Advertisement

Ini Wisata Ladang Jagung yang Viral di Gunungkidul, Mirip Bukit Teletubbies

David Kurniawan
Selasa, 08 Januari 2019 - 23:50 WIB
Bhekti Suryani
Ini Wisata Ladang Jagung yang Viral di Gunungkidul, Mirip Bukit Teletubbies Salah seorang pengunjung sedang berfoto di hamparan ladang jagung di bukit teletubbies di Dusun Candi, Giring, Paliyan, Gunungkidul, Selasa (8/1/2019) - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Ladang jagung yang ditanam di perbukitan Dusun Candi, Giring, Paliyan mendadak hits dan banyak dikunjungi wisatawan. Pasalnya, pemandangan di kawasan ini mirip bukit tempat tinggal kartun teletubbies.

Viralnya wisata ladang jagung di bukit teletubbies sudah terjadi sejak sepekan yang lalu. Setiap hari ratusan orang datang ke kawasan ini untuk berfoto dan menikmati hamparan hijaunya alam di kawasan tersebut.

Advertisement

Salah satu pengunjung asal Baleharjo, Kecamatan Wonosari, Seto Wibowo mengaku penasaran dengan wisatawan dadakan di Dusun Candi, Giring, Paliyan. Ia melihat di media sosial, banyak pengunjung yang berfoto-foto di ladang jagung dengan latar perbukitan mirip tempat tinggal dalam kartun teletubbies. “Saya penasaran dan ternyata setelah saya lihat lokasinya sangat indah dan banyak pengunjung yang datang,” katanya, Selasa (8/1/2019).

Menurut dia, wisata dadakan ini tidak lepas dari keindahan alam. Hal ini terlihat dari hamparan ladang jagung yang menghijau yag dibelah jalan dengan latar gugusan perbukitan yang hijau. “Ini yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang kemari [Gunung Bagus],” ungkapnya.

Untuk mencapai lokasi ini sangat mudah. Dari arah Kota Wonosari dapat mencapainya dengan waktu sekitar 20 menit menuju Desa Giring. Sesampainya di Simpang Tiga Giring, pengunjung dapat memilih jalur ke arah Pantai Baron.

Sekitar lima menit perjalanan, pengunjung akan disuguhi oleh hamparan tanaman jagung yang luas menyelimuti perbukitan di kawasan hutan yang lagi jadi wisata dadakan di Gunungkidul.

Kepala Resort Polisi Hutan (KRPH) Giring, Samido mengatakan, lokasi yang ngehits ini merupakan hutan jati milik Dinas Kehutanan DIY. Beberapa bulan lalu pohon jati yang ditanam dipanen. Selanjutnya ditanami jagung. Rencananya lahan ini akan ditanami jenis Jati Unggul Nusantara (JUN). “Untuk luasnya ada sekitar 120 hektare,” kata Samido.

Samido mengakui hamparan jagung dengan latar perbukitan menajdi viral dan menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. “Buktinya setiap hari banyak orang yang datang untuk berfoto-foto,” katanya.

Bupati Gunungkidul, Badingah mengaku sudah mendengar dan melihat wisata dadakan di Dusun Candi, Giring. “Mudah-mudahan lokasi itu bisa memberikan dampak yang positif bagi masyarakat sekitar. Di sekitar lokasi banyak yang berjualan sehingga ada roda ekonomi berputar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Minum Ramuan Jahe Cocok saat Puasa dan Kala Hujan

Lifestyle
| Jum'at, 29 Maret 2024, 03:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement