Advertisement

3 Makanan Khas Luar Kota Justru Laris di Jogja, Ada Pempek

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 25 Januari 2023 - 07:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
3 Makanan Khas Luar Kota Justru Laris di Jogja, Ada Pempek Ilustrasi pempek palembang - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jogja menjadi salah satu kota dengan segudang makanan tradisionalnya. Dari lima kabupaten/kota yakni Kota Jogja, Bantul, Kulonprogo, Gunungkidul dan Sleman, semuanya memiliki makanan khas yang menjadi ciri khasnya masing-masing.

Namun Jogja tidak hanya menjual makanan kuliner khasnya saja. Banyak makanan dari luar Jogja yang justru laris dijual di Bumi Mataram ini.

Advertisement

Apa saja?

1. Makanan Padang

Makanan khas Padang Sumatera Barat yang paling populer adalah rendang. Di Jogja, rumah makan Padang sangat mudah ditemui di setiap penjuru. Tidak hanya di perkotaan, rumah makan Padang juga sudah banyak terdapat di perdesaan. Salah satu rumah makan Padang yang laris di Jogja adalah Duta Minang yang terletak di Jalan (Jl) Janti, Jl. Kaliurang, Gondokusuman, Jl. Jenderal Sudirman, Jl. Adisucipto, dan berbagai daerah lainnya di Jogja.

2. Coto Makassar

Banyaknya mahasiswa Makassar Sulawesi Selatan yang kuliah di Jogja dimungkinkan menjadi salah satu penyebab makanan ini banyak dijual di Jogja. Untuk mendapatkan makanan dari daging sapi yang dimakan dengan ketupat ini, Anda bisa datang ke kawasan Kota Baru. Biasanya, penjual akan menyajikan menu Makassar lainnya seperti es pisang ijo maupun es palu butung.

3. Pempek

Makanan khas Palembang ini tidak hanya meraja di daerah asalnya. Di Kota Gudeg pun, pempek banyak diburu. Makanan yang berasal dari olahan ikan tengiri ini mudah didapatkan. Salah satu penjual pempek yang terkenal di Jogja adalah Pempek Nyonya Kamto yang salah satu gerainya ada di selatan Ramai Mall Malioboro. Ada pula di daerah Jalan Palagan Tentara Pelajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Termasuk Jogja, BMKG Ingatkan Sebagian Besar Wilayah Indonesia Waspada Cuaca Ekstrem

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia 20 Negara dengan Udara Paling Tercemar di Dunia, Indonesia Salah Satunya

Lifestyle
| Kamis, 18 April 2024, 21:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement