Advertisement

Mencicipi Menu Banteng Ngangak di Kota Mataram

Eka Chandra Septarini
Senin, 21 Januari 2019 - 08:35 WIB
Maya Herawati
Mencicipi Menu Banteng Ngangak di Kota Mataram Menu Banteng Ngangak khas Lombok sekarang tersedia di Hotel Golden Palace Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). - Bisnis/Eka Chandra Septarini

Advertisement

Harianjogja.com, MATARAM-Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung adalah kuliner khas Pulau Lombok yang kerap diburu wisatawan. Namun, masih kuliner khas lain dari Lombok yang sayang jika dilewatkan. 
 
Banteng Ngangak merupakan kuliner khas Sembalun, Lombok Timur. Ngangak dalam bahasa Lombok berarti membuka mulut.

Ya, cita rasa masakan Banteng Ngangak ini memang pedas hingga membuat mulut yang mencicipinya terbuka karena kepedasan. 
 
Para pemburu Banteng Ngangak tidak perlu lagi menuju ke kaki Gunung Rinjani untuk menikmati potongan daging sapi dengan cita rasa manis, gurih, empuk yang dibalut rasa pedas ini.
 
Menu Banteng Ngangak sekarang hadir di pusat kota Mataram, Lombok. Namun, jangan coba-coba menjadikan Banteng Ngangak sebagai menu sarapan. Rasa pedas membuat sajian ini lebih tepat menjadi lauk santap siang atau malam.
 
Asisstant Marcomm Manager Hotel Golden Palace Lombok Ida Ayu Nyoman Ayu Sriutami mengatakan Banteng Ngangak menjadi menu terbaru hotel tersebut.
 
“Kuliner ini menjadi menu Nusantara di hotel kami. Satu porsi Banteng Ngangak disajikan sesuai porsi dewasa dengan harga Rp60.000. Untuk level pedas bisa menyesuaikan permintaan tamu," ujarnya, pekan lalu. 
 
Chef Muchlis Affandy mengaku Banteng Ngangak menjadi resep fusion ketiganya, khusus untuk kuliner-kuliner khas Lombok.

Advertisement

Sebelumnya, dia membuat Pizza Taliwang yang sempat viral. Di menu itu, Muchlis memadukan bumbu Taliwang dengan cita rasa pizza khas Italia. 
 
“Saya memadukan bumbu Szechuan dan Taliwang. Tumis jagung manis dan buncis saya jadikan pelengkap sekaligus penetral rasa,” paparnya. 
 
Seporsi menu Banteng Ngangak disajikan bersama nasi putih, tumis jagung buncis, serta irisan daging pedas yang bisa diganti ayam atau seafood plus beef bacon goreng. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

BREAKING NEWS: Gempa Bumi Magnitudo 5 Guncang DIY, Ini Lokasi Pusatnya

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Perawatan dan Pengobatan Penyakit Kronis Pada Lansia

Lifestyle
| Kamis, 28 Maret 2024, 08:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement