Advertisement

Pemerintah Minta Masyarakat Pulau Komodo Tak Khawatir

Desyinta Nuraini
Jum'at, 11 Oktober 2019 - 18:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pemerintah Minta Masyarakat Pulau Komodo Tak Khawatir Komodo - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Panjaitan memastikan tidak ada rencana untuk menutup Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur sehingga perekonomian masyarakat di daerah itu tetap berjalan.

Luhut mengatakan pemerintah hanya akan melakukan penataan untuk menjadikan pulau komodo menjadi wisata kelas dunia dengan dibuatnya pusat penelitian. 

Advertisement

"Mau dibikin research center. Jangan khawatir penduduk tidak akan dapat pekerjaan. Justru dengan adanya penataan, penduduk setempat lebih sejahtera," ujarnya, Jumat (11/10/2019). 

Kawasan itu juga akan berkonsep taman safari yang sifatnya eksklusif dengan resort yang berkelas. "Kalau bikin ekslusif, bikin saja mahal seperti safari di Kenya, orang datang 3.500 dolar satu malam," tuturnya.

Soal berapa tarif masuknya, Luhut menyerahkan sepenuhnya pada pihak pengelola. Yang jelas, Luhut mengungkapkan saat ini sudah banyak investor baik dari dalam dan luar negeri yang ingin berinvestasi di Pulau Komodo.

Pemerintah akan menyeleksinya secara ketat dan direncanakan akhir tahun depan sudah rampung. "Yang diperlukan tinggal kita koordinasikan, lihat perusahaan yang kelola itu. Harusnya perusahaan yang bonafit," imbuhnya.

Menurutnya, investasi yang masuk di Pulau Komodo bukan hanya harus bisa mempromosikan sekaligus melindungi bukan hanya binatang, tetapi juga masyarakat lokal di pulau tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Minum Ramuan Jahe Cocok saat Puasa dan Kala Hujan

Lifestyle
| Jum'at, 29 Maret 2024, 03:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement