Advertisement

Ada Kampung Wisata Kereta Api di Jogja

Sunartono
Selasa, 18 Februari 2020 - 16:57 WIB
Bhekti Suryani
Ada Kampung Wisata Kereta Api di Jogja Deklarasi kampung pengok sebagai kampung wisata sepur diisi dengan seni budaya. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Kampung Pengok Kelurahan Demangan, Gondokusuman, Kota Jogja dideklarasikan sebagai Kampung Wisata Sepur atau kereta api pada Minggu (16/2/2020). Keberadaan kampung itu diharapkan menjadi destinasi wisata baru di Kota Jogja sehingga dapat meningkatkan perekonomian warga.

Deklarasi dilakukan sekaligus dengan peresmian kepengurusan Kelompok Masyarakat (Pokmas) Kampung Pengok Kampung Wisata Sepur diketuai Paulus Martoyo. Dalam pengukuhan itu dikemas denganvpentas budaya yang difasilitasi oleh Dinas Pariwisata Kota Jogja dengan menampilkan kesenian tradisional jatilan oleh kelompok Wadyo Bolo Singo Barong.

Advertisement

Lurah Demangan Gondokusuman Kota Jogja Sunu Sari Husada melalui deklarasi itu diharapkan bisa mewujudkan kampung Pengok sebagai tujuan wisata. Sehingga diharapkan memberikan dampak positif bagi warga sekitar.

"Melalui Pokmas ini diharapkan bisa mewujudkan tujuannya utama warga Pengok melalui konsep Wisata Sepur. Tentu harus dilakukan komunikasi dengan Kepala Bengkel Balai Yasa Daop VI yang akan dibantu beberapa pihak terkait," kata Selasa (18/2/2020).

Melalui keberadaan desa wisata tersebut diharapkan bisa menggerakkan perekonomian warga. Karena melalui wista sehingga bisa mendapatkan banyak wisatawan ke kampung tersebut.

"Dengan dijadikan sebagai desa wisata sepur harapannya bisa menjadi daya ungkit pariwisata, menggerakkan roda perekonomian untuk mensejahterakan masyarakat. Selain itu bisa menjadi destinasi wisata baru di Kota Jogja," katanya.

Pembina Pokmas Kampung Wisata Sepur Pengok, Gondokusuman Kota Jogja Fokki Ardiyanto mengatakan kampung Pengok memiliki potensi wisata yang besar.

Di kampung ini terdapat bengkel kereta api satu satunya yang ada di DIY bahkan di Jawa bagian selatan. Dalam deklarasi ditampilkan berbagai seni budaya oleh warga. Harapannya melalui busa berkepribadian dalam kebudayaan sehingga anak Kampung Pengok memahami dan bangga terhadap kekayaan budaya sendiri.

"Warga masyarakat bisa membuka warung warung tiban di rumahnya di sekitar lokasi acara dan sangat mengharapkan supaya Pokmas Kampung Pengok Kampung Wisata Sepur segera bergerak untuk kesejahteraan rakyat," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Masa Jabatan Lurah Diperpanjang, Apdesi Bantul: Harus Dioptimalkan Untuk Peningkatan Kinerja Lurah

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Kotak Kejujuran, Cara Unik Penduduk Shetland Inggris dalam Berbisnis

Lifestyle
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement