Advertisement

Dari Bandara Sampai Pelabuhan untuk Pariwisata Super Premium Labuan Bajo

Newswire
Selasa, 21 Januari 2020 - 01:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Dari Bandara Sampai Pelabuhan untuk Pariwisata Super Premium Labuan Bajo Puluhan kapal berlayar di perairan Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, dari atas Bukit Cinta. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, NTT - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pemerintah akan mengembangkan kawasan pariwisata super premium di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Untuk mendukung pengembangan kawasan tersebut, pemerintah tengah melakukan percepatan pembangunan infrastruktur pendukung pariwisata. Di antaranya adalah pengembangan bandara yang ada di daerah tersebut.

Advertisement

"Dimulai awal bulan ini, awal tahun ini, nanti selesai akhir tahun baik itu perpanjangan runway maupun perbaikan secara total dari terminal yang ada. Semuanya paralel berbarengan semua," kata Jokowi, Senin (20/1/2020).

Selain bandara, pemerintah juga menyiapkan terminal pelabuhan multifungsi di daerah Wae Kelambu, Manggarai Barat, Labuan Bajo, NTT yang terlebih dahulu ditinjau oleh Presiden sebelum beranjak menuju kawasan Puncak Waringin.

Terminal multifungsi tersebut nantinya akan memisahkan aktivitas pariwisata, dan bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Labuan Bajo.

Menurut Jokowi, dengan dibangunnya terminal multifungsi tersebut nantinya Pelabuhan Labuan Bajo akan dikhususkan bagi kapal-kapal wisatawan yang akan bersandar dan berkunjung ke kawasan pariwisata tersebut.

"Nanti pelabuhan ini (Labuan Bajo) akan bersih dari kontainer-kontainer, ditarik dari sini ke Wae Kelambu tadi. Selesai nanti Insya Alllah akhir tahun ini," ujarnya saat meninjau kawasan Puncak Waringin.

Kepala Negara memastikan, akan melakukan penataan total di daerah Labuan Bajo agar menjadi semakin menarik bagi wisatawan saat berkunjung ke Labuan Bajo pada Juli 2019 lalu.

Proyek pembangunan terminal multifungsi tersebut disiapkan untuk dapat menampung peti kemas hingga 100.000 TEUs dari sebelumnya 24.000 TEUs di Pelabuhan Labuan Bajo.

Terminal tersebut akan dilengkapi dengan sarana penunjang yang lebih lengkap dan besar seperti satu unit gudang dengan luas 1.200 meter persegi yang dapat melayani penyimpanan barang hingga kurang lebih 600.000 ton per tahun dan lain sebagainya.

Dalam kunjungan kali ini, Kepala Negara sekaligus meresmikan Hotel Inaya Bay Komodo. Hotel tersebut secara khusus memang dipersiapkan untuk menunjang Labuan Bajo sebagai destinasi wisata bersegmen super premium di NTT.

"Saya tidak ingin berpanjang kata, semoga hotel ini bisa memberikan dukungan penuh bagi pariwisata di Labuan Bajo," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Rabu 24 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Resep Jangan Ndeso Lombok Ijo Khas Gunungkidul yang Nikmat untuk Disantap

Lifestyle
| Senin, 22 April 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement