Tekno

Mengenal NFT yang Bikin Ghozali Everyday Kaya Mendadak

Penulis: Leo Dwi Jatmiko
Tanggal: 15 Januari 2022 - 17:57 WIB
Ilustrasi NFT - istimewa

Harianjogja.com, JAKARTA - Sultan Gustaf Al Ghozali berhasil menjual foto selfie atau swafoto non fungibel token (NFT) senilai Rp1,5 miliar di platform OpenSea.

NFT merupakan aset digital yang telah menarik minat investasi masyarakat Indonesia dalam hal mata uang kripto. NFT digunakan sebagai bukti kepemilikan barang yang dapat dibeli dengan mata uang kripto.

Adapun OpenSea merupakan platform tempat jual-beli barang dengan menggunakan NFT.

Untuk mengetahui lebih detail mengenai NFT, berikut seluk-beluk NFT dan sejumlah pertanyaannya mengenai NFT dilansir dari The Verge.

Bagaimana cara kerja NFT?
Pertama perlu diketahui bahwa sebagian besar NFT adalah bagian dari blockchain Ethereum. Ethereum adalah cryptocurrency, seperti bitcoin atau dogecoin.

Bisakah saya membeli NFT dengan cryptocurrency?
Ya. Mungkin. Banyak pasar menerima Ethereum. Tetapi secara teknis, siapa pun dapat menjual NFT, dan mereka dapat meminta mata uang apa pun yang mereka inginkan.

Apa saja barang yang dijual di supermarket NFT?
Sebenarnya barang apa saja bisa diletakkan dan dijual di Supermarket NFT. Misalnya gambar, musik, pemikiran, dan lain sebagainya. Hanya saja saat ini orang tertarik dengan seni digital. Swa foto Ghozali pun dinilai sebagai barang bernilai tinggi.

Apakah orang benar-benar berpikir ini akan menjadi seperti koleksi seni?
Ini masih menjadi perdebatan. The Verge menilai beberapa orang berharap untuk mengoleksi seni yang terdapat di pasar NFT. Hal itu nampak dari beberapa orang yang rela membayar hampir US$390.000 untuk video 50 detik oleh Grimes, termasuk foto selfi Ghozali.

Apa gunanya NFT?
Itu sangat tergantung pada dari peran yang diambil seseorang di NFT. Apakah Anda seorang seniman (penjual), pembeli atau kolektor.

Jika seorang seniman, NFT mungkin berguna buat Anda karena NFT memberi Anda cara untuk menjual karya yang mungkin tidak terlalu diminati pasar.

Anda menemukan ide stiker digital yang sangat keren, anda tidak bisa menjual di sembarangan tempat karena pasti tidak laku. Namun di NFT, anda bisa menjual karya seni apapun dan biarkan khalayak yang menilai karya Anda.

Selain itu, NFT memiliki fitur yang dapat Anda aktifkan yang akan membayar Anda persentase setiap kali NFT dijual atau berpindah tangan, memastikan bahwa jika pekerjaan Anda menjadi sangat populer dan bernilai tinggi, Anda akan melihat beberapa manfaatnya.

Jika Anda seorang pembeli. Salah satu manfaat nyata dari membeli karya seni NFT adalah memungkinkan Anda secara finansial mendukung artis yang Anda sukai.

Dengan membeli NFT juga biasanya Anda memiliki hak penggunaan dasar karya seni, seperti dapat memposting gambar secara online atau mengaturnya sebagai gambar profil Anda.

Jika Anda seorang kolektor, mungkin NFT dapat bekerja seperti aset spekulatif lainnya, di mana Anda membelinya dan berharap nilainya naik suatu hari, sehingga Anda dapat menjualnya untuk mendapatkan keuntungan.

Siapa yang akan membayar ratusan ribu dolar untuk apa yang pada dasarnya hanya kartu perdagangan?
Beberapa orang memperlakukan NFT seakan NFT adalah masa depan koleksi seni rupa (sebagai taman bermain bagi orang kaya), dan beberapa orang memperlakukannya seperti kartu Pokémon (di mana mereka dapat diakses oleh orang normal tetapi juga taman bermain untuk orang-orang kaya).

Apakah NFT mainstream sekarang?
Tidak semua orang memiliki NFT sekarang hanya orang-orang tertentu saja.

Di Amerika Serikat, The New York Times mewawancarai beberapa remaja di bidang NFT, dan beberapa mengatakan mereka menggunakan NFT sebagai cara untuk membiasakan diri mengerjakan proyek dengan tim, atau hanya untuk mendapatkan uang belanja.

Apakah artikel dijual juga sebagai NFT?
Secara teknis apa pun digital dapat dijual sebagai NFT.

Apa saja nama supermarket NFT?
Ada beberapa pasar yang muncul di sekitar NFT, yang memungkinkan orang untuk membeli dan menjual diantaranya OpenSea, Rarible, dan Grimes, Nifty Gateway, dan lain- lainnya.

Apakah karya seni di NFT bisa dicuri?
Bagian menarik dari blockchain adalah Blockchain menyimpan catatan setiap kali transaksi terjadi, membuatnya lebih sulit untuk dicuri daripada, katakanlah, lukisan yang tergantung di museum.

Apakah seni digital NFT bisa rusak, misalnya dalam 500 tahun?
Mungkin. Pembusukan bit adalah hal yang nyata: kualitas gambar memburuk, format file tidak dapat dibuka lagi, situs web mati, orang-orang lupa kata sandi dompet mereka. Tetapi seni fisik di museum juga sangat rapuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Berita Terkait

2027 Nilai Belanja Online di Indonesia Diprediksi Capai Rp1.872 Triliun
Nilai NFT Anjlok, Masyarakat Diminta Lebih Waspada Investasi pada Aset Digital
Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah Kulonprogo Masih Rendah
Transaksi Uang Elektronik Terus Naik, Penggunaan Kartu Debit dan Kredit Menurun

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. IDI: Perubahan Iklim Berisiko untuk Kesehatan Pemudik
  2. PKB Bisa Usung Calon Sendiri di Pilkada 2024 pada 11 Daerah di Jateng
  3. SBY Sebut Rakyat Indonesia Ingin Prabowo Jadi Presiden
  4. Mayoritas Sekolah di Wonogiri Sudah Gunakan Kurikulum Merdeka

Berita Terbaru Lainnya

Xiaomi Perkenalkan Jam Tangan Pinta Terbaru, Intip Spesifikasinya
5 Ponsel dengan Harga di Bawah Rp5 jutaan untuk Lebaran
Vietnam Berpotensi Jadi Naga di Bidang Kecerdasan Buatan
Waspada! Aksi Penipuan Melalui Pembajakan SIM Ponsel Mulai Marak Lagi
Perjalanan Jauh Menggunakan Motor, Ini Rekomendasinya
Xiaomi Buds 5 Siap Dirilis, Sudah Kantongi Sertifikasi
Huawei Luncurkan MateBook Baru, Dibanderol Hampir Rp9 Juta
J-na, Penyiar Berita Bertenaga AI yang Debut di YouTube Jeju Weekly Korea Selatan
2 Laptop Gaming Layar OLED Terbaru dari ASUS Dilengkapi Teknologi AI, Pertama di Indonesia
Kabar Baik, Durasi Status Video di Whatsapp Bakal Lebih Panjang Sampai 1 Menit