Advertisement

Hore, Kawah Ijen Sudah Buka Lagi

Newswire
Minggu, 12 Juli 2020 - 10:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Hore, Kawah Ijen Sudah Buka Lagi Kawah Ijen. (Shutterstock)n

Advertisement

Harianjogja.com, BANYUWANGI - Beberapa wisata alam kini sudah buka dan bisa dikunjungi kembali. Salah satunya Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen yang tekenal dengan fenomena api biru-nya.

Tepat pada Sabtu 11 Juli 2020 destinasi yang berada di Jawa Timur ini resmi dibuka kembali bagi wisatawan. Seperti diketahui, beberapa waktu sebelumnya dilakukan simulasi dan evaluasi penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Advertisement

"Sesuai Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dibukanya kembali Kawah Ijen harus benar-benar menerapkan protokol kesehatan. Ini dibuka setelah ada rekomendasi dari Bupati Banyuwangi dan Bupati Bondowoso," kata Kepala Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) V Jember R Tjahjo Widodo usai meresmikan pembukaan TWA Kawah Ijen di Banyuwangi, Sabtu, dikutip dari Antara.

Meski demikian, ia tetap mengimbau masyarakt untuk menerapkan menerapkan protokol kesehatan selama pandemi, saat mengunjungi wisata yang berbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso.

Bupati Banyuwangi dan Bupati Bondowoso sebelumnya juga telah menerjunkan tim untuk memantau dan melihat langsung kesiapan persyaratan protokol kesehatan, apakah telah terpenuhi atau belum oleh pengelola wisata Kawah Ijen.

Dibukanya wisata favorit Kawah Ijen menurut Tjahjo atas dasar rekomendasi bupati. Selanjutnya, BKSDA Jawa Timur pada hari ini mengundang Bupati Banyuwangi dan Bondowoso untuk membuka kembali objek wisata yang terkenal ke mancanegara itu.

"Dibukanya kembali TWA Kawah Ijen tentunya akan dilakukan evaluasi secara berkala oleh Pemkab Banyuwangi maupun Bondowoso. Jangan sampai dengan dibukanya kembali wisata ini justru menjadi tempat penyebaran Covid-19," ucapnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi Mujiono yang juga hadir dalam peresmian dibukanya kembali TWA Kawah Ijen mengingatkan pengunjung wisata favorit itu memperhatikan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan jaga jarak fisik.

"Ini merupakan ikhtiar kami dengan dibukanya kembali wisata Kawah Ijen supaya perekonomian bisa berjalan dan pendapatan masyarakat meningkat, tetapi harus tetap menerapkan protokol kesehatan," tuturnya.

Mujiono juga mengajak Pemkab Bondowoso untuk bersama-sama secara rutin dan berkala melakukan evaluasi setelah TWA Kawah Ijen dibuka kembali.

"Saat ini Pemkab Banyuwangi juga mempersiapkan infrastruktur jalan yang beberapa waktu lalu terjadi bencana alam tanah longsor," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Stres Memicu Sakit Punggung, Ini Penjelasannya

Lifestyle
| Jum'at, 19 April 2024, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement