemegang Tiket Ke Luar Angkasa Ketagihan Menonton Instagram Story Bisa Berdampak pada Kesehatan Mental Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi Galaxy Note 9 K Touch Lotus II Dibanderol Murah
Badai Matahari Bisa Sebabkan Kiamat Internet Berhari-hari 1 week ago
Ini 10 Pesawat Terlangka di Dunia dan Kecanggihannya 1 week ago
Jangan Sembarangan! Ini Kiat Aman Transaksi Digital 1 week ago
Badai Matahari Diprediksi Hantam Bumi Hari Ini, Apa Dampaknya? 1 week ago
Ini Peluang Pekerjaan Baru yang Muncul di Sektor e-Commerce 1 week ago