Advertisement

GL Zoo Tambah Penghuni Baru saat Libur Imlek, Ada Monyet Impor dari AS

Newswire
Rabu, 18 Januari 2023 - 20:07 WIB
Arief Junianto
GL Zoo Tambah Penghuni Baru saat Libur Imlek, Ada Monyet Impor dari AS Ilustrasi. - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Pengelola objek Wisata Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta menambah koleksi satwa baru menyambut Tahun Baru Imlek yang jatuh pada 22 Januari 2023.

Kepala Bagian Humas dan Promosi GL Zoo Fahmi Ramadhan saat dihubungi di Yogyakarta, Rabu, mengatakan satwa baru yang bakal didatangkan adalah yaki (Macaca nigra) atau monyet jambul hitam yang merupakan salah satu spesies endemik Sulawesi Utara. "Monyet yaki kerja sama konservasi dari Sulawesi akan mengisi Zona Primata GL Zoo," kata Fahmi, Rabu (18/1/2023).

Advertisement

Selain Yaki, menurut dia, ada empat satwa yang lebih dulu mengisi Zona Primata sejak 1 Januari 2023 yakni squirrel monkey atau monyet tupai, monyet marmoset, monyet hitam tonkean, serta lemur.

BACA JUGA: Selain Malioboro, Wisatawan Juga Serbu Gembira Loka Zoo

Beberapa satwa primata itu, ujar dia, diimpor dari Amerika Serikat. "Primata yang impor itu squirrel monkey dan marmoset monkey. Itu satwa dari Amerika Latin," kata dia.

Selain menghadirkan primata baru, menurut dia, GL Zoo juga menyiapkan sejumlah program khusus Imlek mulai dari perlombaan yang melibatkan wisatawan, kuis di media sosial Instagram GL Zoo.

Berikutnya, ada pula teater tentang konservasi satwa bekerja sama dengan Institut Seni Indonesia (ISI), hingga pembagian ratusan angpau bagi pengunjung.

"Karena ini Tahun Kelinci nanti ada lomba mencari stiker kelinci, dan kuis di Instagram. Ada juga pembagian ratusan angpau oleh badut kepada wisatawan secara acak, tidak berisi uang tunai tapi voucer," kata dia.

Manajemen Gembira Loka Zoo, kata Fahmi, menargetkan jumlah kunjungan wisatawan ke kebun binatang itu mencapai 5.000 sampai 10.000 orang per hari selama libur Imlek 2023.

"Kalau hari normal biasanya 1.000 sampai 3.000 orang per hari, sedangkan saat akhir pekan bisa mencapai 3.000 sampai 5.000 pengunjung," ujar Fahmi.

Mengantisipasi lonjakan wisatawan, menurut dia, dua pintu masuk ke GL Zoo juga dimaksimalkan yakni pintu barat yang berada di Jalan Veteran serta pintu timur di Jalan Kebun Raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Makna dan Sejarah Telur Paskah, Simbol Kebangkitan Yesus Kristus

Lifestyle
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement