Advertisement

Pawon Teh Tudung, Jadi Alternatif Menginap dan Berwisata di Alam

Media Digital
Senin, 05 April 2021 - 22:27 WIB
Sunartono
Pawon Teh Tudung, Jadi Alternatif Menginap dan Berwisata di Alam Pawon Teh Tudung, Jadi Alterlanatif Menginap dan Berwisata di Alam. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG---Tempat kuliner dan homestay yang memadukan kekuatan wisata alam dan kuliner tradisi di kawasan Lereng Sumbing, Magelang telah memikat Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana. Tempat kuliner dan homestay itu namanya Pawon Teh Tudung dan DLengkong Homestay. Lokasinya di Desa Genito, Windusari, Magelang, Jawa Tengah. Berada di ketinggian 700 mdpl.

Dr Aqua menikmati suasana Pawon Teh Tudung pada malam hari. Tepatnya Selasa malam (30/3/2021). Saat itu, purnama masih tampak bulat bersinar. Bulan bulat itu terlihat di atas siluet temaram deretan gunung Merapi, Merbabu, Andong dan Telamaya. Dilihat dari limasan, tempat menikmati makanan, bulan itu berada di atas tulisan Pawon Teh Tudung warna oranya yang terbuat dari bambu.

Advertisement

Udara sejuk. Sajian teh tudung dan mie lethek godog yang panas membuat suasana menjadi begitu pas. Berkali-kali Dr Aqua mengatakan masakannya enak dan suasananya pas banget. "Enak sekali ini Mas Erwan. Suasana dan makanannya. Udara sejuk. Pas ini, minumnya teh panas dan makannya bakmi rebus panas. Murah lagi."

Erwan yang dimaksud adalah penulis buku "Produktif Sampai Mati". Nama lengkapnya Erwan Widyarto. Selama Selasa itu seharian dari pagi sampai malam Erwan menemani Aqua yang melakukan berbagai kegiatan di Magelang.

Motivator dan Penulis Buku best seller "Trilogi The Power of Silaturahim" itu mengomentari sajian Teh Tudung dan mie kesukaan Barack Obama yang dinikmatinya di Pawon Teh Tudung.

Teh Tudung adalah sajian teh lokal yang diolah sendiri dari tanaman di kebun atau tegalan warga Genito. Bukan teh pabrikan. Daun teh dipetik dari kebun, kemudian disangrai dengan kuali tanah liat dengan kayu bakar. Lantas disajikan dengan tudung agar panasnya terjaga. Dilengkapi dengan gula merah atau gula aren terpisah.

Poci berisi teh diberi tudung atau selimut. Ini karena udara di lokasi yang berdekatan dengan hutan Perhutani ini cenderung dingin, sejuk, segar. Jika tanpa tudung, teh atau minuman lain yang disajikan akan cepat dingin.

Cara minumnya, teh ditunggu beberapa saat di dalam poci agar warna dan rasa tehnya keluar. Baru kemudian dituang dari poci ke gelas. Kemudian, minum tehnya baru menggigit gula arennya. Atau sebaliknya, gigit dulu gula arennya, baru minum tehnya. Begitu cara minum teh di Windusari yang dilestarikan oleh Pawon Teh Tudung.

Pesan Mie Kesukaan Barack Obama

Sedangkan mie pesanan Dr Aqua itu adalah mie lethek. Mie kesukaan Barack Obama, mantan Presiden Amerika saat berkunjung ke Jogja. Di Magelang, mie lethek hanya ada di @pawontehtudung. Mie lethek ini terbuat dari tepung tapioka (cassava). Di Pawon Teh Tudung diolah dengan rempah yang berlimpah. Sehingga kendati tanpa MSG, mie lethek ini sangat nikmat karena begitu terasa bumbu rempahnya.

"Iya, enak ini. Mantap Mas Erwan. Nanti saya promosikan ke sahabat-sahabat saya. Tempatnya nyaman, makanannya enak. Nggak jauh juga dari Kota Magelang. Bisa nginep juga," tambahnya.

Dr Aqua yang seharian silaturahim di Kota Magelang, merasa menemukan tempat yang pas di Pawon Teh Tudung ini. "Bener ini. Bisa nyantai di sini setelah seharian bekerja di kota. Udara segar, belum polusi. Tempatnya sangat enak. Bisa lupa nih kalau punya banyak hutang di bank," seloroh doktor Komunikasi lulusan Universitas Padjadjaran Bandung ini.

Pria kelahiran Pematang Siantar, Sumatera Utara, 23 Januari 1970 ini lantas berjanji mempromosikan Pawon Teh Tudung dan Dlengkong Homestay ke teman-temannya. Bahkan, ia juga mau mengajak kawan-kawannya, sahabat-sahabatnya ke Pawon Teh Tudung.

Sebelum menikmati suasana Pawon Teh Tudung, Dr Aqua pun sudah mempromosikan tempat makan ini ke Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto dan Kepala Cabang BRI Magelang Choirul Anam. Dr Aqua bertemu sahabatnya tersebut saat Sharing Komunikasi dan Motivasi di Dodik Bela Negara Rindam IV/Diponegoro Magelang.

Kendati namanya Pawon Teh Tudung, rumah makan di Lereng Sumbing ini tidak hanya melulu menyediakan teh. Untuk minuman, tersedia juga berbagai pilihan seperti aneka jus buah. Namun yang menarik, citra tradisional tetap ditonjolkan untuk sajian minuman ini. Karena Pawon Teh Tudung juga menyediakan wedang jahe sereh, wedang ronde, wedang bunga telang, dan kopi.

Sama dengan teh, kopi yang disajikan Pawon Teh Tudung pun kopi lokal Sumbing. Sesuai dengan tujuan usaha keluarga ini untuk mengembangkan potensi lokal di sekitar. Ada Arabica dan robusta Sumbing yang diambil dari petani kopi lokal Windusari. Penyajiannya pun tradisional. Tidak memakai barista. Melainkan disajikan dalam bentuk kopi tubruk.

Teh maupun kopi ini tidak hanya bisa dinikmati di Pawon Teh Tudung. Pengunjung bisa membawa pulang dalam bentuk kemasan. Tehnya dikemas dengan brand Genitos Tea seberat 20 gram. Di dalam kemasan ini ada dua potong gula aren. Jadi, saat di rumah, masih bisa merasakan sensasi minum teh Jawa dengan gula aren. Sedangkan kopi Arabica dan Robusta Sumbing dikemas dalam kemasan seberat 100 gram.

Selain teh, “warisan adiluhung“ apa yang dilestarikan oleh Pawon Teh Tudung? Banyak warisan “simbah-simbah“ yang penuh kearifan lokal di bidang kuliner. Tidak hanya pada minuman tetapi juga pada makanan. Di sinilah, Pawon Teh Tudung kemudian mengambil beberapa makanan untuk dijadikan menu utama.

Jagung menjadi salah satu komoditas yang umum di daerah Windusari. Sega Jagung atau nasi jagung kemudian juga menjadi salah satu menu yang biasa menghiasi keluarga.

Nah, olahan nasi jagung ini menjadi salah satu menu andalan di Pawon Teh Tudung. Nama menunya Nasi Lereng Sumbing. Menu ini terdiri dari nasi jagung dengan sayur lompong, oseng ikan asing, urap (gudangan) dan peyek teri.

Kemudian ada nasi Pawon Teh Tudung. Ini adalah nasi gurih bunga telang yang diberi lauk kering kentang, serundeng kelapa, dan ayam suwir.  Pawon Teh Tudung buka setiap hari. Senin-Jumat buka jam 09.00-19.00, Sabtu-Minggu buka jam 07.00-19.00. Untuk bulan Ramadan ini, Pawon Teh Tudung juga membuka Paket Buka Bersama spesial.

Ada menu baru yang khusus disajikan saat Ramadan. Paket Nasi Nusantara namanya. Paket hemat seharga Rp 15.000 saja. Jadwalnya Nasi Liwet Solo (Senin), Nasi Liwet Sunda (Selasa), Nasi Langgi (Rabu), Nasi Krawu (Kamis). Selama Ramadan, ada Gratis takjil berupa teh dan kurma.

Homestay DLengkong Dari Bambu

Datang ke Pawon Teh Tudung memang tidak sekadar ngeteh, ngopi maupun ngemil. Lokasi yang ditempati rumah makan menu ndeso ini sangat instagramable. Berada di deret atas dari sawah terasering. Lalu, di kejauhan, jika langit terang, deretan gunung bisa terlihat. Mulai dari Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Telamaya dan Ungaran. Di sisi kanan, ada Gunung Giyanti dengan hutan lebatnya. Kemudian di sisi belakang, ada Gunung Sumbing.  

Selain pemandangan alam yang indah tersebut, sejumlah spot foto yang bisa dipakai untuk membuat konten media sosial juga disiapkan. Ada payung berdiameter 3 meter bertuliskan Pawon Teh Tudung Lereng Sumbing. Payung ini sekaligus semacam “papan nama“ yang bisa dilihat tamu begitu pertama datang.

Ada pula jaring trampolin yang bisa dipakai untuk bergaya di atas lahan sawah. Ada gebyok tradisional Jawa, maupun sejumlah tulisan berisi pepatah Jawa maupun bahasa Indonesia. Pendopo Limasan yang menjadi bangunan utama juga menjadi spot foto yang menarik dengan background sawah hijau dan tulisan Pawon Teh Tudung dari bambu.

Tamu juga bisa bermalam di Dlengkong Homestay agar bisa menikmati sunrise yang indah di pagi harinya. Penginapan ini tidak hanya berupa kamar homestay tetapi juga tenda. Fasilitas tenda lengkap dengan kasur, bantal, guling serta fasilitas yang sema dengan kamar homestay.

Uniknya, bangunan homestay di DLengkong terbuat dari bambu. Juga bangunan penunjangnya. Pintu gerbang, resepsionis, mushola, tempat sabun, meja, kursi, semuanya bernuansa bambu. Pembangunannya melibatkan para perajin bambu dari sejumlah sentra bambu di Magelang dan Yogyakarta.

Dari Magelang ada perajin bambu Salaman, Candimulyo dan Genito, Windusari sendiri. Dari Yogyakarta ada perajin bambu dari Cebongan, Sendari, Warak (ketiganya di Sleman) dan perajin dari Dlingo (Bantul).

Visi utama usaha keluarga ini memang memberi manfaat kepada sekitar. Termasuk membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan potensi ekonomi warga masyarakat Windusari.  "Betul Mas. Saya setuju banget ini. Membuka usaha tidak semata mencari keuntungan melainkan untuk membantu sesama. Makanya, saya siap bantu promosikan. Saya dukung penuh," tandas Dr Aqua yang sekitar 1,5 jam berada di Pawon Teh Tudung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Makna dan Sejarah Telur Paskah, Simbol Kebangkitan Yesus Kristus

Lifestyle
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement