Advertisement

Cegah Penularan Corona, Museum Gunung Merapi Terapkan Pemesanan Tiket Online

Abdul Hamied Razak
Rabu, 08 Juli 2020 - 14:37 WIB
Sunartono
Cegah Penularan Corona, Museum Gunung Merapi Terapkan Pemesanan Tiket Online Foto Ilustrasi kegiatan di Museum Gunung Merapi./ Harian Jogja - Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Untuk mencegah penularan virus Covid-19, pengelola Museum Gunung Merapi (MGM) menerapkan transaksi e-payment selama masa new normal. Fasilitas ini juga melengkapi layanan pemesanan tiket sebelumnya secara online.

Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Sleman Aji Wulantara mengatakan implementasi transaksi non tunai (online) di MGM tersebut sebagai bagian dari upaya peningkatan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah. Penggunaan transaksi e-payment juga menjadi salah satu usaha untuk mengurangi penyebaran covid 19 pada kondisi new normal.

Advertisement

"Sebagai tempat yang mendukung sektor pendidikan dan pariwisata, kami juga harus tetap menerapkan protokol kesehatan," katanya, Selasa (7/7/2020).

Sesuai SE dari Dinas Pariwisata DIY No.556/04567 tanggal 29 Juni 2020 terkait Uji Coba Operasionalisasi secara terbatas, katanya, pengelola diharuskan untuk menerapkan sistem reservasi dan pendataan wisatawan (online dan on the spot). MGM juga mengajukan permohonan verifikasi untuk pengecekan penerapan SOP New Normal sebelum dibuka.

Pengunaan transaksi e-payment, kata Aji, juga untuk melengkapi penggunaan sistem e-ticketing di MGM. Hal ini dapat mengurangi kontak langsung antara petugas loket dengan pengunjung dan kontak melalui uang tunai dalam masa pandemi Covid-19 ini.

"Layanan e-payment berbasis QRIS ini sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada pengunjung yang mempunyai kartu debit, kartu kredit, dan e-money untuk mengurangi penggunaan uang tunai," katanya.

Kepala Subbagian Tata Usaha UPTD MGM Ari Triyono mengatakan MGM menetapkan SOP tidak hanya bagi wisatawn tetapi juga kepada karyawan. Mereka yang masuk ke musem wajib menaati aturan yang ditetapkan. "Mulai mencuci tangan sebelum masuk ke area, memakai masker, mengukur suhu tubuh," katanya.

Agar tidak terjadi kerumunan, katanya, setiap pengunjung wajib menjaga jarak minimal 1,5 meter. "Disamping itu juga telah dilakukan penerapan reservasi online dengan mengisi formulir melalui alamat website kami http://mgm.slemankab.go.id/reservasi," katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Wanita Berkebaya Gelar Aksi dengan Mata Tertutup di Tugu Jogja, Merespons Jelang Pembacaan Putusan MK

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Stres Memicu Sakit Punggung, Ini Penjelasannya

Lifestyle
| Jum'at, 19 April 2024, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement