Advertisement

Hotel Kapsul, Solusi bagi Traveler yang Budjetnya Pas-pasan

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 23 Juni 2022 - 14:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Hotel Kapsul, Solusi bagi Traveler yang Budjetnya Pas-pasan Kamar-kamar di The Capsule Malioboro - Instagram @thecapsulemalioboro

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Dewasa ini, hotel kapsul menjadi pilihan menginap bagi para traveler. Hotel yang menawarkan harga murah ini semakin digandrungi para traveler yang punya budjet minim alias pas-pasan.

Namun sebenarnya apa pengertian hotel kapsul?

Advertisement

Dilansir dari Traveloka, capsule hotel atau pods atau yang dalam Bahasa Indonesia adalah hotel kapsul adalah hotel yang hanya menyediakan kamar-kamar kecil yang hanya berisi kasur berkapasitas satu hingga dua orang saja.

Disebut kapsul karena ukurannya kecil memanjang seperti kapsul. Umumnya ukuran dari hotel kapsul memiliki lebar 1.2 meter, panjang 2 meter, dan tinggi 1 meter sehingga tamu tidak bisa berdiri di dalam "kapsul" tersebut. Setiap kapsul ini juga ditumpuk satu sama lain.

Hotel kapsul pertama kali muncul di Negeri Sakura, Jepang, tepatnya pada 1979. Hotel kapsul pertama di dunia dibuka di Osaka dengan nama Capsule Inn yang dirancang oleh Kisho Kurokawa dan berlokasi di distrik Umeda.

Baca juga: Sediakan Hotel Kapsul di Borobudur Highland, BOB Gandeng Bobobox

Dilansir dari Okezone-jaringan Harianjogja.com, di daerah Shin-okubo ada hotel kapsul bernama Rembrandt Cabin. Rupanya terdapat bermacam-macam pelayanan yang ditawarkan seperti working space seharga 300 Yen atau Rp38.000 per jam, kamar mandi seharga 500 Yen atau Rp65.000 per jam, dan kamar kapsul seharga 2.200 Yen atau Rp285.000 per 5 jam.

Sebelum masuk ke dalam kamar, pengunjung akan menerima tas berisi perlengkapan menginap seperti sandal hotel dan peralatan mandi. 

Namun tak perlu jauh-jauh ke negeri orang. Jogja pun punya hotel kapsul, salah satunya ada di JL. Sosrowijayan 12-14, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Jogja yang bernama The Capsule Malioboro. Hotel ini menawarkan kamar ber-AC, restoran, Wi-Fi dan layanan front-desk yang tersedia 24 jam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Stres Bekerja Juga Sebabkan Sakit Punggung Loh!

Lifestyle
| Jum'at, 19 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement