Advertisement

Wisatawan Domestik Jadi Tumpuan di Tengah Pandemi

Rahmad Fauzan
Kamis, 02 Juli 2020 - 00:57 WIB
Sunartono
Wisatawan Domestik Jadi Tumpuan di Tengah Pandemi Suasana lengang terlihat di Pantai Ancol, Jakarta, Jumat (29/5/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Wisatawan domestik menjadi fokus utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) saat ini dalam memperbaiki industri pariwisata Indonesia yang terdampak pandemi virus corona (Covid-19).

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kemenparekraf/Baparekraf Ari Juliano Gema mengatakan hal tersebut dilakukan karena belum menentunya peluang wisatawan mancanegara 

Advertisement

BACA JUGA : New Normal, DIY Siap Sambut Wisatawan

"Sekarang pintu wisatawan mancanegara belum dibuka mengingat masih ada pembahasan antarnegara mengenai penanganan Covid-19. Untuk itu, Kemenparekfraf masih memprioritaskan wisatawan domestik," ujar Ari kepada Bisnis, Rabu (1/7/2020).

Terkait dengan upaya tersebut, kata Ari, Kementerian membantu pemerintah daerah di zona hijau dan kuning untuk mempersiapkan diri melalui sejumlah tahap prakondisi, antara lain edukasi, sosialisasi, dan simulasi.

Menurut Ari, penggenjotan wisatawan domestik berpotensi memberikan pemasukan kepada kas negara hingga triliunan rupiah. Berdasarkan perhitungan Kemenparekraf, pada 2018 belanja wisatawan Indonesia ke luar negeri mencapai Rp8 triliun.

BACA JUGA : Pariwisata Gunungkidul Belum Layani Pengunjung

"Nilai sebesar itu bisa masuk ke kas negara jika wisatawan domestik bisa dimanfaatkan," lanjutnya.

Saat ini, Kementerian tengah menyusun panduan teknis untuk pemerintah daerah dan pengelola destinasi wisata yang telah memasuki proses finalisasi dan akan segera disosialisasikan awal Juli 2020.

Melalui panduan tersebut, jelasnya, pihak kementerian memberikan asistensi dan memfasilitasi pemerintah daerah dengan harapan destinasi wisata dapat dibuka sesuai dengan protokol yang ditetapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Akhirnya DPUP-ESDM DIY Mulai Sosialisasi Normalisasi Tanjakan Clongop Pekan Depan

Gunungkidul
| Jum'at, 19 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Stres Memicu Sakit Punggung, Ini Penjelasannya

Lifestyle
| Jum'at, 19 April 2024, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement