Advertisement

Tujuh Kota Ini Tenggelam di Air

Ayyubi Kholid Saifullah
Kamis, 23 September 2021 - 20:47 WIB
Budi Cahyana
Tujuh Kota Ini Tenggelam di Air Port Royal, Jamaika. - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Beberapa tempat di dunia berada di bawah laut. Sebagian besar terendam karena banjir, sebagian lagi adalah hasil dari saluran air dan konstruksi waduk.

Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com kamis (23/09/2021) berikut adalah tujuh kota nyata yang benar-benar berada di bawah air

Advertisement

1. Port Royal, Jamaika

Sebuah gempa bumi besar, diikuti oleh tsunami pada 7 Juni, menenggelamkan kota Port Royal dan menewaskan 2.000 orang.

Sekarang, kota ini dianggap sebagai salah satu kota bawah laut yang paling terpelihara di dunia, dengan hanya beberapa barang yang dipindahkan dan ditempatkan di museum di seluruh Jamaika.

Ketika berada di sini, Anda dapat menyelam ke kota yang tenggelam, setelah mendapat izin dari pihak berwenang.

2. Dwarka, India

Dikenal sebagai Gerbang ke Surga, kota Dwarka, dilaporkan, ditemukan pada tahun 1988, tenggelam sekitar 100 kaki di bawah Teluk Cambay.

Di bawahnya, ditemukan struktur kuno, kisi-kisi, pilar, dan artefak kuno. Sementara beberapa orang berpandangan bahwa kota itu mungkin berusia setidaknya 10.000 tahun. Banyak orang berpendapat bahwa kota itu berusia 5.000 tahun.

Ada orang lain yang mengklaim bahwa Gujarat Sultan Mahmud Begada menyerang kota itu pada tahun 1473 dan menghancurkan kuil Dwarka.

3. Baia, Italia

Kota bawah laut yang tenggelam ini diyakini sebagai kota orang Romawi yang hedonistik. Dijuluki sebagai Las Vegas dari Roma kuno.

Baia tenggelam kemungkinan karena aktivitas vulkanik aktif di kawasan itu. Laporan menunjukkan bahwa sebagian besar kota terletak pada kedalaman kurang dari 20 kaki, dan sekitar 2000 tahun sisa-sisa ditemukan di bawah air dalam kondisi hampir sempurna.

4. Pavlopetri, Yunani

Para arkeolog memperkirakan bahwa Pavlopetri berusia sekitar 5.000 tahun. Diyakini sebagai kota bawah laut tertua, Pavopetri ditemukan pada tahun 1967, yang tampak seperti reruntuhan kuno.

Kemudian, survei yang dilakukan setahun kemudian mengungkapkan rencana kota prasejarah yang dianggap Mycenaean, terletak di bawah 3 sampai 12 kaki air di Peloponnese.

Jon Henderson dari University of Nottingham menyatakan, ini adalah penemuan unik dalam arti bahwa kami telah menemukan di dasar laut sebuah kota yang hampir lengkap, dengan jalan-jalan, bangunan, taman, makam dan apa yang tampak seperti kompleks keagamaan. 

5. Desa yang Hilang di Ontario, Kanada

Kota-kota tersebut adalah bekas kotamadya Cornwall dan Osnabruck di Ontario.

Daerah ini tenggelam setelah pembangunan jalur air yang dibangun pada 1950-an, yang membutuhkan pembangunan bendungan di seberang Sungai St. Lawrence.

Hingga kini, masih ada bangunan dan trotoar yang terlihat dari beberapa daerah di atas permukaan air.

6. Atlit-Yam, Israel

Pemukiman Neolitik ini terletak di lepas pantai Israel di Laut Mediterania dan dilaporkan berusia sekitar 8.000 tahun.

Meskipun ada beberapa yang mengklaim sebagai yang tertua, Atlit-Yam memiliki bukti pasti untuk mengklaim bahwa kota tersebut menjadi yang paling tua.

Kota ini ditemukan pada tahun 1984, di kedalaman 30 kaki di bawah air, di mana kuburan, bangunan, dan kerangka aneh ditemukan.

Namun, hal paling menarik yang ditemukan di sini adalah tujuh megalit yang berada dalam lingkaran, yang tampak seperti Stonehenge di bawah air.

Laporan menunjukkan bahwa gempa bumi, diikuti oleh tsunami harus menjadi alasan di balik pemukiman yang tenggelam.

7. Phanagoria, Rusia

Kabarnya, Phanagoria pernah menjadi kota terbesar di Yunani kuno, dan ibu kota Kerajaan Bospora.

Didirikan sekitar 540 SM, Phanagoria membentang di Semenanjung Taman di Laut Hitam, yang sekarang menjadi bagian dari Rusia.

Laporan mengatakan bahwa sepertiga dari kota tua telah tenggelam di perairan Laut Hitam, sedangkan dua pertiganya masih di darat, yang menjadikan tempat ini sebagai situs arkeologi yang hebat, dengan penemuan-penemuan baru masih dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Netralitas ASN dalam Pilkada Sleman 2024 Bakal Diawasi Ketat

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Anak Kekurangan Vitamin D, Risiko Kena Eksim Meningkat

Lifestyle
| Kamis, 25 April 2024, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement