Advertisement

Jajal Pengalaman Berwisata dengan Sepeda

Lajeng Padmaratri
Selasa, 10 November 2020 - 10:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jajal Pengalaman Berwisata dengan Sepeda Wisata sepeda di Kota Jogja. - Instagram/Jogja.bike

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Baru-baru ini, Pemkot Jogja membidik potensi rute sepeda sebagai salah satu ragam wisata baru di Kota Budaya ini. Apalagi, pandemi ini membuat tren gaya hidup bersepeda kembali meningkat.

Di Kota Jogja, pesona kampung-kampung yang unik menjadi daya tarik tersendiri bagi pesepeda. Dari kayuhan sepeda yang melintasi kampung, dapat terpotret bagaimana warga Kota Jogja hidup sehari-hari.

Advertisement

Untuk mengenal lebih lanjut wisata sepeda ini, Anda dapat menjajalnya secara mandiri maupun mengikuti paket wisata yang ditawarkan. Jika menggunakan paket wisata, Anda akan diarahkan untuk mengakses aplikasi Jogjabike untuk mempermudah Anda menelusuri rute-rute mana saja yang asyik dilalui untuk bergowes.

Baca juga: Turunkan Risiko Kanker dengan Mengkonsumsi 7 Makanan Ini

Ketika berwisata sepeda di Jogja, goweser dapat disuguhi romansa kota yang beraneka rupa, mulai dari deretan bangunan lawas bergaya Indies di sekitar Kotabaru, susur sungai di sekitar Kali Code, kota lawas di Kotagede, serta tentu saja jelajah perkampungan yang unik.

Namun, tak hanya Kota Jogja yang asyik dijelajahi dengan sepeda. Sejumlah kota lain di Indonesia juga memiliki nuansa serupa.

Pesona Candi

Candi Borobudur di Jawa Tengah juga menjadi spot untuk menjajal wisata sepeda. Banyak turis luar kota yang gemar berkeliling desa-desa di kawasan candi ini.

Tak perlu repot harus bawa sepeda sendiri. Di sana, ada tempat persewaan sepeda. Bahkan, Anda bisa memilih ingin mengendarai sepeda onthel tua ataupun sepeda yang modern.

Baca juga: Ziarah ke Makam Ashraf, BCL: Happy Anniversary

Di Jalan Balaputradewa, Dusun Brojonalan, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Anda bisa menyewa sepeda selama sehari dengan sangat terjangkau, yaitu cukup Rp15.000 saja. Untuk sepeda yang berboncengan, maka tarifnya Rp25.000.

Lintasan Perkebunan

Jika bosan pada jalur wisata sepeda yang melintasi kota dan perkampungan, maka opsi gowes di wilayah perkebunan bisa jadi opsi. Penghobi sepeda gunung tentunya bakal membidik jalur lintasan yang menantang.

Di Jember, Jawa Timur, PT Perkebunan Nusantara (PTPN XII) membuat program sport tourism yang mengenalkan pengunjung pada potensi di perkebunan. Dengan menjajal rute ini dapat memperoleh pengalaman baru gowes di perkebunan sekaligus menghirup udara segar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Detik/Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Usulan Formasi PPPK-CPNS 2024 Disetujui Pusat, Pemkab Bantul: Kami Tunggu Kepastian Alokasinya

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Makna dan Sejarah Telur Paskah, Simbol Kebangkitan Yesus Kristus

Lifestyle
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement